Beberapa Profesi Yang Cocok Untuk Para Introvert

16 Jul 2018 09:07 873 Hits 0 Comments
Banyak orang beranggapan bahwa seseorang yang berkepribadian introvert adalah orang pendiam atau anti sosial . Apalagi kalau dalam dunia kerja . Tetapi , tidak perlu khawatir untuk para introvert , ada beberapa profesi dalam artikel ini yang cocok untuk anda .

Dalam dunia kerja , kemampuan dan kepercayaan diri untuk bersosialisasi dan bekerja sama dengan orang lain atau dengan tim merupakan skill yang paling dibutuhkan . Namun , untuk seseorang yang berkepribadian introvert , mereka menganggap skill itu adalah kelemahannya karena mereka merasa tidak nyaman dengan skill itu . Contohnya para career advisor yang menyarankan mereka untuk introduce yourself to other people dan socialize jika ingin sukses dalam karir . Namun seseorang yang berkepribadian introvert akan menolak saran tersebut , karena mereka tidak pernah bersosialisasi dengan orang lain .

Dalam buku Self - Promotion For Introverts : The Quiet Guide To Getting Ahead yang ditulis oleh Nancy Ancowitz , introvert di dunia kerja secara umum memiliki karakteristik seperti :

- Lebih nyaman bekerja sendirian atau dengan kelompok kecil .

- Lebih banyak mendengar dibanding berbicara .

- Lebih perhatian pada detail .

- Lebih tenang dan fokus menyelesaikan satu hal dibanding multitasking .

- Berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara atau bertindak .

Beberapa introvert akan mencari pekerjaan yang tidak perlu berurusan dengan banyak orang dan bisa fokus dengan dirinya sendiri . Dan sekarang , berikut beberapa profesi yang cocok untuk para introvert :

Seniman

Jika anda punya bakat artistik dan jiwa kreatif , menjadi seorang seniman adalah profesi yang sempurna untuk anda . Apapun seninya , mau itu patung , lukisan , kerajinan , dan sebagainya , dunia seni adalah industri yang menghargai imajinasi seseorang .

Penulis

Beberapa penulis pasti akan mengakui dirinya adalah seorang yang berkepribadian introvert . Menyukai suasana tenang dan personal time , menjadi penulis adalah pilihan profesi bagi seorang introvert yang lebih mudah mengkomunikasikan pemikirannya lewat tulisan dibanding lisan . Zaman now , anda bisa menulis apa saja yang anda inginkan lewat sebuah aplikasi Wattpad atau sosial media apapun atau   membuat blog .

Video Editor

Setalah proses syuting film atau video , biasanya dibutuhkan seseorang untuk mengedit video mentah tersebut , yang namanya Video Editor . Profesi ini bisa dibilang profesi yang cukup kreatif , karena yang mereka lakukan adalah mengedit video mentah tersebut menjadi video yang menarik dengan sentuhan kreativitas yang mereka punya , yang umumnya dikerjakan di ruangan yang nyaman dan tenang tanpa ada gangguan dari orang lain .

Penerjemah

Jika anda menguasai beberapa bahasa asing , seperti bahasa Inggris atau Jepang , anda bisa bekerja sebagai penerjemah yang jasanya dibutuhkan untuk menerjemahkan dokumen atau buku dari satu bahasa ke bahasa lain .

Fotografer

Seorang introvert yang berprofesi sebagai Fotografer , umumnya akan lebih memerhatikan pada detail dan punya cara pandang yang lebih tajam daripada orang lain . Hal tersebut bisa menjadi bekal untuk menjadi seorang Fotografer yang bisa menghasilkan foto keren dari angle yang berbeda .

Dan seperti itulah beberapa profesi yang cocok untuk para anda yang berkepribadian introvert .

Until Next Time , Peace .

Tags

About The Author

JER 35
Ordinary

JER

Suka sesuatu. Hiatus/

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel