5 Penyebab Seseorang Pingsan dan Cara Mengantisipasinya

25 Jul 2016 10:05 4726 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Pingsan merupakan kondisi saat seseorang kehilangan kesadaran

gambar via wisegeek.comâ

Pernah melihat seseorang pingsan atau sempat bertanya kenapa orang bisa tiba-tiba pingsan? Jujur saja, saya sempat penasaran dengan hal ini. Bukan apa-apa, waktu sekolah dulu teman sekelas saya yang perempuan selalu saja ada yang pingsan. 

Ada yang karena memang sakit tapi memakasa ikut upacara, ada yang tiba-tiba jatuh pingsan saat belajar, ada juga yang pingsan karena melihat orang kesurupan atau dia habis kesurupan. Maklum, dulu sempat tenar kesurupan serempak di sekolah. 

Perihal pingsan membuat saya jadi penasaran dan mencari tahu tentang apa itu pingsan? Dan mengapa orang bisa pingsan? 

Akhirnya saya menemukan sebuah artikel menarik tentang pingsan di Kompas Health. Artikel tersebut membahas soal pingsan dan penyebabnya.

Saya akan menulsikan ulang artikel tersebut, tentunya dengan gaya bahasa saya sendiri. 

5 Penyebab Seseorang Pingsan dan Cara Mengantisipasinyagambar via medicalnewstoday.comâ

Pingsan adalah kondisi yang terjadi pada seseorang ketika orang tersebut kehilangan kesadaran. Biasanya kejadiannya tiba-tiba atau mendadak. Kondisi ini umum disebabkan oleh rendahnya aliran darah ke otak. 

Karena itu, kondisi pingsan ini bisa dialami oleh siapa saja, tidak hanya kaum hawa. 

Katanya sih ada penelitian yang menyebutkan kalau sekitar 15 hingga 39 %, orang akan mengalami pingsan dalam hidupnya. Wow, angka yang cukup tinggi sebenarnya. 

Tapi tenang saja, karena sebenarnnya pingsan bukan sesuatu yang berbahaya lho. 
Jadi kita-kita semua bisa pingsan juga. Hanya saja, orang yang rentan pingsan biasanya orang yang punya “penyakit tertentu” atau lebih halus kondisi medis tertentu. 

Lalu, mengapa orang yang sehat juga bisa pingsan? Mungkin 5 hal ini adalah penyebabnya. 

Berikut adalah 5 penyebab tersering pingsan.

1. Dehidrasi atau Kurangnya Cairan dalam Tubuh 

Masih belum percaya dengan kekuatan air? Semua artikel tips kesehatan juga sering membahas ini, yakni jangan kekurangan air putih. Yah, air putih adalah kehidupan itu sendiri kaena dengan air putih, metabolisme tubuh menjadi lancar dan kita terhindar dari dehidrasi. 

Kalau kita kekurangan air, maka tubuh akan dehidrasi yang mengakibatkan volume darah berkurang sehingga menyebabkan tekanan darah rendah. Tekanan darah yang rendah ini berpengaruh pada berkurangnya aliran darah menuju otak. Dan hal inilah yang menyebabkan seseorang bisa menjadi pingsan.  

2. Berdiri dalam Jangka Waktu yang Lama

Sebelumnya sudah saya sebutkan bahwa ada orang yang pingsan saat upacara bendera. Hal ini juga banyak terjadi di sekolah lain.

Dari kasus tersebut sih, bisa disimpulkan kalau pingsan juga bisa terjadi karena seseorang beridiri dalam jangka waktu lama. Pasti tahu kan kalau upacara itu bikin pegel siswa apalagi juka durasinya terlalu lama. 

Nah yang pingsan-pingsan itu biasanya terjadi karena dia berdiri lama dan dalam kondisi dehidrasi.  Lamanya berdiri berpengaruh pada aliran darah yang hanya bertumpu pada kaki. 

Agar bisa terhindar dari pingsan, caranya mudah. Cukup dengan menggerakan jari kaki dan melemaskan otot-otot kakinya dengan sedikit mengubah posisi saat berdiri. 

3. Melihat Sesuatu atau Faktor Emosional 

Tidak sedikit orang yang pingsan karena melihat sesuatu yang tidak pernah ia duga. Misalnya melihat sesuatu yang menakutkan atau melihat sesuatu yang membuat emosi terpancing. Hal ini sebenarnya terjadi karena rasa terkejut yang akhirnya menyebabkan terjadinya bentruan antara sistem saraf simpatetik dan parasimpatik.

5 Penyebab Seseorang Pingsan dan Cara Mengantisipasinyagambar via flickr.com

4. Kelelahan

Nah, kalau ada orang yang tiba-tiba pingsan saat bekerja atau saat belajar, maka mungkin memang dia sedang kelelahan. Hal ini lumrah terjadi sebenarnya. Hanya saja orang di sekitar sering kaget karena orang yang tiba-tiba pingsan tersebut tidak menunjukan gejala apapun. 

Padahal bisa saja orang tersebut sebelumnya melakukan aktivitas yang berat sehingga fisik orang tersebut kelelahan. Atau orang tersebut kurang tidur. 

5. Karena Penyakit Tertentu

Kondisi medis seseorang juga berpengaruh terhadap terjadinya orang tersebut pingsan atau tidak. Misalnya, orang yang punya kondisi medis seperti kejang, gula darah terlalu rendah, tekanan darah rendah, atau gangguan irama jantung ternyata cukup rentan untuk pingsan. 

Jika ada seseorang di sekitar kita, yang tiba-tiba pingsan, bisa jadi kelima faktor diatas adalah penyebabnya. Lantas pertanyaannya, apa yang harus dilakukan saat melihat orang pingsan? 

Jika memang kebetulan kita berada di dekat orang yang pingsan, kita bisa melakukan langkah-langkah berikut. 

  • Baringkan di tempat teduh orang yang pingsan tersebut dengan posisi terlentang. 
  • Bagian kakinya ditopang sedikit agar aliran dalah bisa kembali mengalir ke jantung dan kepala. 
  • Saat sadar, sediakan air putih untuk orang tersebut. 
  • Beri waktu bagi orang yang sehabis pingsan untuk bisa bangkit dan berjalan. 
  • Tanyakan ketika ia berdiri apakah mengalami gangguan seperti pusing, sakit perut, nyerid dada, dan hal lainnya. 
  • Jika tidak, maka orang tersebut orang hanya pingsan biasa. Jika mengalmai gangguan, sebaiknya sarankan orang tersebut untuk berkonsultasi dengan dokter. 

Panjang juga yah ternyata pembahasan soal pingsan. Tapi tak apa, yang penting kita tahu seluk-beluk pingsan dan cara mengatasinya.  Siapa tahu, pembaca Plimbi suatu hari nanti bertemu dengan orang yang tiba-tiba pingsan dan bisa mengantisipasinya. 

Tags Kesehatan

About The Author

Kaniya Ariani 31
Ordinary

Kaniya Ariani

Coba menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel