Tips Membuat Artikel Menarik dan Menjadi Viral

2 Nov 2016 10:46 2716 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Gimana sih caranya bikin artikel yang viral ? Mau tau ? Baca Tips dan Trik berikut !

Adanya sosial media seperti akhir-akhir ini, semakin memudahkan pemilik blog untuk mendatangkan banyak pengunjung ke blog yang dikelolanya. Selain dengan cara share ke akun-akun media sosial milik kita sendiri, kita juga bisa mengupayakan pengguna-pengguna sosial media lain ikut serta dalam membagikan artikel kita, dengan cara memposting artikel atau konten yang berpotensi viral.

Sebelumnya saya sudah membahas topik-topik tentang teknik SEO, dengan hal memahami artikel tersebut , artikel anda diyakini akan menjadi viral dan bisa menyebar di sosial media, sehingga dapat mendatangkan ribuan, puluhan ribu bahkan ratusan ribu pembaca.

Baca Juga :

Setelah menemukan beberapa ide tulisan yang diperkirakan bisa populer dan menyebar di sosial media, berikutnya adalah memikirkan bagaimana caranya agar artikel yang nanti diterbitkan benar-benar bisa menjadi viral. Langsung saja, berikut Tips Membuat Artikel Menarik dan Menjadi Viral :

  1. Jangan Copy-Paste
    Tips Membuat Artikel Menarik dan Menjadi Viral
    Kamu jangan sekali-kali menyalin isi konten orang lain ke dalam postingan Anda. Tindakan ini justru bisa menjadi bumerang bagi Anda. Sebab, selain isi tulisan itu sudah banyak dibaca di postingan sebelumnya, mesin pencari juga bisa memindainya sebagai plagiarisme dan blog kamu pun akan mendapatakan penilaian SEO yang buruk.

  2. Jangan Menulis Berita HOAX
    Tips Membuat Artikel Menarik dan Menjadi Viral
    Berita kontroversial memang memiliki daya tarik yang sangat tinggi, namun jangan sampai kamu tergoda untuk menulis berita bohong. Karena selain bisa merugikan orang lain, hal tersebut juga bisa menurunkan reputasi blog kamu di dunia maya.

  3. Pilihlah Headline Yang Menarik
    Tips Membuat Artikel Menarik dan Menjadi Viral
    Informasi yang tersedia di dunia maya sangatlah banyak, para pembaca biasanya hanya melakukan pencarian singkat dan jarang sekali mengklik artikelnya satu per satu. Otak biasanya akan memerintahkan mata untuk memindai sesuatu yang menarik. Karena itu, pastikan headline yang kamu buat menarik dan mendatangkan banyak pengunjung.

  4. Perhatikan Jumlah Karakter Isi Konten
    Tips Membuat Artikel Menarik dan Menjadi Viral
    Akhir-akhir ini konsumsi internet lebih banyak dilakukan melalui perangkat mobile. Hal ini membuat para penulis berpikir bahwa mereka harus menyediakan konten yang pendek dan singkat, agar lebih mudah diakses secara dinamis. Beberapa hasil penelitian justru menyatakan sebaliknya. Konten yang panjang justru mendapatkan jumlah share yang lebih banyak dibandingkan yang pendek. Kuncinya, buatlah tulisan dengan konsep dan bahasa yang sebaik mungkin agar pembaca tidak kesulitan memahami maksud tulisan kamu.

  5. Visualisasikan Menggunakan Gambar, Video dan Lainnya
    Tips Membuat Artikel Menarik dan Menjadi Viral
    Konten yang diselipkan gambar atau video secara statistik lebih disukai oleh para pembaca. Gambar atau video yang menarik mampu menguatkan karakter artikel kamu. Selain gambar dan video, konten yang di dalamnya memiliki gambar lainnya seperti infografis juga memiliki jumlah share yang lebih tinggi. Hal ini karena artikel seperti itu memberikan kemudahan kepada para pembaca untuk mencerna informasi dalam jumlah besar secara lebih ringkas.

  6. Posting dan Promosikan Artikel di Waktu Yang Tepat
    Tips Membuat Artikel Menarik dan Menjadi Viral
    Waktu yang dipilih untuk mempublikasikan konten kamu, akan mempengaruhi jumlah share yang akan diperoleh. Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh Buzzsumo, hari Selasa adalah waktu terbaik untuk memublikasikan sebuah tulisan. Setelahnya, bagikan dan promosikan. Jangan lupa untuk mempromosikan kembali konten kamu setelah satu minggu. Karena, berdasarkan hasil penelitian, persentase social share artikel akan mengalami penurunan yang cukup drastis setelah hari ke tiga, bahkan mencapai 96%.

Demikianlah Tips Membuat Artikel Menarik dan Menjadi Viral. Jadi bagaimana? Sobat Plimbi sudah siap untuk membuat konten yang viral? Selamat menulis, semoga bermanfaat dan kami tunggu postingan viral kamu !

About The Author

Syamsul Ma'arief 33
Ordinary

Syamsul Ma'arief

Graphic Designer - Keep Farmed and Carry Hard.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel