Defogger, Fitur Penting Pada Mobil Yang Jarang Diketahui Orang

27 Nov 2019 10:10 124 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jangan sampai mobil Anda tanpa dilengkapi defogger.

 

https://www.autocarpro.in/Utils/ImageResizer.ashx?n=https://www.autocarpro.in/userfiles/57eab81d-d59e-48c8-a09a-1e6b7d01ee5b.jpg&h=485&w=735

sumber : www.autocarpro.in

Pada artikel kali ini, kita akan membahas secara singkat, padat dan jelas tentang salah satu fitur yang biasa kita temukan pada mobil-mobil modern yang selain memiliki nilai estetika tersendiri, fitur ini juga ternyata menjadi salah satu kelengkapan pengaman dari sebuah mobil pada pagi hari sebelum matahari terbit, ataupun ketika cuaca sedang hujan.

Apakah kamu pernah memperhatikan garis-garis panjang melintang pada bagian kaca belakang mobil yang sekilas mirip stiker tersebut? Namun ternyata tak hanya sebagai variasi semata, namun ternyata garis tersebut memiliki fungsi yang sangat penting terhadap pengendara loh, Penasaran apa fungsinya? Simak penjelasan dari Inspektor Carsome (Platform Jual Mobil Cepat dan Aman dalam 24 Jam) berikut.

Garis–garis horizontal yang terdapat pada bagian kaca belakang mobil itu adalah Defogger. Sama seperti namanya, Defogger berfungsi untuk menghilangkan embun yang dapat menghalangi visibilitas pengendara pada bagian belakang terutama saat berkendara dalam kondisi hujan ataupun ketika pada malam dan pagi hari ketika tidak adanya pancaran sinar matahari

Ada dua tipe defogger yang banyak terdapat pada mobil-mobil sekarang atau mobil-mobil modern; yaitu yang pertama adalah defogger yang terhubung dengan AC (air conditioner) mobil dan satunya lagi yang terdapat pada bagian belakang kaca mobil seperti yang telah kita bahas sekilas diatas. Untuk cara kerjanya sendiri, kedua defogger memiliki cara yang berbeda satu sama lain yang akan dibahas di bawah ini.

https://cdn.medcom.id/images/content/2017/05/02/694504/SAy7GMkmIV.jpg

sumber : medcom.id

Defogger umumnya disertai tombol yang berada di dekat pusat kontrol AC. Tombol tersebut umumnya disimbolkan dengan gambar persegi panjang yang dilintasi oleh tiga panah meliuk. Untuk mengaktifkannya kamu tinggal menekan tombol defogger tersebut

Cara kerja kedua Defogger tersebut adalah dengan memanfaatkan pemanas untuk mencegah terjadinya pengembunan pada kaca mobil. Bedanya hanya Defogger pada bagian belakang berguna untuk menghilangkan embun pada kaca bagian belakang sedangkan deffoger yang terhubung ke ac mobil berguna untuk mengatasi embun pada kaca depan mobil

Defogger pada bagian depan ini bekerja dari kipas AC, yang mana udara akan dihembuskan dari ventilasi di bagian dashboard. Kemudian udara akan disinkronkan dengan suhu AC saat itu.

https://ig3zfrbsnd-flywheel.netdna-ssl.com/wp-content/uploads/2018/10/how-windshield-defogger-works-1140x570.jpg

Sumber : taylor auto glass

Sedangkan pada Defogger bagian belakang, Garis-garis yang menempel pada kaca merupakan elemen panas. Sistem akan memanaskan elemen tersebut sehingga embun bisa cepat hilang dari kaca. 

 

Sudah tahu kan pentingnya Defogger pada mobil kamu, Tertarik dengan mobil - mobil baru yang memiliki banyak fitur keren seperti salah satunya defogger tersebut? 

 

 
Tags

About The Author

Edward Bastian 13
Novice

Edward Bastian

since 1998

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel