Mengenal Pengertian dan Macam-macam PHP Framework

21 Nov 2016 17:59 9916 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kenali pengertian dan macam-macam PHP framework 

Apa itu framework?  Sebuah istilah yang terdengar asing bagi kalangan awam. Tetapi bagi seorang web programmer, istilah yang satu ini sangat akrab dengan mereka. Bahkan, dengan framework inilah, seorang web programmer mampu membuat situs tertentu dengan lebih mudah.

Kata “lebih mudah” bukan berarti bahwa framework ini ibarat sebuah CMS yang bisa tinggal pasang dan dimengerti oleh orang awam.  CMS lebih ditujukan untuk pengguna yang membutuhkan pemasangan web yang lebih instan. Sementara framework tidak bisa diandaikan seperti hal tersebut. 

Baca Ketahui Pengertian CMS Beserta Jenis-jenisnya


Pengertian Framework 

Sederhananya, framework secara umum merupakan istilah dalam dunia programmer yang mengacu pada sebuah kerangka kerja. Kerangka kerja ini dibuat atau disusun oleh seorang programmer agar ia bisa lebih mudah ketika membuat sebuah website atau aplikasi lainnya.

Kerangka kerja tersebut meliputi berbagai unsur seperti plugin, konsep, fungsi, dan sistem sehingga programmer bisa lebih mudah, lebih tersusun, lebih terstruktur ketika membuat sebuah aplikasi atau web. 

Kalau diibaratkan, framewok ibarat sebuah “kerangka penelitian” ketika ingin membuat sebuah penelitian ilmiah. Ada kerangka yang tersutruktur yang dibuat dulu oleh si peneliti sebelum melakukan penelitian. Struktur itu meliputi konsep, landasan teori, masalah, pembahasan, sampai solusi. 

Contoh penjelasan framework yang lebih mudah adalah sebagai berikut 

Seorang programmer mendapat tawaran pekerjaan untuk membuat sebuah website atau aplikasi dari perusahaan A.

Pekerjaan itu diselesaikan si programmer dengan memakan waktu sampai 6 bulan (misalnya) karena dia membuat dari nol.

Setelah selesai pekerjaan tersebut, programmer mendapat tawaran pekerjaan yang sama dari perusahaan B . 

Programmer tersebut lantas sadar bahwa apa yang telah ia buat sebelumnya memiliki banyak fitur dan fungsi yang sama dengan yang sedang ia buat untuk perusahaan B seperti menu, navigasi, dan fungsi lainnya.

Programmer tersebut kembali membuka kembali kode-kode pekerjaan sebelumnya untuk ia satukan dalam mengerjakan proyek untuk perusahaan B.

Hal ini dilakukan agar ia tidak perlu membuat semuanya dari awal. Nah, kumpulan kode dan fungsi-fungsi yang dikumpulkan si programmer inilah yang disebut dengan framework.

Ilustrasi tersebut menyiratkan bahwa pembuatan framework hanya untuk website saja. Padahal tidak. Semua bahasa pemograman bisa dibuatkan framework. Tidak hanya mengacu pada pembuatan website saja. 

Untuk pembuatan website sendiri, ada dua macam framework yang banyak digunakan. Keduanya adalah PHP framework dan CSS framework css. 

Pada kesempatan ini yang  akan dibahas adalah tentang PHP framework. Berikut pembahasannya. 

Tentang PHP Framework

Sebelum membahas lebih lanjut tentang PHP framework, ada baiknya sedikit tentang PHP. Berdasarkan wikipedia, PHP merupakan Hypertext Preprocessor.

Sederhananya, bahasa pemograman yang berisi kode-kode untuk ditanamkan ke dalam html. PHP ini merupakan bahasa pemograman yang banyak dipakai untuk pengembangan website. 

Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa PHP framework merupakan sebuah kerangka kerja untuk menciptakan sebuah website agar lebih dinamis dan fleksibel.

Jika CMS dibangun bertujuan langsung agar dipakai oleh pengguna yang tidak perlu memikirkan script, maka PHP framework dibangun agar si programmer bisa menuliskan kode sesuai perintah PHP untuk membuat website baru. Bahkan, CMS seperti Wordpress pun dibuat menggunakan PHP framework. 

PHP framework ini bersifat open source atau sumber terbuka. Artinya, sama seperti CMS yang memungkinkan semua orang untuk membagikan kodenya atau mengunduh kode tersebut.

 Hanya saja CMS beredar untuk umum dan pengguna pemula yang tidak mengerti bahasa pemograman, maka PHP framework umumnya beredar ditujukan untuk programmer yang  ingin membuat websit dengan mudah dan menghemat waktu. Tentu saja dengan menulis kode ulang lagi. 

Peredaran PHP framework ini cukup berkembang dan para penerbit PHP seolah berlomba-lomba untuk mendapatkan banyak pengguna. Mereka biasanya menawarkan berbagai fitur unik dan beda sebagai daya tariknya.  

Untuk mengetahui macam-macam PHP framework, bisa disimak pada halaman selanjutnya.

About The Author

Hilman 78
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel