Teknik dan Langkah-langkah dalam Membuat Artikel Menarik yang SEO Friendly

14 Oct 2016 09:00 6886 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ingin artikel kalian menempati peringkat teratas di Google ? Ikuti langkah-langkah ini.

Teknik dan Langkah-langkah dalam Membuat Artikel Menarik yang SEO Friendly

Halo Sobat Plimbi, setelah sebelumnya saya menuliskan artikel tentang Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Search Engine Optimization, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Teknik Menulis Artikel Menarik Yang SEO Friendly. Banyak blogger yang bisa menulis artikel dengan lancar dan teratur, tapi tidak banyak yang bisa menulis artikel yang SEO Friendly.

Gara-gara semakin populernya dunia blogging, banyak orang yang tertarik untuk membuat artikel. Membuat artikel yang menarik itu tidak mudah. Apalagi untuk sebuah website. Website sangat berbeda dengan buku, saat orang-orang browsing di internet, mereka biasanya tidak suka baca artikel yang terlalu panjang. Inilah yang menjadi masalah terbesar dari pemilik website dan blog. Gimana sih cara menulis artikel yang menarik dan tentu saja yang SEO friendly ? Simak ulasannya berikut ini :

1. Riset Kata Kunci

Paham cara menulis yang baik untuk blog belumlah cukup, karena untuk apa kita menulis dan ternyata keyword yang kita pilih tidak ada yang mencarinya di Search Engine, misalnya saja artikel kamu hanya dicari 10 kali dalam sebulan. Untuk itu, sebaiknya pilihlah kata kunci yang dicari minimal 5000 kali dalam sebulan.

Teknik dan Langkah-langkah dalam Membuat Artikel Menarik yang SEO Friendly

Tools yang bisa digunakan adalah Google Adwords Keyword Planner. Dengan bantuan tools ini maka Sobat Plimbi bisa dengan mudah menemukan berapa kali satu kata kunci diketikkan di google serta bagaimana level pencariannya, apa itu rendah, sedang atau tinggi. Selain itu, bagi yang blognya sudah dilengkapi dengan Iklan Adsense juga bisa tahu berpa perkiraan harga per klik dari kata kunci tersebut sehingga sangat membantu dalam meningkatkan jumlah penghasilan per harinya.

2. Perbaiki Penulisan Judulnya

Teknik dan Langkah-langkah dalam Membuat Artikel Menarik yang SEO Friendly

Sering kita temui para blogger yang belum paham dengan SEO, mereka menulis judul artikel seadanya, tanpa mempertimbangkan kata kunci di dalamnya. Untuk itu Sobat Plimbi sekalian, saya sarankan pada saat menulis artikel perhatikan beberapa trik berikut ini :

  1. Dahulukan penempatan kata kunci di awal kalimat. Cara ini dapat meningkatkan kemampuan daya saing kamu dibandingkan dengan yang meletakkannya di bagian akhir , yang akhirnya pada url tidak tercantum, terutama yang menggunakan blogger, yang mana sering sekali url nya otomatis disingkat karena terlalu panjang.
  2. Hindari menggunakan judul yang serupa dengan artikel sebelumnya. Ini merupakan salah satu trik SEO terbaru dalam menulis artikel, karena, banyak blog yang akhirnya harus kehilangan hingga 50% pengunjungnya karena judul artikel yang dianggap sama. Solusinya adalah cukup ketikkan kata utamanya saja sedangkan keterangan lainnya dimasukkan pada kalimat pertama pada awal paragraf.

Teknik dan Langkah-langkah dalam Membuat Artikel Menarik yang SEO Friendly

Coba Sobat Plimbi ingat kembali ketika melakukan pencarian di Google. Apa yang membuat Sobat Plimbi memilih salah satu artikel/website? Ya, Judulnya. Sebagus apapun artikel yang kalian buat, kalau judulnya kurang menarik maka tidak akan ada yang membaca. Satu hal lagi, Jika kita bicara soal peringkat di Search Engine, judul juga merupakan salah satu faktor terbesar yang akan membuat peringkat artikel kamu di Search Engine jadi tinggi.

3. Perhatikan Jumlah Karakter/Kata Pada Artikel

Teknik dan Langkah-langkah dalam Membuat Artikel Menarik yang SEO Friendly

Banyak yang berpendapat bahwa semakin panjang artikel maka semakin bagus pula peringkatnya di Search Engine. Pendapat ini belum tentu benar sepenuhnya. Tergantung dari User Experience (Pengalaman Pengguna). Jika Sobat Plimbi bisa menuliskan artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan User Experience, maka tentu saja itu akan menjadi lebih bagus. Tetapi jika Sobat Plimbi menulis artikel panjang hanya untuk memenuhi target SEO dengan isi artikel acak-acakan dan terkesan bertele-tele , mungkin cara tersebut dirasa kurang efektif.

4. Berikan Perhatian Penuh Pada Paragraf Pertama

Jika Sobat Plimbi ingin menulis dengan teknik SEO yang baik, maka salah satunya adalah usahakan kata kunci disertakan pada 100 kata pertama yang anda tulis, atau paling tidak ada antara kalimat pertama dan kedua. Sobat Plimbi pun bisa melakukan riset untuk ini, coba saja ketik sebuah kalimat di google, maka yang masuk halaman pertama selalu menunjukkan cetak tebal pada paragraph pertamanya yang mana itu juga terdapat pada judulnya.

Teknik dan Langkah-langkah dalam Membuat Artikel Menarik yang SEO Friendly

Mungkin Sobat Plimbi juga menemui banyak blog yang pada paragraf terakhirnya diberikan cetak tebal atau bold juga, ini bisa saja dilakukan tapi sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam memberi bold pada kata atau kalimat yang sama karena akan menimbulkan kecurigaan dari pihak google itu sendiri.

About The Author

Syamsul Ma'arief 32
Ordinary

Syamsul Ma'arief

Graphic Designer - Keep Farmed and Carry Hard.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel