ini nih tips buat terhindar dari lowongan kerja palsu

2 Oct 2015 11:09 4113 Hits 0 Comments
penipuan lowongan pekerjaan yang mengatasnamakan perusahaan - perusahaan besar berkedok tour and travel

Semakin berkembangnya teknologi semakin maraknya pula aksi kejahatan yang menyertainya. internet ibarat dua sisi uang, memberi maanfaat dan merugikan hal ini bergantung dengan bagaimana kita menyikapi dalam menggunakanya. sebelum internet berkembang dengan pesat seperti saat ini, para pencari kerja (jobseeker) mencari informasi tentang berbagai macam lowongan pekerjaaan pada media cetak (koran) nasional berbeda dengan saat ini. para pencari kerja umumnya lebih memilih mendatangi job fair yang di selenggarakan atau mencari lewat media online.

ada banyak media online yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan, ini tentunya memudahkan bagi para pencari kerja untuk memilih jenis pekerjaan sesuai kompetensi yang mereka miliki. kemudahan ini tentunya tak lepas dari permasalahan. ketika para pencari kerja menemukan pekerjaan dari sebuah perusahaan besar dengan gaji besar yang di tawarkan tentunya para pencari kerja ini akan langsung tertarik untuk mencoba mendapatkan lowongan pekerjaan tersebut. sayangnya, kebanyakan dari para pencari kerja ini kurang cermat dan seksama dalam memperhatikan surel email yang di cantumkan oleh pembuat lowongan pekerjaan.

Dalam mencari pekerjaan lewat media online perhatikan hal – hal sebagai berikut

1. Email Perusahaan

ini adalah salah satu contoh bentuk penipuan lowongan kerja yang mengatas namakan PT. DJARUM Tbk. coba perhatikan alamat email yang tersedia recruit.djarum@dr.com , akhiran @dr.com jika kita cermati tentunya sangat aneh di miliki oleh perusahaan besar seperti djarum memakai domain gratis. Perusahaan sebesar djarum seharusnya memiliki domain alamat email sperti nama perusahaannya. jika memang lowongan tersebut berasal dari PT. DJARUM Tbk seharusnya alamat email tersebut berakhiran @djarum.com

ini nih tips buat terhindar dari lowongan kerja palsu

sebenarnya bukan hanya @dr.com saja yang di gunakan dalam proses penipuan berkedok lowongan pekerjaan ini, masih banyak lagi mulai dari @asia, @usa.com, @post.com, @gmail dan masih banyak lainya. Sebenarnya tidak semua lowongan kerja yang mencantumkan @gmail itu penipuan, biasanya perusahaan kecil masih menggunakan domain gratis seperti @gmail.com namun tetap saja masih ada sebagian yang melakukan penipuan dengan menggunakan domain tersebut.

2. Perhatikan Email Panggilan Interview

Para pencari kerja di harapkan lebih mawas diri lagi. Jikapun mendapatkan email dari ‘Manager HRD’ harus benar - benar mencermati isi dari email tersebut.

ini nih tips buat terhindar dari lowongan kerja palsu

Perhatikan kop surat, terlihat lebay untuk perusahaan sekelas djarum bukan ?, logo yang di pakaipun tidak sesuai dengan logo yang asli. Dimana logo PT. DJARUM Tbk seharusnya bersebelahan dengan tulisan djarum. Belum lagi penataan word yang tidak rapi, lihat dari paragraf pertama dan kedua tidak menggunakan justify. Wajarkah perusahaan besar memiliki pegawai yang tidak bisa menata dokumen dengan rapi ?

3. Jangan mau mentransfer sejumlah uang

penipuan lowongan pekerjaan ini sering menggunakan kedok biaya jasa travel untuk proses interview. sejumlah pencari kerja biasanya akan di mintai transfer sejumlah uang melakukan reservasi pada tour and travel tertentu dan di batasi waktu dalam proses resevasinya (kurang dari 24 jam dari email di kirim). 

ini nih tips buat terhindar dari lowongan kerja palsu

Jika memang ada proses interview di luar kota kenapa di paksakan menggunakan tour dan travel tersebut ? para pencari kerja seharusnya bisa di berikan kebebasan memilih angkutan mereka menuju tempat interview. Jumlah biaya Rp 3.270.000 terlalu besar untuk di gunakan sebagai biaya transportasi semarang – jakarta (dalam kasus saya).

4. Cek lowongan kerja pada web resmi perusahaan

Perusahaan – perusahaan besar biasanya mencantumkan lowongan pekerjaan pada website pribadi mereka. Biasanya lowongan tersebut akan tersedia pada kolom karir. Misal : djarum.com/work/career-opportunities/

untuk para para pencari kerja yuk cermati lagi ketika ingin melamar pekerjaan secara online. Jika menemukan lowongan pekerjaan pada situs lowongan kerja jangan langsung percaya ya. Coba cek kebenaran adanya lowongan tersebut lewat website pribadi perusahaan. jangan sampai keinginan untuk dapat bekerja di perusahaan impian malah berujung kekecewaan. Terus berusaha dan jangan menyerah untuk mendapatkan pekerjaan impian.

 

Tags

About The Author

Neni Isnaini 19
Novice

Neni Isnaini

suka segala fiksi bermacam genre.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel