5 Cara Mengenali Toko atau Penjual Online Terpercaya

29 Jul 2019 20:15 1321 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Minimal 3 dari 5 kriteria ini harus dimiliki oleh seorang penjual online.

Pada artikel sebelumnya, penulis sudah membagikan 5 tips tentang bagaimana cara mengenali penipu penjual gadget online.

Dan pada kesempatan kali ini penulis akan menuliskan 5 tips bagaimana cara mencari penjual online terpercaya yang menjual gadget bukan sebatas menjual lalu lepas tangan dari gadget yang dijualnya tersebut.

Agak sedikit rumit sih, tapi kalau sudah paham isi artikel ini, dijamin Anda sudah bisa menentukan mana yang penjual amanah dan mana yang penipu.

 

 

1. Punya Toko Fisik

Yang ini adalah salah satu faktor wajib jika Anda ingin berbelanja online namun penjualnya tidak ingin menggunakan rekber. Disini penulis mencantumkan Toko Fisik pada nomor satu karena Toko Fisik ataupun toko offline adalah sebuah bukti keberadaan dari penjual yang berjualan dengan online.

Karena dengan keberadaan toko fisik, Anda akan dapat mudah klaim garansi jika ada kerusakan, ataupun urusan lainnya seperti pembelian aksesoris.

Cara untuk memastikan bahwa penjual tersebut memiliki toko fisik biasanya adalah dengan menyamakan nomor telepon yang dimiliki toko tersebut dengan nomor penjual yang berjualan secara online. Ataupun misalnya berbeda, coba saja telepon ke toko tersebut lalu ingin bicara dengan orang yang punya nomor penjual yang berkomunikasi dengan Anda sebelumnya.

 

 

2. Punya Testimonial dengan Jumlah Tidak Sedikit

Tidak sedikit disini sendiri relatif, karena sebanyak-banyaknya testimonial dari pembeli, kalau semuanya itu buatan atau palsu, ya sama saja bohong.

Testimonial yang banyak adalah salah satu faktor pendukung bahwa seorang penjual online memiliki kredibilitas. Namun Anda tidak boleh lantas percaya dengan toko online yang memperlihatkan banyak testimonial. Karena bisa saja testimonial tersebut adalah palsu.

Cara membedakannya sebetulnya mudah, Anda tinggal mengontak mereka yang memberikan testimonial pada toko tersebut. Amannya sih belasan hingga puluhan orang yang Anda tanyakan karena semakin banyak testimonial yang bukan buatan si penjual, maka semakin tinggi juga kredibilitas penjual tersebut. Coba tanyakan khususnya mereka yang memberikan rating di bawah rating maksimal karena pada umumnya, mereka adalah pembeli yang memang pembeli sebenarnya.

 

 

3. Tergabung di Marketplace Lokal

Penjual yang biasanya memang berjualan pastinya mencari berbagai channel untuk memasarkan produknya dimana salah satunya adalah channel marketplace. Karena dengan menjual di marketplace, banyak calon pembeli yang asalnya ragu membeli produk di toko penjual tersebut merasa aman karena ada jaminan dari marketplace tentang pengembalian dana jika produk tidak sesuai atau barang tidak dikirimkan oleh penjual.

 

 

4. Menyanggupi Apa yang Calon Pembeli Minta

Salah satu faktor lain yang menjadikan seorang penjual itu benar-benar sedang berjualan dan bukannya menipu adalah ketika Anda sebagai calon pembeli meminta penjual tersebut untuk menunjukkan foto berbagai gaya atau bahkan foto dengan tambahan secarik kertas bertuliskan nama Anda.

Walau tidak 100 persen memastikan bahwa penjual tersebut benar-benar jujur, setidaknya penjual tersebut memang sudah berusaha memperlihatkan bahwa ia ingin menjual produk yang diiklankannya.

 

 

5. Tidak Menjual dengan Harga Ngawur

Seperti yang sudah ditulis pada artikel sebelumnya, mereka yang mencoba menipu lewat berjualan online adalah mereka yang menjual produk namun memberikan harga yang jauh dari harga produk aslinya.

Dengan harga yang tidak beda jauh dengan harga aslinya, Anda setidaknya dapat tahu bahwa penjual tersebut memanglah seorang penjual betulan.

 

 

Penutup

Untuk memastikan bahwa penjual online yang barangnya sedang Anda lirik tersebut memang benar-benar niatnya adalah untuk berjualan, maka setidaknya penjual tersebut harus memenuhi 3 dari 5 kriteria di atas. Ingat ya, minimal 3 dari 5 kriteria di atas! Jika merasa ragu ataupun tidak memenuhi syarat yang penulis berikan, sebaiknya urungkan niat Anda berbelanja, daripada uang hilang masuk rekening penipu.

Itu menurut penulis yang memang pengalaman dalam berbelanja online sudah cukup lama, yakni sejak tahun 2005. -BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel