Operator Aritmatika pada JavaScript

4 Sep 2019 11:25 497 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perhitungan itu penting.

Operator Aritmatika Pada Javascript – Operasi aritmatika/matematika sangat lah di perlukan pada saat kita membuat aplikasi yang kira-kira memerlukan logika yang mengharuskan kita untuk membuat perhitungan. baik itu perhitungan dalam jumlah kecil maupun perhitungan dalam jumlah yang sangat besar. oleh sebab itu. untuk menyambung tutorial javascript dasar dalam artikel saya di plimbi.com ini kita akan membahas tentang  Operator Aritmatika Pada Javascript.

Belajar Javascript Part 4 : Operator Aritmatika Pada Javascript

Sebelum lebih jauh belajar membuat operasi perhitungan aritmatika di javascript, kita akan membahas terlebih dulu tentang operator-operator yang tersedia di javascript. yang bisa kita gunakan untuk membuat operasi perhitungan matematika dengan javascript.

Terdapat enam tipe data di JavaScript, yaitu Number, Boolean, String, Null, Undefined, Object. Object merupakan satu-satunya tipe data non-primitif, sementara tipe data lainnya merupakan tipe data primitif. Penting untuk mengetahui seluk-beluk setiap tipe data yang akan sering kita pakai nantinya.

Salah satu hal paling dasar yang bisa dilakukan oleh suatu bahasa pemrograman adalah operasi aritmatika. Pada operasi aritmatika tersebut terlibat operand, berupa angka, dan juga operator yang menentukan operasi apa yang akan dilakukan terhadap satu atau lebih operand tadi.

JavaScript tentunya memiliki operator-operator untuk mendukung operasi matematika. Setidaknya ada tujuh operator matematika di JavaScript, yaitu:

 

+

Penjumlahan

Pengurangan

*

Perkalian

/

Pembagian

%

Modulus

++

Increment

Decrement

Bagaimana Cara Membuat Perhitungan Aritmatika Di Javascript ?

Cara nya sangat mudah, perhatikan contoh berikut.

    

pada contoh di atas kita membuat contoh penjumlahan. dengan mengisi nilai pada variabel di atas terdapat dua buah variabel. yaitu variabel bilangan1 dan bilangan2. variabel bilangan1 berisi nilai 6. dan variabel bilagan2 berisi nilai 2. kemudian untuk menjumlahkannya kita tinggal menambahkan operator bilangannya seperti contoh di atas.

var penjumlahan = bilangan1 + bilangan2;

sampai di sini variabel penjumlahan sudah berisi hasil dari bilangan1 di tambah bilangan2. 6+2.

kemudian hasilnya kita tampilkan pada element yang ber id penjumlahan.(tag div).

dan hasilnya.

    

dan muncul hasilnya 8.

contoh lainnya.

 

    

Dan hasilnya

   

Derajat Operator

Seperti layaknya matematika pada konsep dunia nyata, pada JavaScript terdapat derajat operator. Derajat operator menentukan operator mana yang perlu dieksekusi terlebih dahulu. Jika diurutkan berdasarkan operator diatas maka urutannya adalah sebagai berikut:

  1. Postfix Increment, x++
  2. Postfix Decrement, x —
  3. Prefix Increment, ++x
  4. Prefix Decrement, — x
  5. Perkalian, *
  6. Pembagian, /
  7. Modulus, %
  8. Penjumlahan, +
  9. Pengurangan, -

Operator increment dan decrement akan dievaluasi terlebih dahulu, baik prefix maupun postfix. Prefix increment/decrement dievaluasi terlebih dahulu walaupun operasi increment/decerment tidak dieksekusi langsung. Hal ini masuk akal karena JavaScript perlu mengetahui terlebih dahulu mana variabel yang perlu di-increment/decrement setelah expression selesai.

Oke sekian dulu tutorial Belajar Javascript Part 4 : Operator Aritmatika Pada Javascript. semoga dapat bermanfaat.

 

Tags

About The Author

Rafi johari 23
Pensil

Rafi johari

Programmer yang baik menggunakan otaknya, tapi kerangka kerja yang baik menghemat waktu untuk berpikir

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel