7 Tips Mencari Kamera untuk YouTuber Pemula

28 May 2019 14:30 1052 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Cari kamera yang sesuai kebutuhan bukan yang sesuai budget.

YouTube di Indonesia sekarang ini sudah menjadi banyak lahan mencari uang bagi sebagian kecil rakyat Indonesia. Bahkan artis-artis yang biasa manggung atau muncul di TV saja, banyak yang lebih memilih menggunakan YouTube untuk mencari penghasilan.

Dengan ditambahnya para artis tersebut, secara otomatis persaingan pun semakin sengit.

Oleh karena itu, selain harus memiliki bakat di depan kamera, pemilihan kamera atau media untuk menangkap video pun sangatlah penting alias tidak bisa sembarang pilih.

 

Berikut ini adalah 7 tips mencari kamera untuk YouTuber pemula.

 

1. Video Apa yang ingin Anda Buat?

Dengan menanyakan hal tersebut pada diri Anda, Anda nantinya akan tahu jenis kamera apa yang Anda perlukan untuk sesi perekaman nantinya.

Bagi yang nantinya hanya merekam video di dalam ruangan saja, kamera DSLR dengan harga yang termurah pun sebenarnya sudah cukup. Kualitas video yang dihasilkan pun tidak akan berbeda jauh dengan kualitas video kamera DSLR yang mahal.

Beda ceritanya jika proses merekam video juga dilakukan di luar ruangan. Pencahayaan yang baik adalah salah satu fitur yang harus dimiliki kamera yang akan digunakan untuk merekam di luar ruangan yang biasanya juga fitur tersebut tidak dapat ditemukan di kamera dengan harga murah.

Selain itu juga merekam di luar ruangan membutuhkan kamera yang memiliki portabilitas tinggi atau dengan kata lain mudah dibawa kemana-mana.

 

 

2. Kualitas Video dari Kamera

Walaupun konten seseorang itu memiliki konsep yang menarik, jika hasil videonya jelek atau memiliki kualitas yang tidak setara dengan konten-konten video YouTube lainnya, maka jangan mimpi akan mendapatkan subscriber yang banyak.

Kualitas video menurut penulis itu tidak kalah penting dengan konsep dari konten seorang YouTuber. Contoh ada seorang YouTuber kuliner yang sedang merekam sebuah menu di restoran yang didatanginya. Jika videonya buram atau warnanya tidak menarik perhatian, maka penonton pun akan menganggap videonya biasa saja dan tidak akan muncul dari diri penonton ketertarikan untuk menonton untuk lebih lanjut, apalagi mencoba menu tersebut.

Dengan kata lain, tips kedua dari kamera yang harus dimiliki seorang YouTuber adalah kamera yang memiliki resolusi tinggi dimana untuk tahun 2019 ini minimal sudah memiliki resolusi full HD (1920x1080p).

 

 

3. Kamera dengan Frame Rate yang Baik

Ingat, di YouTube itu kita menayangkan video dan bukan memposting sebuah gambar. Frame rate populer dari video-video di YouTube sendiri adalah 24 dan 30 fps.

60 fps pun sebenarnya cukup populer, tapi jika target audiens Anda sebagai YouTuber nanti adalah penonton lokal, maka kamera frame rate 24 dan 30 fps juga sudah cukup. Alasannya, karena video dengan frame rate 60 fps itu menguras kuota lebih banyak ketimbang video dengan frame rate 24 dan 30 fps.

 

 

4. Kestabilan Kamera

Hal penting lainnya yang wajib Anda pertimbangkan sebelum akhirnya membeli sebuah kamera untuk merekam video adalah kestabilan gambar ketika merekam.

Pastinya Anda tidak mau kan kalau hasil video Anda tidak stabil dan banyak “semut”nya?

Hampir semua kamera modern sekarang ini sudah dilengkapi dengan Image Stabilization. Untuk tipe stabilisasinya sendiri ada 3 yakni digital, optical dan dual dimana menggunakan digital dan optical.

Untuk pemula sendiri penulis merekomendasikan yang masih menggunakan stabilisasi optik (Optical Stabilization).

 

5. Ketersediaan Fitur Wi-Fi

Adalah fitur yang mungkin bisa dikatakan penting, tergantung apakah Anda orang yang yang suka langsung membagikan video yang Anda buat ke internet tanpa melalui tahap editing terlebih dahulu atau tidak.

Jadi pilihlah kamera yang ingin dibeli dengan salah satu pertimbangan di atas.

 

6. Kemampuan Tahan Air

Adalah salah satu fitur wajib bagi mereka yang suka merekam video di luar ruangan, khususnya di tempat-tempat yang memang harus merekam dengan melakukan kontak dengan air.

Bagi yang selalu hujan-hujanan mungkin cukup kamera dengan kemampuan tahan air, tapi bagi mereka yang akan merekam video di bawah permukaan air seperti di bawah laut atau danau, diwajibkan tentunya untuk membeli kamera yang memiliki kemampuan waterproof atau anti air.

 

 

7. Layar Kamera

Salah satu hal penting, khususnya bagi yang ingin merekam di luar ruangan adalah layar kamera. Dengan layar kamera yang mudah dioperasikan dan memiliki pencahayaan yang memiliki visibilitas baik bahkan ketika di bawah terik matahari adalah kamera yang penulis rekomendasikan.

 

Jadi sekian dulu 7 tips mencari kamera untuk YouTuber pemula. Semoga bermanfaat dan semoga sukses dalam menjalani karir sebagai seorang YouTuber. -BB-

 

 

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel