Hemat pemakaian data dengan Tips berikut ini

12 Jul 2015 13:04 3221 Hits 0 Comments
Data internet pada smartphone android memang sulit diprediksi. Banyak nya kuota internet yang habis terpakai karena beberapa aplikasi yang berjalan di background. Belum lagi dengan proses dan jejaring sosial yang juga memakan penggunaan data besar sebenarnya juga perlu diperhatikan.

Data internet pada smartphone android memang sulit diprediksi. Banyak nya kuota internet yang habis terpakai karena beberapa aplikasi yang berjalan di background. Belum lagi dengan proses dan jejaring sosial yang juga memakan penggunaan data besar sebenarnya juga perlu diperhatikan.

Untungnya, Google menyediakan batch untuk pengguna Android yang berguna untuk mengatur lalu lintas data internet serta menyediakan berbagai fitur ini pada Custom ROM di Masing â masing produsen.

Jadi jika Anda sudah merasa gerah karena biaya berlebihan dari operator Anda, atau hanya berharap untuk memberikan kontrol yang lebih ketat atas penggunaan data Anda, simak beberapa Tips untuk menjaga data koneksi  anda yang cukup sederhana dan mudah di aplikasikan menurut laman Phonearena berikut ini.

Gunakan Chrome Data Saver

Fitur ini tersedia pada pengaturan di chrome anda dan menjadi salah satu fitur yang cukup berguna, fitur ini akan memberitahu browser anda untuk memperkecil dan mengkompres semua lalu lintas data yang masuk sehingga akan mengurangi jumlah data yang di unduh kedalam ponsel anda ketika anda sedang berselancar. Fitur ini tidak akan mengurangi pengalaman anda berselancar di dunia maya. Fitur ini juga akan âmencukurâ  jumlah pemakaian data anda, membiarkan Anda mendapatkan tambahan megabyte (atau gigabyte) untuk digunakan. Untuk mengaktifkannya, anda hanyaperlu  pergi ke pengaturan Chrome, gulir sampai Anda menemukan data Saver, dan mengaktifkan fitur tersebut.

Nonaktifkan pilihan sync  Akun Anda yang tidak perlu

Menonaktifkan fitur sinkronisasi akun yang tidak perlu adalah sebuah cara jitu untuk menekan pemakaian data internet dan juga tentunya pemakaian baterai. Anda hanya tinggal pergi ke menu setting, dan pergi ke akun anda yg tersingkronisasi, contihnya akun google, akun ini dirasa tidak terlalu penting mengingat calendar dan dokumen yang tersinkron di cloud cukup membuat banyak data terbuang. Disable sinkronisasi akun tersebut dan anda akan nyaman dengan aket data yang cukup utuh dan awet.

Batasi Update Apps ke Wifi Only

Yang satu ini cukup jelas, tidak menggunakan data koneksi anda untuk mengunduh setiap update aplikasi di smartphone anda. Pasalnya, anda tidak perlu terburu-buru untuk melakukan update apss dan sebenarnya hal tersebut akan lebih cepat bila menggunakan jaringan WiFi. Anda hanya perlu masuk ke google play, kemudian masuk ke menu setting dan pilih âDo not auto-update appsâ.

Simpan Peta Untuk Penggunaan Offline

tips ini ditujukan untuk anda yangsedang melakukan perjalanan, Download seluruh data pada peta yang anda gunakan di google maps sebelum anda pergi âberpetualangâ, cara nya cukup mudah, anda hanya perlu membuka google maps pada smartphone anda kemudian ketik lokasi yang ingin anda tuju, ketika anda mendapatkan hasil arahan petunjuk nya, tekan dan  cari pilihan âSave Offline Mapsâ dan anda akan menikmati peta tersebut dalam keadaan offline. 

Demikian beberapa tips untuk menghemat penggunaan data seperti dilansir dari laman Phonearena semoga bermanfaat, (Rie)

Tags

About The Author

Juanda san 54
Expert

Juanda san

Writer and blogger
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel