5 Gadget Canggih Terjangkau Untuk Anak

11 Sep 2015 15:10 3108 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Gadget berikut ini adalah sarana hiburan dan belajar anak.

Di era modern ini, perkembangan teknologi sudah mencapai titik yang harus diberikan perhatian penuh. Buktinya, banyak orang tua yang merasa khawatir dengan para buah hatinya yang terlalu banyak menghabiskan waktu secara online; baik menggunakan smartphone, tablet ataupun komputer.

Meskipun begitu, belajar ilmu programming mungkin menjadi salah satu keahlian yang anak-anak Anda butuhkan di masa depannya.

Jadi, daripada mengambil dan melarang kehadiran teknologi dari kehidupan mereka, lebih baik dukung mereka dengan cara menyediakan gadget-gadget pintar yang dapat membantu anak untuk meningkatkan keahlian programming mereka. Tentunya dengan dukungan lainnya berupa lingkungan yang aman untuk mereka bermain, berkembang dan mengeksplorasi.

5 Gadget pintar di bawah ini dapat membantu untuk membentuk dan membekali anak Anda dengan bahasa pemrograman dan keahlian dasar lain yang mungkin akan sangat berguna bagi masa depan si anak.

Jadi bagi Anda, orang tua, yang tidak ingin anaknya gagap teknologi (gaptek) dan tidak ingin terkontaminasi oleh efek negatif dari perkembangan teknologi, berikut adalah berbagai gadget pintar yang aman dan memiliki nilai edukasi.

 

1. Sphero 2.0

5 Gadget Canggih Terjangkau Untuk Anak

Merupakan sebuah mainan unik berbentuk seperti bola yang dapat dikendalikan menggunakan smartphone Anda. Robot berbentuk bola yang dinamakan Sphero ini diciptakan dan dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama Orbotix.

Memang tidak ada yang begitu spesial di robot berbentuk bola ini. Namun, jika Sphero 2.0 dipasangkan dengan aplikasi augmented reality, Anda dapat merubah bola yang terlihat di layar smartphone Anda menjadi tokoh animasi seperti hewan peliharaan yang dapat diperintahkan untuk melakukan sesuatu.

Sphero 2.0 masuk ke dalam salah satu gadget edukasi karena bola robot canggih ini dapat mengajarkan anak-anak ilmu matematika dan programming dengan cara yang lebih menyenangkan dibandingkan belajar di kelas.

Bola ini dapat bergerak sejauh 213cm/detik dan pengendaliannya dapat menggunakan dua mode, yakni mode “touch” dimana pengguna menggerakkan Sphero dengan menyentuh layar smartphone. Dan mode satu lagi adalah mode “tilt” yang memungkinkan pengguna untuk mengendalikan sphero dengan memiring-miringkan smartphonenya.

Di Indonesia, Sphero 2.0 dijual dengan harga antara 1,500,000 rupiah hingga 1,700,000 rupiah. Anda dapat menemukan gadget ini di pusat-pusat perbelanjaan elektronik terkemuka di kota Anda, atau di toko-toko elektronik online terpercaya.

 

2. Samsung Galaxy Tab 3 Kids

5 Gadget Canggih Terjangkau Untuk Anak

Gadget ini merupakan sebuah perangkat Android keluaran samsung dengan layar berukuran 7 inch. Dari namanya saja sudah dapat kita lihat bahwa tabtlet ini diperuntukkan anak-anak.

Tablet Samsung untuk anak-anak ini, memiliki banyak fitur pembatas dan pengendali yang dapat diaktivasi oleh orang tua. Seperti berapa lama sang anak dapat menggunakan tablet ini, dan aplikasi apa saja yang dapat diakses oleh anak tersebut.

Selain itu, pengaturan password untuk lebih menjamin keamanan anak dalam bereksplorasi di dunia digital juga tersemat dalam tablet besutan Samsung ini. Seperti kebanyakan tablet pada umumnya, Samsung Galaxy Tab 3 Kids juga memiliki kamera yang terletak di belakang dan di depan perangkat Android tersebut. Memori tempat penyimpanan pun dapat diperluas dengan adanya slot untuk memori eksternal.

Harga tablet ini pada tahun 2015 masih cukup mahal, yakni masih di kisaran 3,3 juta rupiah. Tapi, jika dibandingkan dengan harga ketika pertama kali kemunculannya pada akhir tahun 2013 yang lalu, harga tablet ini sudah turun sekitar 1,3 juta rupiah.

 

3. Nabi 2

5 Gadget Canggih Terjangkau Untuk Anak

Jika Anda berpikir bahwa Samsung Galaxy Tab 3 Kids terlalu mahal, tablet berikut ini dapat menjadi alternatifnya.

Tablet Nabi 2 memang didesain khusus bagi anak-anak. Hal ini terlihat dari bodynya yang terbuat dari silikon yang biasa digunakan pada mainan bayi dan balita, sehingga aman untuk bagi para balita yang masih suka menggigit sesuatu.

Selain itu bemper dari tablet ini didesain untuk melindunginya dari benturan, yaitu sebuah hal yang umum terjadi ketika anak-anak menggunakan tablet dan smartphone.

Yang menarik dari alat ini adalah tampilan antarmuka dengan ikon-ikonnya yang besar serta fungsi parental control dan fungsi utamanya yaitu untuk belajar.

Dengan fungsi yang tidak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy Tab 3 Kids, tablet ini memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan tablet Samsung, yakni di bawah 2.5 juta rupiah.

 

4. Kano

5 Gadget Canggih Terjangkau Untuk Anak

Adalah sebuah komputer yang fungsinya untuk mengajari anak-anak pemrograman. Komputer ini berukuran kecil sebesar ukuran kartu kredit jika dikeluarkan dari case-nya.

Kelebihan dari Kano adalah komputer ini dapat Anda rakit sendiri ketika pertama kali membelinya. Tentunya dengan manual atau buku petunjuk yang mudah dimengerti oleh orang dewasa dan anak-anak.

Terdapat dua manfaat dari perangkat Kano. Yang pertama, merakit komputer dapat mengajari anak Anda untuk merakit komputer serta menambah wawasan tentang komponen apa saja yang membentuk sebuah komputer.

Yang kedua, Kano memiliki program-program yang dapat membantu anak Anda membuat sebuah game dan belajar tentang bagaimana cara coding pada software yang terpasang di dalamnya.

Untuk harganya di tahun 2015, Kano dihargai sekitar 149,99 dollar atau jika dikonversi ke rupiah, harganya mencapai 2.1 juta rupiah.

 

5. MiP

5 Gadget Canggih Terjangkau Untuk Anak

Adalah sebuah robot yang didesain sebagai alat hiburan ketimbang sebagai alat untuk belajar. Robot ini dapat dikendalikan menggunakan perangkat Android dan iOS.

Cara menggunakannya adalah dengan menggambar jalan atau rute yang nantinya akan digunakan sebagai rute yang robot ini akan lewati. Selain itu, robot ini juga dapat mengangkat beban yang cukup berat selama beratnya di bawah berat MiP.

Robot ini pasti menarik bagi anak-anak. Selain karena bentuknya yang mungil dan lucu, robot ini juga dapat menari.

Robot ini tersedia di toko-toko online seperti Amazon dan Ebay dengan harga 131 dollar atau sekitar 1,87 juta (belum termasuk pajak impor dan ongkos kirim).

 

Penutup

Terlepas dari harganya yang di atas satu juta, penulis rasa gadget-gadget canggih yang sudah dijelaskan di atas sangatlah bermanfaat bagi perkembangan anak yang masih berkembang dan belajar; terutama bagi orang tua yang sudah membayangkan anak-anaknya kelak terjun ke dunia IT. [FM]

About The Author

Fahd M. 76
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel