5 Hal Sederhana Untuk Mencegah Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

3 Jan 2016 09:02 10331 Hits 2 Comments
Minuman beralkohol merupakan musuh yang harus kita berantas.

Maraknya penjual dan penikmat minuman keras yang terus meningkat setiap tahunnya membuat pemerintah kini bersikap lebih tegas lagi untuk memberikan efek jera bagi penjual ataupun penikmat minuman keras. Tidak tanggung-tanggung untuk membui produsen minimal 2 tahun dan maksimal 10 tahun dengan denda 200 juta hingga 1 milyar dan bagi para konsumen dibui minimal 3 bulan dan maksimal 2 tahun dengan denda Rp 10 sampai 50 juta. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Gerakan Anti Miras (GeNAM) pada tahun 2014 jumlah pekonsumsi narkoba meningkat drastis menyentuh angka 23%.

Perlu kita ketahui, alkohol atau bisa disebut jengan etanol merupakan senyawa organik yang terikat pada atom karbon dan juga atom hidrogen. Alkohol memiliki sifat mudah terbakar dan mudah larut. Maka dari itu alkohol biasa digunakan untuk bahan bakar kendaraan karena memiliki siat mudah terbakar dan juga sebagai bahan antibeku pada radiator.

Berikut ini hal yang perlu diketahui agar kita terhindar dari mengkonsumsi minuman beralkohol :

1. Alkohol mempunyai sifat mudah terbakar, karena sifatnya ini akan merusak organ dalam manusia bila kita mengkonsumsinya terus menerus.

2. Minuman beralkohol dapat menyebabkan mabuk yang akan berimbas kepada gagalnya sistem pernapasan manusia dan bisa mengakibatkan kematian.

3. Mengonsumsi minuman beralkohol cenderung akan membuat sikap si peminum menjadi berubah semakin tidak terkendali dan dapat menimbulkan tindakan kriminal seperti pembunuhan.

4. Mengkonsumsi secara terus menerus akan mengakibatkan kecanduan dalam jangka panjang dan susah untuk menyembuhkannya.

5. Membuat seseorang bertindak kriminal seperti mencopet ataupun mencuri demi untuk dapat membeli minuman beralkohol.

5 hal tersebut harus kita dalami dan pikirkan secara betul-betul supaya kita sadar tentang bahayanya Minuman yang mengandung Alkohol yang dapat membahayakan bagi tubuh. Kalau ada kerbakat kita yang kecanduan/sikapnya berubah menjadi aneh segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Jangan sampai kita terlambat untuk memeriksanya.

Bila kita sayang pada tubuh kita, jauhilah miras dan narkoba demi masa depan kita sendiri terutama yang masih remaja. Kita adalah generasi penerus bangsa. SAY NO TO DRUGS!

 

[fff]

Tags

About The Author

Fikri Firman F 40
Ordinary

Fikri Firman F

Seorang yang menyukai gadget serta digital grafis, main game, dan musik. Saat ini masih menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi Prodi Teknik Informatika UMP (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel