Lamaran Kerja Tidak Mendapat Panggilan Interview ? Mungkin Ini Penyebabnya

17 Jul 2018 15:10 922 Hits 0 Comments
Anda sudah mengirim belasan lamaran kerja , tetapi belum ada satupun panggilan interview untuk anda ? Para pencari kerja pasti sering mengalami hal ini . Tetapi , bukan berarti anda tidak memiliki skill yang bagus . Bisa jadi ini kesalahan yang anda lakukan tanpa anda sadari .

Anda sudah mengirim belasan lamaran kerja , tetapi belum ada satupun panggilan interview untuk anda ? Para pencari kerja pasti sering mengalami hal ini . Tetapi , bukan berarti anda tidak memiliki skill yang bagus . Bisa jadi ada kesalahan yang anda lakukan tanpa anda sadari .

Sebagai pemberi kesan pertama , CV dan surat lamaran kerja bukan hal yang disepelekan . Kesalahan kecil terhadap 2 itu bisa menghilangkan kesempatanmu untuk mendapat kerja . Sebelum anda buru - buru mengirimkan lamaran kerja , coba disimak dulu beberapa kesalahan dibawah ini , bisa saja anda pernah melakukan dari salah satu .

Subject Pada Email Tidak Jelas Atau Kosong

Beberapa lowongan kerja biasanya dicantumkan format subject email yang perlu diikuti . Format ini digunakan untuk menyaring email yang masuk . Artinya , jika anda tidak mengikuti format yang berlaku , email anda tidak akan terbaca .

Membiarkan Body Email Kosong

Mengirim sebuah email tanpa tulisan pengantar apapun itu berasa tidak sopan . Kata pengantar di body email berfungsi untuk membuat HRD tertarik membuka CV yang anda kirim . Pada bagian ini , tuliskanlah tujuan dan alasan anda mengapa anda layak diterima di perusahaan tersebut secara singkat dan jelas .

Terdapat Kesalahan Penulisan Pada CV Atau Surat Lamaran

Hal ini sering terjadi dalam mencantumkan informasi , seperti tanggal atau kesalahan penulisan ( typo ) . Kesalahan ini tidak bisa dianggap hal yang sepele . Tetapi , cara untuk menghindari kesalahan ini , pastikan untuk selalu mengecek ulang lamaran kerja yang akan anda kirim . So , jangan pernah mengirimkan CV atau surat lamaran dalam keadaan terburu - buru .

Mencamtumkan Banyak Informasi Yang Tidak Penting

Tidak semua informasi tentang anda harus tercantum pada CV yang akan anda kirim . Terlalu banyak informasi yang tidak penting akan membuat informasi yang penting menjadi terabaikan . So , buatlah CV yang memuat informasi secara efektif dan jelas sehingga tidak membosankan dan berkesan bagi HRD yang membacanya .

Melamar Untuk Banyak Posisi

Anda pasti jago dalam posisi ini posisi itu dan untuk meningkatkan kemungkinan anda akan diterima , anda melamar di banyak posisi dan anda bersedia ditempatkan di posisi apapun . Namun , HRD akan mengganggap anda tidak mengetahui apa yang ingin anda lakukan . Mereka pun akan sulit percaya pada keahlianmu .

Tidak Sesuai Dengan Persyaratan

Sebelum anda mengirimkan lamaran pekerjaan , perhatikan baik - baik persyaratan yang ditetapkan oleh perusahaan . Jika ada poin persyaratan yang tidak bisa anda penuhi , jangan anda lamar secara paksa . Salah satu contohnya jangan memalsukan skill yang anda miliki . Jika anda berminat di posisi tersebut tapi skill anda belum bagus , satu - satunya caranya adalah dengan belajar menguasai skill tersebut .

 

Seperti itulah kesalahan yang anda lakukan tanpa anda sadari . Lebih berhati - hati lagi untuk melamar kerja , jangan terburu - buru mengirim CV dan lebih perhatikan skill yang anda miliki .

Until Next Time , Peace .

Tags

About The Author

JER 35
Ordinary

JER

Suka sesuatu. Hiatus/

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel