4 Cara Merawat Wiper Mobil Agar Tetap Awet

13 Nov 2019 10:11 178 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Wiper mobil sangat dibutuhkan untuk membersihkan noda atau menghilangkan cairan yang menghalangi penglihatan di kaca depan mobil.

Wiper mobil sangat dibutuhkan untuk membersihkan noda atau menghilangkan cairan yang menghalangi penglihatan di kaca depan mobil, khususnya di musim hujan seperti sekarang yang setiap harinya memang turun hujan dari intensitas kecil hingga intensitas besar. Nah banyak pemilik mobil yang menyepelekan wiper mobil sehingga tidak pernah dilakukan perawatan sehingga seringkali wiper macet dan tidak bisa digerakkan sehingga tentunya membuat pengemudi terkendala ketika hujan mulai turun, apalagi hujannya besar sehingga membuat pandangan sangat terganggu.

Nah Inspektor Carsome (Platform Jual Mobil Ga Ribet) bakal memberi tahu cara-cara untuk merawat wiper di mobil kamu agar tetap awet dan berfungsi dengan baik, Berikut Tipsnya:

 

1. Perhatikan Kondisi Karet Wiper

Bagian Karet pada Wiper merupakan salah satu bagian yang penting namun juga rentan rusak. Supaya karet wiper tetap terjaga, jangan terlalu sering memarkirkan mobil kamu di tempat yang panas. Panasnya matahari akan lebih mudah diserap oleh kaca mobil dan berdampak pada karet wiper.

Perlu diketahui oleh rekan sekalian, Karet Wiper akan lebih mudah mengering dan pecah bila terkena panas matahari. Namun kamu bisa mendirikan wiper saat sedang meninggalkan mobil agar panas matahari tidak terlalu berdampak pada karet wiper mobil. Jadi, untuk rekan sekalian yang sering meninggalkan mobilnya ditempat parkir atau ruangan dengan sinar matahari langsung, sangat disarankan untuk melakukan tips nomor satu ini.

 

2. Bersihkan Karet Wiper Secara Berkala

http://00imgmini.eastday.com/mobile/20190826/20190826012905_41c077b2a74ca08756cf01d4ec442a58_1.jpeg

Sumber :  e2lcjs.tw

Saat mencuci mobil pastikan juga untuk membersihkan karet wiper, cara membersihkannya pun tidak sulit. Cukup siram dengan air bersih saja dan jangan lap permukaan karetnya. Biarkan air mengering sendiri dengan menegakkan wiper setelah dicuci.

Namun kamu harus hati-hati saat membilas bagian karetnya, sebab pada permukaan karet wiper terdapat cairan khusus yang berfungsi sebagai pelindung serta pelembap.

 

3. Perhatikan Kondisi Poros pada Wiper

Selain bagian karet, poros wiper pun perlu kamu perhatikan, kamu bisa memberi pelumas khusus pada bagian poros wiper secara berkala untuk mencegah aus. Hal ini dilakukan agar perputaran wiper untuk menyapu air dan kotoran pada kaca saat musim hujan jadi tak terhambat.

 

4. Cek Isi Cairan Wiper 

https://i2.wp.com/ennergimotorsport.com/wp-content/uploads/2019/04/Bengkel-Mobil-Jogja-Mengisi-Cairan-Wiper.jpg?resize=750,500&ssl=1

Sumber : ennergimotorsport.com

Pastikan Cairan Pembersih Wiper yang ada pada mobil kamu tidak habis, Dan kalau sudah sedikit atau sudah habis kamu bisa mengisinya kembali. Ada baiknya kamu mengisinya dengan cairan khusus pembersih yang dijual di bengkel atau toko aksesoris mobil.

 

Sekian empat cara yang bisa inspektor sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat membantu rekan-rekan semua dalam merawat mobil kesayangannya. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan!

 

About The Author

Edward Bastian 13
Novice

Edward Bastian

since 1998

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel