Apa Saja Sih Kelebihan dan Kekurangan Belajar Bahasa Secara Online?

26 Oct 2019 13:25 1945 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Belajar bahasa asing sekarang merupakan kebutuhan yang semakin meningkat seiring dengan berkembangnya globalisasi. Oleh karena itu, banyak kursus bahasa secara tatap muka yang bermunculan untuk memfasilitasi belajar bahasa asing. Di era globalisasi ini, telah banyak berkembang aplikasi-aplikasi yang dapat membantu pengguna untuk belajar secara online. Belajar secara online juga memiliki kelebihan dan juga kekurangan.

Belajar bahasa asing sekarang merupakan kebutuhan yang semakin meningkat seiring dengan berkembangnya globalisasi. Dengan menguasai bahasa asing, pastinya akan mempermudah segala aspek kehidupan kita dan terus up to date. Contohnya, bahasa Inggris yang dikenal sebagai bahasa internasional sangat penting untuk dikuasai agar kita bisa berkomunikasi dengan orang-orang dari negara lain saat traveling atau melanjutkan studi di luar. Selain bahasa Inggris, bisa bahasa asing yang lain seperti bahasa Jepang atau bahasa Mandarin juga penting lho. Hal ini karena Jepang dan Cina sangat maju dan berkembang pesat di bidang teknologi, bisnis/ekonomi, dan pendidikan sehingga banyak penuturnya. 

Oleh karena itu, banyak kursus bahasa secara tatap muka yang bermunculan untuk memfasilitasi belajar bahasa asing. Kursus konvensional ini memiliki beberapa kelebihan seperti siswa dapat berinteraksi langsung dengan gurunya, serta materi pembelajaran terstruktur dengan rapi. Kekurangan yang dimiliki antara lain jam belajar yang terikat dengan jadwal sehingga kalau berhalangan hadir, kelas tidak dapat diganti. Para siswa juga menjadi pasif karena terbiasa untuk mendengarkan dan mencatat.

Untuk mengatasi hal ini, aplikasi-aplikasi belajar bahasa online sudah mulai dikembangkan karena majunya teknologi. Nah, kelebihan dan kekurangan dari belajar bahasa lewat aplikasi apa saja sih? Yuk kita bahas!

 

Kelebihan 

Apa Saja Sih Kelebihan dan Kekurangan Belajar Bahasa Secara Online?

Fleksibel

Belajar bahasa lewat aplikasi berarti kamu bisa lebih bebas dalam mengatur jadwal belajarmu kapan saja. Berbeda dengan belajar di kursus, kamu sudah terikat dengan jadwal yang ditentukan dan biasanya bila berhalangan hadir tidak ada kelas pengganti.

Menghemat ongkos transportasi

Kalau kamu membawa kendaraan pribadi, uang bensin yang kamu keluarkan pasti lebih banyak untuk datang ke tempat kursus, sama seperti jika kamu menggunakan transportasi umum. Sementara kalau kamu belajar online, kamu bisa belajar dimana saja termasuk di kamar, tanpa keluar biaya lebih untuk tranportasi atau uang parkir.

Menghindari macet

Jalanan-jalanan di kota besar tentu rawan dengan kemacetan yang cukup melelahkan. Kamu yang sudah capai pulang sekolah, kuliah, atau kerja, pasti tambah mumet sehingga saat sampai di tempat kursus bisa saja konsentrasi sudah buyar. Hal ini tentu tak akan dialami kalau kamu mengambil kursus secara online.

 

Kekurangan 

Apa Saja Sih Kelebihan dan Kekurangan Belajar Bahasa Secara Online?

Tergantung jaringan internet

Untuk belajar lewat aplikasi, terkadang memiliki hambatan di jaringan internet yang lambat dan susah sinyal. Aplikasi yang memiliki banyak fitur seperti video, live chat dan sebagainya pasti jadi tidak lancar hanya karena koneksi internet yang kurang baik.

Tidak semua aplikasi online memiliki kualitas yang memadai

Walaupun sekarang banyak terdapat aplikasi yang menawarkan kursus bahasa, tidak semuanya punya kualitas yang bagus dan fitur-fitur lengkap untuk membantu proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan banyak yang salah memilih aplikasi sehingga tidak maksimal dalam belajar.

Jadi, Belajar Secara Online Atau Konvensional? 

Setelah membahas kelebihan dan kekurangan belajar secara online, tentu kamu jadi mendapat perbandingan dengan belajar secara konvensional di kursus tatap muka. Semua kembali kepada kebutuhan dan cara belajarmu sehingga bisa disesuaikan mau belajar lewat aplikasi atau datang ke kursus. 

Yang Pasti, Belajar Bahasa Asing Itu Tetap Wajib Ya! 

Apapun bentuk kursus yang kamu pilih, jangan lupa bahwa belajar bahasa asing itu banyak manfaatnya kok! Dijamin tidak rugi dan kamu bisa menggunakan waktumu secara efektif dan efisien untuk menambah skill baru. 

 

Tags

About The Author

Fachrul Rozidan R 18
Novice

Fachrul Rozidan R

Aku mahasiswa jurusan Sastra Inggris yang kuliah di Universitas Bina Nusantara.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel