Jenis Kopi Lokal Go Internasional

31 Jan 2019 14:18 803 Hits 1 Comments
Kopi Lanang terkenal karena nama yang unik dan juga bentuk bijinya yang unik. Kopi lanang mengalami anomali ketika panen. Walaupun mengalami anomali, Kopi Lanang bisa dikonsumsi dan memiliki harga yang cukup mahal sekitar 250ribu per kilo nya. 

Tiap kopi memiliki cita rasa yang berbeda beda dan juga penyajian yang berbeda beda. Yang membuat kopi Indonesia terkenal adalah dengan penyajiannya yang masih terbilang tradisional, organik, dn unik. Berikut beberapa kopi lokal yang telah menembus pasar Internasional.

Kopi Wamena

Kopi Wamena adalah kopi yang ditanam di pegunungan 1600mdpl Jayawijaya, Wamena Papua. Pengolaha kopi Wamena ini terbilang masih sangat tradisional dan tidak memaki bahan kimia sama sekali, sehingga kopi Wamena terkenal sebagai kopi organik. Untuk penderita penyakit lambung, kopi Wamena ama karena memiliki kadar keasaman yang rendah dan memiliki aroma rempah yang  khas.

 

Kopi Merapi

Kopi Merapi Sleman adalah kopi yang ditanam di lereng Gunung Merapi, Kabupaten Sleman. Menjadi cita rasa tersendiri karena tanah dari vulkanik membuat rasa bertambah nikmat. Kopi Merapi memiliki produk kopi lainnya seperti Kopi Madu Merapi, dimana kopi tersebut jika diseduh memilikki rasa manis, dan pemetikannya dilakukan ketika buahnya dalam kadaan benar benar matang.

 

Kopi Lanang

Kopi Lanang terkenal karena nama yang unik dan juga bentuk bijinya yang unik. Kopi lanang mengalami anomali ketika panen. Walaupun mengalami anomali, Kopi Lanang bisa dikonsumsi dan memiliki harga yang cukup mahal sekitar 250ribu per kilo nya. Kopi Lanang terkenal dengan kelembutan rasa, aroma yang mirip dengan kopi Luwak dan kafein yang tinggi.

 

Kopi Gayo

Kopi Gayo adalah kopi yang berasal dari dataran tinggi Gayo, Aceh. Kopi Gayo ditanam sekitar diatas ketinggian 1200mdpl. Kopi organik yang mempunyai aroma yang khas dan kekentalan kopi yang baik adalah keunggulan Kopi Gayo. Banyak khasiat ada ada di dalam Kopi Gayo, Dapat mencegah kanker kuli dan menjaga kesehatan kulit. Selain itu dapat menurunkan resiko diabetes.

 

Kopi Kintamani

Kopi Kintamani adalah kopi yang berasal dari dataran tinggi Kintaman, Bali. Memiliki rasa dan aroma jeruk yang ringan dan lembut membuat penikmat kopi menjadi rilex. Kopi dari Bali ini ditanam diatas ketinggian 900mdpl dan mempunyai tingkat keasaman yang tidak terlalu tinggi.  Kopi Kintamani telah di ekspor ke beberapa negara, yaitu  Eropa, Jepang, Arab dan juga Australia.

 

Kopi Luwak

Kopi Luwak terkenal dengan biji kopi yang diambil dari kotoran Luwak atau Musang. Karena proses fermentasi didalam perut luwak membuat rasa kopi menjadi lebih halus dibandingkan dengan kopi lainnya dan juuga aman untuk lambung. Menjadi kopi termahal didunia karena ketersediaan yang langka dan juga buah kopi yang dimakan oleh luwak adalah buah yang kualitasnya terbaik.

 

Kopi Flores Bajawa

Kopi Flores Bajawa adalah kopi yang sudah mendunia karena aroma dan rasa yang sangat khas. Kopi yang berasal dari dataran tinggi Kabupaten Ngada, Flores ini merupakan kopi dengan jenis arabika. Ditanam dengan ketinggian 1.000 sampai 1.550mdpl diatas permukaan laut. Memiliki rasa yang  tidak terlalu pahit, keasaman yang sedang, rasa yang manis menjadi keunggulan dari Kopi Flores Bajawa ini.

 

Kopi Ijen – Raung

Kopi Ijen menjadi kopi khas Bondowoso. Dengan memiliki rasa unik yaitu terdapat rasa pedas dan keasaman yang pas, dan juga terdapat aroma jahe menjadi keunggulan kopi tersebut. Ditanam dengan ketinggian 1.400mdpl diatas permukaan laut. Mempunyai cita rasa yang khas dan biji kopi dengan kualitas yang bagus membuat Kopi Ijen ini menebus pasar Internasional.

Tags

About The Author

Teloer Tjeplok 22
Novice

Teloer Tjeplok

Half Illustrator, Half Writter

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel