Acer E5-475G, Laptop 6 Jutaan dengan Spesifikasi Standar Mendekati High End

26 Sep 2016 13:20 10002 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Laptop yang pas untuk mahasiswa ataupun pengguna rumahan.

Sekarang ini, Laptop adalah sebuah kebutuhan yang tak terpisahkan lagi bagi mereka yang berkecimpung di bidang teknologi ataupun mereka yang sedang menuntut ilmu di perguruan tinggi.

Berbeda dengan laptop gaming, laptop standar yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari selain bermain game tidak harus laptop dengan spesifikasi yang tinggi. Namun umumnya, laptop yang dibutuhkan ini biasanya laptop yang memiliki ukuran yang tidak begitu besar serta ringan dibawa kemana-mana.

Dan satu hal lainnya yang sekaligus penting adalah harganya yang murah atau terjangkau.

Disini saya akan merekomendasikan Acer E5-475g, yaitu sebuah laptop dengan harga 6 jutaan yang bagi saya pribadi memiliki spesifikasi yang cukup baik untuk menunjang kegiatan sehari-hari termasuk bermain game ringan ataupun editing menggunakan program seperti adobe photoshop.

Kenapa saya merekomendasikan laptop ini? Karena jika dilihat dari spesifikasi yang ditawarkan, laptop ini menurut saya memiliki harga yang cukup menggiurkan.

Untuk lebih jelasnya lagi tentang spesifikasi laptop ini, silahkan simak ulasannya berikut ini.

 

Desain

Dengan warna all black menyelimuti semua bagian laptop ini, Acer E5-475g ini memiliki desain yang apa adanya. Sama dengan kebanyakan laptop yang beredar di pasaran, tidak ada hal yang menonjol dari laptop Acer E5-475g yang dapat dijadikan sebuah identitas yang membedakan laptop ini dari laptop lainnyan selain logo Acer yang berada pada bagian belakang monitornya.

Namun memang seperti inilah laptop standar, memiliki tampilan yang standar dan tidak menarik perhatian.

 

Layar & Audio

Layar pada Acer E5-475g memiliki ukuran 14 inch dengan resolusi 1366 x 768. Ukuran layar sebesar ini saya rasa bagi kebanyakan orang adalah ukuran paling standar untuk sebuah laptop. Sedangkan untuk resolusinya, sepertinya 1366 x 768 itu terlalu kecil.

Layar pada Acer E5-475g sendiri ternyata bukanlah layar IPS LCD melainkan layar TFT yang menggunakan teknologi CineCrystal untuk kecerahan yang lebih tinggi.

Walaupun sudah tertebak bahwa layarnya tidak akan menggunakan layar IPS tetap saja jika dibandingkan dengan layar IPS, layar pada laptop Acer E5-475g ini masih kalah dari segi kualitas gambar yang ditampilkan dan refresh rate.

Audio pada laptop ini pun terkesan biasa-biasa saja. Tanpa adanya tambahan dolby ataupun teknologi lainnya yang menjadikan suara yang dihasilkan terdengar enak ditelinga.

 

Prosessor, RAM & Kartu Grafis

Spesifikasi pada laptop Acer E5-475g ini adalah spesifikasi standar untuk sebuah laptop yang dapat melakukan berbagai hal yang umumnya sebuah laptop dapat lakukan.

Acer E5-475g ditenagai oleh sebuah prosessor berinti dua keluaran Intel dengan tipenya adalah Core i5 6200U yang memiliki kecepatan 2.30 GHz.

Untuk RAM-nya sendiri, laptop ini sudah dibekali RAM sebesar 4GB dengan tipe RAM-nya sendiri adalah DDR4 SDRAM yang dapat di-upgrade hingga maksimal 32GB.

Beralih ke kartu grafisnya, Acer E5-475g menggunakan Nvidia GeForce 940MX 2GB, yang walaupun bukan seri GTX, tapi kartu grafis ini mampu melakukan berbagai hal yang bisa dilakukan kartu grafis seri GTX meskipun performanya jauh di bawah kartu grafis seri tersebut.

 

Memori Penyimpanan, Keyboard & Touchpad

HDD bawaan laptop ini adalah HDD berkapasitas 1TB yang kemudian didukung oleh penyimpanan SSD sebesar 128GB.

Sedangkan untuk keyboard dari Acer E5-475g, saya rasa keyboardnya standar-standar saja seperti kebanyakan laptop lainnya. Atau dengan kata lain, keyboard pada laptop ini tidak memiliki backlighting seperti pada kebanyakan laptop gaming.

Touchpadnya pun sedikit sempit untuk tangan pria dewasa. Tapi hal tersebut sepertinya wajar saja karena ukuran laptop ini sendiri tidak begitu besar.

 

Baterai

Acer E5-475g dibekali dengan sebuah baterai Li-Ion berkapasitas 2800 mAh.

Memang untuk sebuah laptop baterai dengan kapasitas 2800 mAh terbilang kecil sehingga banyak yang ragu apakah laptop ini dapat bertahan lama ketika digunakan atau tidak. Perlu diingat kembali bahwa Acer E5-475g menggunakan prosessor seri U dari intel dimana pada umumnya, prosessor kelas U ini tidak menyedot daya baterai terlalu banyak seperti pada kelas lainnya.

Oleh karena itu, walaupun baterainya tidak begitu besar, Anda dapat berharap lebih banyak soal ketahanan laptop ketika laptop menyala.

 

Sistem Operasi, Harga & Kesimpulan

Acer E5-475g hadir dengan sistem operasi yang sudah pre-installed yaitu sistem operasi Windows 10 Home Edition 64-bit. Dengan begitu, jika Anda membeli laptop ini, Anda dapat menganggap bahwa Anda mendapatkan Windows 10 gratis hanya dengan membeli laptop. Hemat jutaan rupiah bukan?

Harga yang ditawarkan untuk laptop ini sendiri adalah 6.9 juta rupiah.

Memang sekilas terlihat cukup mahal, tapi jika Anda mempertimbangkan Windows 10 gratis serta SSD gratis yang sudah terpasang di laptop ini, harga tersebut menurut saya cukup worth.

Acer E5-475g memang bukan laptop kelas menengah ke bawah terbaik yang ada di pasaran. Tapi bagi saya, laptop ini sudah cukup baik untuk sebuah laptop di harga 6.9 jutaan. [FM]

 

 

 

 

About The Author

Fahd M. 75
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel