Fitur-Fitur Canggih pada Mobil yang Jarang Diketahui dan Digunakan

15 Nov 2019 16:59 247 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Yuk perluas pengetahuan Anda soal mobil!

 

Produsen Mobil berlomba-lomba menerapkan Fitur-fitur canggih pada mobil-mobil keluaran terbaru, Fitur-fitur yang ada dalam mobil itu juga menjadi salah satu hal yang mendukung mobil tersebut dapat menarik perhatian konsumen di pasar otomotif.

Namun justru ada beberapa fitur yang seringkali tidak digunakan atau bahkan tidak diketahuin oleh pengendara mobil itu sendiri, Nah Fitur-fitur apa saja yang jarang diketahui tersebut ? Kali ini Inspektor Carsome(Platform jual mobil ga ribet) akan membahas soal fitur-fitur canggih yang ada pada mobil namun jarang diketahui, Simak artikel berikut ini.

 

1.Child Safety Lock

https://carreview.id/image/load/725/408/gallery/child-safety-lock4134.jpg

Sumber : carreview.id

Fitur Child  Safety Lock adalah salah satu fitur yang jarang diketahui dan digunakan,fitur ini termasuk fitur keselamatan yang berfungsi untuk membuat pintu di barisan penumpang agar tidak bisa terbuka dari dalam meskipun dalam keadaan tidak terkunci.

Sesuai namanya fitur ini sangat cocok untuk mencegah agar anak kecil yang ada dalam mobil tidak sembarang membuka pintu mobil yang tentu saja sangat berbahaya apalagi saat keadaan mobil berjalan.

 

2. Isofix

https://m.toyota.astra.co.id/sites/default/files/2019-08/fit5_0.jpeg

Sumber : Toyota Astra

Isofix atau International Standard Organizations Fix mungkin menjadi fitur yang paling banyak tidak diketahui oleh orang, padahal hampir semua mobil di Indonesia memiliki fitur ini.

Fitur Isofix ini berguna untuk mengunci kursi khusus balita yang dipasang di bangku mobil. Fungsi ISOFIX ini tak hanya untuk mengaitkan car seat tapi juga mencega anak dari cedera fatal bila terjadi kecelakaan. Karena postur tubuh anak balita belum sesuai untuk sabuk pengaman jok mobil.

 

3. Seat Belt/Sabuk Pengaman Kursi Belakang

https://carblogindia.com/wp-content/uploads/2019/01/seat-belts.jpg

Sumber : car blog india

Fitur ini mungkin banyak diketahui namun jarang digunakan oleh orang-orang, padahal fungsinya sama seperti seatbelt pada kursi depan yaitu berfungi untuk menjaga penumpang agar meminimalisir dampak jika terjadi tabrakan.

Padahal berdasarkan data dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), lebih dari 15.000 jiwa pengguna mobil di setiap tahun selamat dari kecelakaan lalu lintas karena menggunakan sabuk pengaman.

 

4. Heater

Heater adalah fitur pemanas suhu yang terdapat pada mobil, Fitur ini biasanya terdapat pada mobil completely build-up. Di Indonesia sendiri fitur ini mungkin jarang digunakan karena cuaca Indonesia yang tropis dan kurang cocok bila menggunakan pemanas di dalam mobil.

 

5. Cruise Control

https://driving-tests.org/wp-content/uploads/2012/07/cruise-control.jpg

Sumber : drivingtests.org

Fitur terakhir ini mungkin jarang diketahui dan juga jarang digunakan oleh pengendara mobil di Indonesia, Fitur Cruise Control adalah fitur yang memungkinkan untuk membuat mobil berjalan pada kecepatan konstan tanpa perlu menginjak pedal gas.

Kamu hanya cukup mengendalikan kemudi saja. Dengan fitur ini, pengemudi pun bisa menyetel kecepatan mobil sesuai yang diinginkannya. Fitur Cruise Control ini mungkin tidak sesuai untuk digunakan di jalan yang macet namun mungkin akan cocok digunakan di jalan yang sepi dan cukup lenggang seperti jalan tol luar kota.

 

About The Author

Edward Bastian 13
Novice

Edward Bastian

since 1998

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel