Orang Jepang Tidak Bisa Membaca Tulisan ini

12 Nov 2015 11:30 16329 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Di Jepang, topik soal tulisan ini sedang ramai diperbincangkan.

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang di era sekarang ini sangat dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia.

Tapi ternyata, kecil kemungkinan kita untuk menemukan seseorang yang bisa bahasa Inggris di Jepang. Hal ini dikarenakan suatu fakta bahwa bahasa Inggris adalah sebuah bahasa yang sulit bagi orang Jepang.

Banyak alasan yang mereka ungkapkan untuk tidak belajar bahasa Inggris; ada yang bilang menggunakan bahasa Jepang adalah sebuah kebanggaan sehingga mereka tidak perlu bahasa lain, dan ada juga yang bilang bahwa bahasa Inggris itu tidak menarik.

Pada tahun 1998 atau tepatnya 17 tahun yang lalu, sebuah jenis huruf telah ditemukan. Jenis huruf ini sangat mustahil bagi orang asli Jepang yang memang sudah belajar bahasa Jepang dari sejak kecil, bahkan jenis huruf tersebut masih mustahil dibaca bagi orang-orang Jepang yang memang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua mereka.

Nama jenis huruf yang mustahil dibaca orang Jepang tersebut bernama electroharmonix.

Bagi mereka orang non-Jepang yang mempelajari bahasa Jepang, mungkin mampu mengenali kata-kata yang terbentuk dari jenis huruf ini. Selain itu mereka juga pasti tahu kenapa jenis huruf ini mustahil dibaca oleh orang-orang Jepang yang menggunakan bahasa Jepang sebagai bahasa utama.

Walaupun huruf ini memang diciptakan 17 tahun yang lalu, sebuah kalimat yang tersusun dari huruf-huruf electroharmonix ini mulai ramai di situs-situs Jepang baru beberapa hari ini.

Saking populernya, topik ini sampai diangkat menjadi sebuah topik di video seorang pengguna YouTube bernama ThatJapaneseManYuta.

Dalam videonya, ia menjelaskan bahwa huruf-huruf yang muncul pada tulisan tersebut memiliki kemiripan dengan suku kata yang ada pada huruf katakana. Oleh karena itu, ketika ia membaca tulisan yang ada pada gambar di bawah ini, ia tidak dapat berfokus pada tulisan yang ternyata adalah tulisan dengan huruf latin yang kata-katanya sendiri adalah bahasa Inggris.

Jika Anda yang bukanlah orang Jepang tapi memang sudah familiar dengan huruf katakana, mungkin Anda juga akan bersimpati dengan Yuta. Jika Anda tidak percaya bahwa tulisan di atas itu membingungkan bagi mereka yang belajar bahasa Jepang atau mustahil dibaca bagi mereka yang berasal dari Jepang, mungkin Anda bisa coba perlihatkan tulisan pada gambar di atas kepada mereka.

Selain jenis huruf electroharmonix, ternyata ada juga jenis huruf lainnya yang menggunakan bentuk huruf-huruf Jepang untuk membentuk huruf-huruf yang memiliki kemiripan dengan huruf-huruf latin seperti pada gambar di bawah ini.

Jika Anda tidak lahir di Jepang atau lebih spesifiknya tidak tumbuh besar dengan setiap harinya belajar bahasa Jepang, Anda mungkin akan dengan mudah memecahkan tulisan-tulisan pada gambar di atas. Namun, jika kita terus memperhatikan huruf-huruf tersebut, lama-kelamaan huruf tersebut juga jadi membingungkan bagi kita. Coba saja! [FM]

 

source: YouTube 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel