Aplikasi Buatan Polres Yang Bikin Mudik Tanpa Kemacetan

9 Sep 2016 09:16 1771 Hits 0 Comments
"Kami harap masyarakat aktif mengisi data entri di aplikasi ini. Jadi ke depan masyarakat tidak akan terjebak kemacetan," kata Kakorlantas Polri, Irjen Pol Agung Budi Maryoto

Aplikasi Buatan Polres Yang Bikin Mudik Tanpa Kemacetan

Macet selalu menjadi persoalan saat mudik. Untuk mengatasi persoalan itu Korps Lalu Lintas sering disebut juga Korlantas Mabes Polri telah merilis aplikasi mudik aman dan nyaman tanpa kemacetan

Aplikasi ini dinamakan MOAN. Mabes Polri menghimbau masyarakat yang akan melaksanakan mudik Idul Adha 2016 untuk berpartisipasi aktif dalam memberikan informasi melalui aplikasi MOAN ini.

Aplikasi Buatan Polres Yang Bikin Mudik Tanpa Kemacetan

Dan dimulai dari saat ini kakorlantas meminta kerjasama dengan masyarakat pengguna aplikasi.

"Kami harap masyarakat aktif mengisi data entri di aplikasi ini. Jadi ke depan masyarakat tidak akan terjebak kemacetan," kata Kakorlantas Polri, Irjen Pol Agung Budi Maryoto, pada Kamis (8/9/2016).

Kerjasama dengan masyarakat yang bisa sangat menguntungkan, masyarakat dapat mengunduh aplikasi MOAN di android secara gratis. Kemudian masyarakat dapat memasukkan informasi terkait jadwal keberangkatan mudik, perkiraan jalan yang akan dilalui, serta jenis mobil yang akan digunakan.

Dan setelah semua itu, pihak polri pun akan member solusi terbaik dan dengan begitu, polrantas bisa memperkirakan kepadatan lalu lintas saat itu juga.

Kalian pasti bingung kenapa aplikasi ini dinamakan MOAN ?  Moan adalah singkatan dari Mudik Online Aman dan Nyaman. Di luncurkan nya aplikasi ini adalah untuk menanggulangi musim mudik pada idul adha kali ini yaitu pada senin 12 September 9, 2016

Dengan aplikasi ini semua pihak bisa di untungkan, seperti masyarakat menjadi nyaman saat mudik dan berkendara, dan pihak polri  juga bisa memantau bagaimana kepadatan lalu lintas dengan cepat.

Selain aplikasi moal, ada juga aplikasi untuk memantau jalur yang dituju saat mudik.

Seperti Google maps dan juga jika anda ingin lebih detail anda bisa memakai aplikasi WAZE. Ya memang sudah banyak aplikasi – aplikasi yang seperti itu dan silakan anda coba sendiri saja.

Ada tips dan trik buat mudik agar nyaman dan aman seperti berikut :

1. Perhatikan Barang Bawaan anda

Sebagai manusia, kita memang tidak luput dari kesalahan apalagi Lupa. Maka dari itu sehari atau dua hari sebelum berangkat mudik anda bisa mempersiapkan barang bawaan anda dengan santai dan tidak tergesa – gesa.

2. Cek Kondisi Kendaraan

Kendaraan adalah hal yang paling penting disaat mudik, karna jikalau ada masalah dengan kendaraan bisa menyebabkan kejadian yang tidak di ingin kan. Makanya kondisi kendaraan harus dalam layar pakai dan lebih baik sih dengan kondisi lebih dari optimal tentunya.

3. Pastikan seluruh perlengkapan kendaraan tersedia

Kenapa perlengkapan harus tersedia,? Karena jika kita mengalami bocor ban atau apalah dan keadaan kita jauh dari bengkel dan sejenis nya. Kita bisa memperbaikinya sendiri.

4. Kotak P3K

Nah yang satu ini tidak kalah penting dari yang lain, karna jika kita terluka bisa di berikan pertolongan pertama dengan cepat dan bisa di tangani ke RS jika perlu.

 

Sekian artikel dari saya, terimakasih telah menyempatkan waktu untuk membaca ‘Q’

Tags

About The Author

RIkhwatul Ikhsan 22
Novice
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel