7 Legenda Paling Terkenal asal Irlandia

3 Mar 2016 15:00 12548 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ketujuh legenda ini kental dengan nuansa sihir dan mistis.

Sejarah di Irlandia dipenuhi dengan berbagai mitologi kuno serta cerita rakyat yang mungkin bagi Anda para pecinta hal-hal mistis atau gaib sebagai hal yang menarik.

Hal menarik ini dikarenakan masyarakat terdahulu di Irlandia, yaitu Druids dan Celtics, memiliki kepercayaan terhadap kekuatan supernatural yang kita kenal sebagai sihir.

Di bawah ini adalah 7 legenda yang menurut orang-orang Irlandia paling dikenal di negara di benua Eropa tersebut.

 

1. Shamrock

Sebuah tanaman hijau dengan tiga helai daunnya ini adalah sebuah simbol tidak resmi dari negara Irlandia. Selain itu tanaman Shamrock ini dikenal sebagai pembawa keberuntungan.

Di zaman dahulu ketika Druids masih banyak di Irlandia, tanaman Shamrock bahkan dipercaya sebagai tanaman suci yang dapat menangkal roh-roh jahat.

Kemudian para Celtics percaya bahwa tanaman Shamrock memiliki kekuatan mistis dikarenakan tiga helai daun yang dimiliki tanaman tersebut. Karena bagi kaum Celtics, angka tiga adalah angka yang sakral.

 

2. Peri

Mungkin tidak hanya di Irlandia saja mitos tentang peri itu Ada. Namun, yang menjadikan peri spesial di Irlandia ini adalah karena Peri dianggap sebagai makhluk yang benar-benar hidup, dimana mereka mengubah wujudnya menjadi apapun yang mereka inginkan termasuk manusia.

Di Irlandia, peri dianggap sebagai makhluk yang cantik, kuat dan sangat menggoda. Dan dari situlah, peri di Irlandia dianggap sebagai makhluk yang membawa kesialan kepada manusia yang dekat dengan mereka.

 

3. Leprechauns

Makhluk yang satu ini mungkin adalah salah satu jenis peri yang paling dikenal di Irlandia sejak zaman medieval. Menurut legenda setempat, leprechauns adalah peri yang biasanya berwujud seperti kakek-kakek berpakaian serba hijau serta memiliki tubuh seperti anak-anak.

Legenda menceritakan bahwa leprechauns ini adalah makhluk pengumpul emas pembawa rezeki. Disebut pembawa rezeki disini bukan karena leprechauns memberikan emas kepada siapapun orang yang bertemu dengannya, melainkan leprechauns akan mengabulkan tiga permintaan kepada siapapun yang berhasil menemukan dan menangkap mereka.

 

4. Changelings

Menurut legenda, Changelings adalah sebuah anak peri yang memiliki kondisi jauh berbeda dengan peri pada umumnya. Karena tidak suka melihat anak yang tidak mirip peri, maka peri yang melahirkan peri yang disebut sebagai Changeling tersebut kemudian pergi ke dunia manusia untuk kemudian menukarkan anaknya yang wujudnya sudah diganti mirip manusia dengan anak manusia lainnya yang memilik paras menawan.

Walaupun changeling tersebut mirip dengan manusia, mereka ternyata memiliki emosi yang berbeda dengan manusia. Contohnya, mereka hanya dapat berbahagia ketika sebuah kesialan atau malapetaka jatuh terhadap keluarga yang mengurusnya.

Legenda tentang changeling ini populer hingga beratus-ratus tahun. Salah satu kepopulerannya pun dibuktikan dengan diceritakannya kembali legenda changeling ini pada sebuah karya dari William Shakespeare berjudul “A Midsummer’s Night Dream.”

Tags Unik

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel