5 Cara Efektif Turunkan Berat Badan Tanpa Mengurangi Makan Makanan Enak

7 Oct 2016 05:10 2248 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
kita bisa menurunkan berat badan dengan cara mudah tanpa mengurangi jenis
makanan enak  yang kita makan

Persoalan berat badan adalah salah satu persoalan yang menimpa manusia di kehidupan modern ini. Maklum saja, orang-orang di era modern banyak disajikan dengan hidangan cepat saja yang banyak mengandung kalori tinggi. Belum lagi, aktivitas kerja mereka umumnya adalah aktivitas pasif seperti duduk depan komputer atau aktivitas kerja yang memang tidak mengaktifkan tubuh.

Rutinitas kerja itu kemudian diselingi dengan makan siang, cemilan, nongkrong di cafe, dan yah makan malam yang tak terlewatkan! Suatu hal yang sulit dihindari mengingat semua hal tersebut seperti merupakan bagian dari gaya hidup.

Pertamanya, mungkin tidak akan masalah. Makan di restoran cepat saji, ngemil coklat, dan hanya duduk seharian selama 8 jam lamanya. Belum lagi kemudahan teknologi yang memungkinkan kita untuk mendapatkan makanan tanpa harus ke luar ruangan. Cukup menunggu kurir ojek online atau kurir makanan cepat saji datang menghampiri.

Tanpa diduga, kebiasaan itu terus menerus dilakukan sampai kemudian kita sadar bahwa berat badan kita sudah berbeda dibandingkan ketika kuliah atau sekolah dulu. Kebiasaan aktif bergerak dan pola makanan sedikit demi sedikit telah “menyuburkan” badan kita, bukan ke atas tetapi ke samping.

Akhirnya, kita pun mencoba untuk menurunkan berat badan. Sayangnya, banyak dari kita yang lebih memilih untuk menurunkan berat badan dengan cara instan. Membeli obat penurun berat badan misalnya atau suplemen sejenis yang harganya bisa setengah gaji kita perbulan. Belum lagi kita lebih mudah terserang penyakit lantaran kelebihan lemak di tubuh kita. Uang pun keluar untuk sekadar check up dengan dokter.

Melelahkan? Tentu saja. Syukur-syukur kalau kita dapat tubuh yang ideal gara-gara minum obat penurun berat badan. Yang ada kita seperti diperas untuk membeli dan membeli lagi. STOP untuk melakukan hal itu!

Menurunkan berat badan tidak semudah ketika kita menaikan berat badan. Tapi bukan berarti sulit. Karena kita bisa menurunkan berat badan dengan cara mudah tanpa mengurangi jenis makanan yang kita makan. Bukankah sebagian dari kita tersiksa dengan diet yang membatasi makanan?

Nah karena itu, coba perhatikan 5 langkah efektif ini agar berat badanmu turun. Langkah yang bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa perlu menderita menjalani diet yang justru membebani orang yang melakukannya.

1. Kurangi Asupan Kalori

Ini yang penting! Kebanyakan pola diet menyuruh kita untuk tidak makan makanan tertentu padahal makanan tersebut adalah makanan kesukaan kita. Yang benar adalah bukan pantang terhadap makanan tersebut tetapi membatasi porsi makanan kita tiap hari.

5 Cara Efektif Turunkan Berat Badan Tanpa Mengurangi Makan Makanan Enak

Pembatasan makanan ini dilakukan agar kita bisa menjaga kalori yang masuk dalam tubuh. Ingatlah fakta bahwa perempuan umumnya memerlukan 1800 sampai 2000 kalori perharinya. Sementara laki-laki membutuhkan 2000 sampai 2100 kalori perharinya.

Kalori yang masuk itu akan dijadikan lembak yang berguna untuk energi kita. Bila lemak tersebut tidak “dibakar” atau dimanfaatkan untuk energi, maka lemak akan menumpuk dan membuat kita jadi semakin gemuk.

Karena itu, yang paling penting adalah pembayasan kalori kita yang disesuaikan dengan aktivitas kita sehari-hari. Mengurangi jumlah kalori makanan sebanyak rata-rata 20% tanpa mengganti jenis makanannya dan jumlah porsinya tidak akan membuat kita menderita dengan
apa yang kita makan.

2. Minum Air Putih

5 Cara Efektif Turunkan Berat Badan Tanpa Mengurangi Makan Makanan Enak

Apapun makanan kita, selalu pastikan kalau setiap hari kandungan air putih di tubuh kita sudah mencukupi. Umumnya sih 8 gelas perhari. Kurang soda atau minuman berkalori tinggi lain (ingat kurangi bukan dilarang) dan perbanyaklah air putih.

Memperbanyak air putih akan membuat tubuh kita tidak akan terasa lapar terus menerus.

3. Perbanyak Serat

5 Cara Efektif Turunkan Berat Badan Tanpa Mengurangi Makan Makanan Enak

Imbangi asupan tubuh kita dengan memakan makanan yang mengandung serat tinggi. Misalnya dengan makan buah-buahan yang mengandung serat. Jika tubuh kurang serat, tubuh biasanya akan cepat lelah dan membuat kita semakin lapar dan lapar.

4. Berolahraga atau Bergerak

5 Cara Efektif Turunkan Berat Badan Tanpa Mengurangi Makan Makanan Enak

Ini penting untuk mereka yang ingin asupan kalorinya ingin terjaga. Biasakan untuk berolahraga. Selain untuk membakar lemak, olahraga juga baik untuk kesehatan.

Hanya saja pastikan jenis olahraga yang dilakukan merupakan olahraga yang kita suka dan kita senang
melakukannya. Kalau kita senangnya jalan pagi tiap hari, kenapa tidak untuk terus melakukan hal tersebut?

5. Konsumsi Madu

5 Cara Efektif Turunkan Berat Badan Tanpa Mengurangi Makan Makanan Enak

Madu sangat penting untuk tubuh. Konsumsi madu untuk mengganti gula agar kandungan gula dalam tubuh tidak berlebih. Banyak jenis madu yang bisa digunakan dan mudah dicari. Bahkan banyak juga yang sudah dijual komersial dengan merek tertentu. 

Nah, lakukan 5 hal tersebut dengan cara yang menurut tubuh kita baik. Artinya kita tidak terpaksa untuk melakukan dan kita ikhlas ingin menurunkan berat badan secara efektif, murah, dan senang menjalakannya.

Sumber Gambar : Pixabay

Tags Diet

About The Author

Kaniya Ariani 31
Ordinary

Kaniya Ariani

Coba menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel