Kreatif, Ford dan McDonald’s Manfaatkan Limbah Kopi Jadi Bahan Komponen Mobil

10 Dec 2019 17:35 428 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pembuatan komponen mobil lewat pemanfaatan limbah kopi.

https://image.cnbcfm.com/api/v1/image/106276757-15754096501852019_03_26_ford_mcdonalds_8848_c1.jpg?v=1575409711&w=740&h=416

sumber : cnbc.com

Apa yang biasa kamu konsumsi ketika kamu sedang kedinginan atau bahkan sedang ngantuk-ngantuknya? Kebanyakan ornag akan menjawab dengan sebuah minuman yang pastinya sudah tidak asing di telinga kita, yaitu minuman bernama "kopi"

Saat ini, kopi menjadi minuman yang sangat disukai oleh banyak orang,tak terkecuali di Indonesia, mulai dari usia muda bahkan sampai yang sudah tua. Kegemaran meminum kopi bagi Indonesia itu bisa dibilang sudah mendarah daging. Bahkan tak sedikit pula yang tidak bisa beraktivitas sebelum meminum secangkir kopi.

Tapi sayangnya, ada dampak negatif yang muncul dengan semakin populernya kopi. Salah satunya adalah perkembangan pesat industri perkopian yang menyebabkan limbah dari kopi yang juga semakin meningkat. Bahkan saking pesatnya, limbah tersebut sampai tidak terkendali lagi.

Tapi jangan salah, sebuah solusi untuk limbah kopi kini sudah ditemukan. Sama seperti Carsome yang memiliki metode jual mobil cepat dengan harga terbaik dalam 24 jam, Perusahaan raksasa asal benua barat yaitu, Ford dan McDonald's menemukan metode menarik untuk memanfaatkan limbah kopi tersebut menjadi bahan komponen mobil.

https://cdn.motor1.com/images/mgl/8OQz3/s3/ford-and-mcdonald-s-using-coffee-chaff.jpg

sumber : motor1.com

Bekerja sama dengan salah satu perusahaan waralaba yang bergerak di bidang restoran cepat saji yaitu McDonald’s.

Kerjasama kedua perusahaan raksasa tersebut adalah mengenai perusahaan ford yang kabarnya berencana untuk menggunakan komposit sekam bekas limbah kopi untuk dijadikan komponen mobil khususnya di bagian interior dan di bawah kap.

Untuk lebih jelanya, liimbah yang berupa kulit biji kopi kering dari hasil pemrosesan kopi itu kemudian diubah menjadi material yang nantinya akan digunakan untuk membentuk komponen-komponen mobil. Secara umum, proses pembuatannya sendiri adalah dengan daur ulang melalui pemanasan dengan temperatur yang tinggi dan juga level oksigen yang rendah serta dicampurkan beberapa bahan lain seperti plastik.

https://i.dailymail.co.uk/1s/2019/12/04/19/21825282-7756537-image-a-15_1575488693512.jpg

sumber : daily mail

Material yang dihasilkan tersebut nantinya akan menjadi pelapis komponen suku cadang yang berkaitan dengan panas mobil. Misalnya saja rumah lampu utama (headlamp) atau komponen lain yang berada di dalam kap mesin yang biasanya menggunakan bahan-bahan yang biasadiproduksi dari bahan mentah atau bahan bakunya langsung.

Dengan penggunaan limbah kopi tersebut sebagai bahan baku utama, Ford mengklaim bahwa komponen mobil akan menjadi 20% lebih ringan. Selain itu juga, sebagai tambahaannya penggunaan limbah kopi ini juga akan meningkatkan efisiensi bahan bakar serta memberikan penghematan energi hingga 25% selama proses pembuatan komponen tersebut.

Itulah informasi yang dapat inspektur Carsome sampaikan untuk saat ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi pada artikel informatif berikutnya!

 

 

About The Author

Edward Bastian 17
Novice

Edward Bastian

since 1998

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel