Menelusuri Manfaat Dan Efek Samping Si Petai

1 Jan 2016 23:16 13567 Hits 0 Comments
Dibalik baunya yang menyengat tersimpan banyak manfaat daripada petai.

Ketika mendengar kata Petai spontan kita akan memikirkan baunya yang sangat menyengat bila sudah dimakan mulut kita akan terasa bau dan otomatis kita pun tidak percaya diri untuk mengobrol dengan seseorang. Tuhan itu adil disamping baunya ada banyak manfaatnya tetapi juga ada efek sampingnya.

Namun, dibalik baunya Petai ini banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh karena petai mengandung Vitamin A, Vitamin C, Zat Besi, Kalium, Protein dan Karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Seperti Vitamin A berguna sebagai menyehatkan mata kita, Vitamin C berguna sebagai Antioksidan, menyehatkan gigi dan membentuk sel darah merah, Zat Besi berguna sebagai pembentukan hemoglobin yang berperan sebagai penyalur oksigen ke seluruh tubuh serta sel darah merah, Protein berguna sebagai pembentukan kekuatan bagi tubuh kita, Karbohidrat berguna sebagai sumber tenaga bagim tubuh kita.

Tidak hanya itu petai juga mempunyai manfaat untuk menghilangkan depresi, karena petai mengandung Trytopan yang berguna untuk meningkatkan mood seseorang. Manfaat lain petai adalah mengatasi Anemia, Pencernaan, darah tinggi dan bagi wanita yang sedang mengalami PMS cocok sekali untuk mengkonsumsi petai karena peran petai disini juga dapat mengontrol kadar gula di dalam darah.

Dibalik manfaatnya ada juga efek sampingnya dan juga tidak dianjurkan untuk yang mempunyai masalah pada ginjalnya karena petai mengandung asam amino yang tidak baik bagi penderita penyakit ginjal. Kadang kalau kita memakan banyak petai perut kita akan merasa tidak enak. Petai juga dapat menimbulkan sakit kepala ataupun mual-mual untuk orang yang tidak tahan terhadap bau yang menyengat.

Maka dari itu kita harus dapat mengatur pola makanan kita memakan petai dibarengin dengan nasi itu akan sedikit mengurangi asam amino yang terkandung pada petai. Sebanyak apapun manfaatnya kalau kita mengkonsumsi secara berlebihan itu akan tidak baik hasilnya.

Bagaimana plimbers masih tertarikah untuk mengkonsumsi petai ?

Tags

About The Author

Fikri Firman F 40
Ordinary

Fikri Firman F

Seorang yang menyukai gadget serta digital grafis, main game, dan musik. Saat ini masih menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi Prodi Teknik Informatika UMP (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel