5 Tips Memilih Gadget yang Tepat Sesuai Dana dan Kebutuhan

18 Sep 2016 13:15 5175 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
5 tips terbaik memprioritaskan memilih gadget

Saya pernah galau. Bukan galau karena cinta tetapi galau karena saya bingung ketika saya memiliki uang, saya harus membeli apa? 

Kalau uang saya cukup, barangkali saya akan membeli banyak barang. Tapi keadaannya, uang saya hanya pas untuk membeli satu gadget. 

Waktu itu saya membutuhkan laptop tapi ternyata spesifikasi laptop yang saya butuhkan harganya cukup tinggi. Membeli bekas bukan pilihan bagi saya. 

Berhubung saya juga membutuhkan sebuah smartphone, akhirnya saya lebih memilih smartphone terlebih dulu. Bukan ponsel cerdas yang terlalu mahal tetapi cukup bisa diandalkan ketika saya jalan-jalan atau ada kegiatan blog. 

Kenapa saya tidak membeli smarpthone?  Jawabannya kebutuhan. Saya menunda membeli laptop karena komputer yang saya gunakan juga masih cukup mumpuni. 

Alasan lainnya adalah karena aktivitas saya masih sering di satu tempat. Itu artinya, pilihan saya untuk membeli smarpthone terlebih dulu  adalah pilihan tepat. 

Saya bisa menabung lagi untuk membeli laptop. Itupun jika memang saya bemar-benar membutuhkannya. 

Lalu, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga sama seperti saya? Pernah galau dalam menentukan gadget apa yang ingin Anda beli? Nah,, saya punya sedikit tips berdasarkan apa yang saya alami. 

Tips ini mungkin tidak berlaku bagi semua orang, terutama orang yang kelebihan dana sehingga mampu membeli apa saja. Tips ini diperuntukan untuk mereka yang terbatas dana dalam memilih gadget sebagai prioritas yang perlu dibeli.

Berikut tipsnya.

 

1. Belilah Smartphone Mumpuni Jika Anda Bergantung Aplikasi!

5 Tips Memilih Gadget yang Tepat Sesuai Dana dan Kebutuhan

Anda mungkin sekarang memiliki smartphone di tangan Anda. Tetapi, Anda ingin menggantinya dengan ponsel cerdas terbaru karena yang sekarang Anda gunakan dirasa sudah ketinggalan zaman atau leletnya minta ampun. 

Tips dari saya adalah segera Anda membeli smartphone. Tidak perlu mahal seperti Galaxy S5 atauu sekelasnya. Anda cukup membeli smartphone harga Rp 2 sampai 4 juta. 

Saya menyarankan Anda memilih smartphone dari Asus (Zenfone 5 atau Zenfone2), Xiaomi, atau smartphone OnePlus One.  Smartphone  yang saya sebuthkan sangat cocok untuk Anda yang selalu bergantung aplikasi, termasuk bermain games. 

Smartphone tersebut sudah cukup mumpuni jika Anda orang yang sering menggunakan banyak aplikasi. Anda para pekerja media sosial, blogger, atau traveller, memilih smartphone bisa jadi kebutuhan utama terlebih dulu sebelum Anda membeli gadget lainnya. 

Itu artinya, bagi Anda yang senang chating, senang membuat video ringkas, senang foto-foto makanan, atau orang yang sering berpegian, maka smartphone denngan spesifikasi cukup mumpuni wajib Anda punya. 

 


2 Belilah Tablet Jika Anda Sering Presentasi!

Jika aktivias Anda sering melakukan presentasi di depan publik, maka pilihan terbaik membeli tablet. Belilah tablet dengan harga kisaran 2 sampai 4 juta saja. Jika memang memungkinkan, Anda malah bisa membeli smartphone harga Rp 2 dan tablet Rp 2 juta. 

Prioritas untuk membeli tablet ini harus Anda lakukan ketika situasinya memang Anda sering keluar. Anda sering presentasi dengan klien. Anda pegawai marketing. Atau siapapun Anda yang memang membuthkan perangkat ini untuk berbagai keperluan. 

Untuk Anda yang senang bermain games dengan layar lebih luas, tentu tablet adalah pilihannya. Hanya saja perlu diingat, tablet sangat tidak cocok untuk Anda yang senang berfoto meningat umumnya tablet jarang dibekali kamera yang mumpuni. 

 


3. Belilah Laptop Jika Anda Senang Bekerja Dimana Saja! 

Kalau Anda masih punya smarpthone yang terbilang masih cukup baik untuk chat, telepon, sms, maka urungkan untuk membeli smartphone. 

Pilihlah untuk membeli laptop dengan harga kisaran 3 sampai 5 juta. Laptop dengan harga tersebut sangat cocok untuk Anda yang bekerja dimana saja seperti penulis. 

Beda cerita untuk Anda yang seorang desainer atau progammer. Anda mungkin membutuhkan spesifikasi laptop yang lebih tinggi sehingga dana yang dibutuhkan berada di kisaran  6-jutaan keatas. 

Jika dana Anda masih terbatas, tidak ada salahnya Anda untuk menabung dulu dan jangan tergoda untuk membeli gadget lainnya. 

 


4. Belilah Perangkat Hybrid untuk Anda dengan Mobilitas Tinggi!

Jika situasinya Anda adalah seorang yang sering berpergian, harus presentasi, tetapi juga harus membuat laporan, tidak ada salahnya bagi Anda untuk membeli perangkat hybrid atau perangkat 2 in 1.

Perangka t hybrid saat ini memungkinkan Anda untuk mengubah mode laptop dan tablet. Anda bisa mengetik laporan, mengerjakan tulisan, mendesain, edit foto menggunakan mode laptop. Anda pun bisa melakukan aktivitas lainnya dengan mode tablet. 

Tentu saja pilihan memberi perangkat hybrid ini lebih baik ketimbang Anda membawa dua perangkat, laptop dan tablet. 

Anda juga tidak perlu takut soal harga perangkat hybrid. Beberapa produsen menghadirkan perangkat hybrid mulai dari harga Rp 4 jutaan. Jika Anda membutuhkan yang lebih mumpuni, memilih perangkat Rp 8 juta ketas tentunya lebih baik. 


5. Belilah Smartwatch atau Action Camera untuk Anda yang Sporty! 

5 Tips Memilih Gadget yang Tepat Sesuai Dana dan Kebutuhan

Saat ini, smartwatch dan action camera cukup menarik perhatian. Tapi, bukan berarti Anda butuh perangkat ini. 

Perangkat seperti smartwatch atau action camera adalah perangkat yang bisa saya katakan sebagai action gadget. Perangkat semacam ini sebaiknya Anda beli setelah Anda memiliki gadget utama. 

Lagipula,  gadget semacam smartwatch dan action camera lebih cocok digunakan untuk yang sporty. Mereka yang sering berolahraga tentu smartwatch bisa dipilih. Untuk yang suka naik gunung, berselancar, bersepeda, tentu action camera bisa jadi perangka menarik untuk Anda. 

Jika Anda jarang berpergian, memiliki komputer di rumah juga sudah cukup. Anda tidak perlu memiliki second gadget, jika aktivitas Anda lebih sering di rumah. Sebuah smartphone mumpuni dan komputer spek tinggi tentu sudah cukup. 

Untuk yang aktivitas komputasi ringan, saya menyarankan Anda untuk membeli komputer mini semacam Intel Compute Stick, Asus Vivo Mini, dan produk lain yang sejenis. 


Itulah tips dari saya untuk Anda yang ingin membeli perangkat sesuai kebutuhan. Tentunya, Anda juga bisa improvisasi sendiri sesuai kebutuhan. Misalnya ketika Anda sudah memiliki  smarrtphone, tidak ada salahnya kemudian Anda menabung untuk membeli perangkat lain. 

Tags

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel