Perbandingan Harga dan Spesifikasi Mi Notebook Air dengan Macbook Air

27 Sep 2016 08:38 3335 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menurut Anda mana yang lebih unggul dari segi spesifikasi secara keseluruhan serta harga yang ditawarkan?

Laptop tipis nan mempesona dengan namanya adalah Mi Notebook Air memang sudah beberapa bulan menebar pesona di pasaran laptop dunia.

Laptop dengan sistem operasi Windows 10 ini sengaja dibuat Xiaomi untuk menyaingi Macbook Air buatan Apple, atau setidaknya itulah yang dapat diasumsikan jika dilihat dari desain yang dimiliki laptop Mi Notebook Air ini.

Kalau hanya dilihat dari desain saja, kita mungkin bisa langsung tahu semenarik apa laptop buatan Xiaomi tersebut jika dibandingkan dengan laptop buatan Apple yang memang sudah lama populer.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bandingkan seberapa kuat Mi Notebook Air mampu menyaingi Apple Macbook Air dari segi desain maupun spesifikasi tertulis.

 

Desain

Xiaomi Notebook Air hadir dalam 2 ukuran seperti halnya Macbook Air.

Keduanya memiliki varian dengan ukuran layar 13.3 inch. Sedangkan untuk ukuran yang lebih kecilnya, Mi Notebook Air memiliki ukuran layar 12.5 inch dan Macbook Air dengan ukuran layar 11.6 inch.

Disini saya akan membandingkan laptop yang ukurannya sama saja, yakni Mi Notebook Air dan Macbook Air yang versi 13.3 inch saja.

Dilihat dari segi bobot dan ketebalan laptop. Mi Notebook Air ternyata menang baik dari segi bobot maupun ketipisan laptop.

Ketebalan laptop untuk Mi Notebook Air berlayar 13.3 inch sendiri adalah 14.8mm dan beratnya sendiri hanya 1.28 kg. sedangkan Macbook Air memiliki ketebalan 17mm dengan berat 1.35 kg.

Baik Mi Notebook Air maupun Macbook Air, keduanya dibekali dengan keyboard laptop yang nyaman dengan tambahan backlit untuk memudahkan mengetik di dalam kondisi gelap.

Dari variasi warna, Mi Notebook Air juga hadir dengan dua varian warna yakni gold dan silver, sedangkan Macbook Air hanya hadir dengan warna standard grey hue.

 

Layar

Layar pada Apple Macbook Air memiliki resolusi 1440 x 900. Sedangkan layar pada Mi Notebook Air adalah layar dengan resolusi Full HD.

Dari sini bisa kita lihat kalau Mi Notebook Air berkembang mengikuti zaman, sedangkan Apple masih teguh pendiriannya dengan resolusi yang terbilang ketinggalan zaman.

Meskipun begitu, sepertinya reproduksi warna Mi Notebook Air sepertinya masih kalah dengan Macbook Air. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai review yang ada di Youtube tentang perbandingan kedua laptop tersebut dari segi pewarnaan.

 

Hardware

Baik Mi Notebook Air maupun Macbook Air dapat dikatakan sangat mirip jika dilihat dari berbagai aspek.

Macbook Air hadir di pasaran dengan menyediakan pilihan mulai dari penyimpanan SSD 128 hingga 256GB yang bisa di-upgrade hingga 512GB. Untuk prosessornya, Macbook Air menggunakan sebuah prosessor dual core dari Intel yaitu Core i5 dengan kecepatan 1.6 GHz yang didukung dengan RAM sebesar 4GB.

Sedangkan Mi Notebook Air hadir dengan SSD berkapasitas 256GB, prosessor core i5 yang sama dan RAM yang berukuran dua kali lebih besar yakni 8GB.

Satu hal yang menjadikan Mi Notebook Air unggul dari segi spesifikasi hardware adalah pada Mi Notebook Air sudah tertanam sebuah kartu grafis Nvidia GeForce 940MX yang cukup mumpuni untuk memainkan berbagai game sekarang ini.

About The Author

Fahd M. 75
Spidol

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel