Tips hemat ala anak kost

31 Jan 2019 17:01 778 Hits 0 Comments

Cuci baju sendiri

Kostan menyediakan tempat jemuran dan mesin cuci? Pergunakan dengan sebaik mungkin. Gak perlu laundry jika kostan sudah menyediakan mesin cuci dan jemuran.

Hidup anak kost benar benar sangat hemat, karena mereka hanya diberikan uang perbulan. cukup gak cukup ya harus cukup. Namun ada beberapa cara agar tetap bisa hemat dan menikmati uang dengan tenang tanpa mikir akhir bulan. Berikut cara hemat ala anak kost.

 

Manfaatkan wifi kampus / kost

Cara hemat pertama, gak perlu isi kuota internet di ponsel kalau di kostan dan di kampus sudah menyediakan wifi. Kalaupun tetap ingin membeli kuota, beli lah yang paket kuota yang unlimited. Jadi gak perlu takut kalo pertengahan bulan kuota habis.

 

Stock Makanan di kosan

Ketika sudah mendapatkan kiriman uang bulanan dari orangtua, perguna membeli stock makanan yang banyak. Seperti mie instant, sarden, telur, oatmeal, jangan lupa juga susu agar tetap sehat. Jadi saat pertengahan bulan uang sudah sekarat, kamu masih punya makanan dikostan mu.

 

Belanja bulanan seperlunya

Belanja seperlunya saja. Lihat perlengkapan apa saja yang sudah habis. Shampoo, sabun, makanan instan menjadi hal yang penting. Beli lah kebutuhan diri sehari hari dengan ukuran yang besar jadi bisa awet hingga 2 bulanan.

 

Cuci baju sendiri

Kostan menyediakan tempat jemuran dan mesin cuci? Pergunakan dengan sebaik mungkin. Gak perlu laundry jika kostan sudah menyediakan mesin cuci dan jemuran. Gunakan detergen yang sudah ada Softener agar lebih hemat. Kalau tetap ingin laundry, lebiih baik jadi member bulanan agar tidak menjadi beban ketika tanggal tua.

 

Bawa Air minum dari kostan

Jika pergi kuliah atau hangout bareng teman jangan lupa bawa air minum dari kostan. Trik itu akan membantu menghemat pengeluaran saat diluar. Di hitung hitung daripada membeli air minum diluar, lebih baik bawa sendiri.

 

Simpan uang cadangan

Simpan uang cadanganmu di tempat yang gak pernah kamu pikirkan. Seperti di tumpukan buku, cela cela tas atau kantung celana, selipkan di dalam laci atau dompet. Ketika sedang kepepet secara tidak sengaja akan menemukan uang cadangan yang telah disimpan pas awal awal bulan.

 

Batasi pengeluaran perhari

Hitunglah berapa kali dalam sehari kamu makan, jajan, dan lainnya. Totalkan jumlahnya. Jika dalam sehari kamu  bisa menghabiskan 50ribu, maka hari berikutnya bawa uang 50ribu lagi. Jangan bawa uang berlebih karena akan terjadi kekhilafan.

 

Kerja Partime

Coba cari kerja sampingan atau kerja paruh waktu untuk menambah uang jajanmu. Jika dikumpulkan bisa menjadi tabunganmu kedepannya dan kamu bisa beli sesuatu yang udah diincar sejak lama. Carilah kerjaan yang sesuai hobi dan kerjaan nya tidak dibawa kerumah karena akan menjadi beban nantinya dan kamu akan mumet karna tugas kampus yang bertambah dan kerjaan yang bertambah juga.

 

Puasa

Tidak ada salahnya kamu mencoba untuk puasa. Cobalah puasa hari senin dan kamis. Ketika puasa kamu hanya butuh makan untuk buka puasa dan sahur ( itu juga kalau bangun ), kamu akan hemat tidak ada sarapan, makan siang dan jajan. Selain mendapatkan pahala puasa, puasa sangat bermanfaat bagi tubuh juga loh.

Tags

About The Author

Teloer Tjeplok 22
Novice

Teloer Tjeplok

Half Illustrator, Half Writter

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel