Hal yang Harus Diketahui Tentang Pengamanan Akun Twitter Anda

27 Dec 2012 17:00 6398 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Akun Twitter adalah target empuk bagi *scammer* dan distributor malware. Setelah seseorang mengkompromi akun Anda, mereka dapat mengirim *tweet* dengan link untuk penipuan dan malware, membombardir *followers*. Perkuat akun Twitter Anda dan cegah dari penggunaan untuk menyerang *followers* dengan tips berikut ini.

Akun Twitter adalah target empuk bagi scammer dan distributor malware. Setelah seseorang mengkompromi akun Anda, mereka dapat mengirim tweet dengan link untuk penipuan dan malware, membombardir followers. Perkuat akun Twitter Anda dan cegah dari penggunaan untuk menyerang followers dengan tips berikut ini.

Twitter telah meningkatkan keamanan dari waktu ke waktu dengan mengaktifkan HTTPS untuk semua pengguna, namun masih banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengamankan akun Twitter Anda. Sayangnya, Twitter belum menawarkan two-factor authentication, di mana Anda memerlukan dua cara berbeda untuk membuktikan identitas Anda. Sebagai contoh, ketika Anda akan membayar dengan kartu kredit, Anda bukan hanya membutuhkan kartunya, namun juga sebuah PIN, tanda tangan, atau sebuah ID.

Kelola Aplikasi Pihak Ketiga

Ketika Anda membiarkan aplikasi pihak ketiga mengakses akun Anda, Twitter mengingatnya dan selalu mengijinkan aplikasi tersebut tersambung untuk selanjutnya. Anda harus memilih aplikasi pihak ketiga yang digunakan dengan hati-hati –beberapa aplikasi meminta ijin untuk mengirimkan tweet dan direct messages. Jika aplikasi tersebut berbahaya atau menjadi dikompromikan di masa depan, ini bisa menggunakan akun Anda untuk mengirim pesan spam.

Untuk mengelola aplikasi yang diijinkan mengakses akun Anda, klik tab Apps pada halaman pengaturan. Gunakan tombol Revoke access untuk menonaktifkan akses untuk aplikasi yang tidak digunakan.

Jangan Menggunakan Password yang Sama

Saran standar untuk menggunakan password yang kuat masih berlaku, tetapi penting untuk diketahui bahwa Anda tidak menggunakan kembali password. Jika Anda menggunakan password yang sama untuk akun Twitter seperti yang Anda lakukan untuk layanan lain, ini akan memungkinkan terjadinya kebocoran keamanan di layanan lain yang nantinya akan dapat mengekspos password dan memberi akses ke akun Anda kepada orang yang berbahaya. Ini bukan hanya masalah teoritis - ada rangkaian panjang kebocoran password pada website sebesar Yahoo!, LinkedIn, dan eHarmony. Banyak orang yang memiliki rekening di berbagai situs dicuri karena mereka menggunakan password yang sudah diketahui oleh umum.

Gunakan URL Expander

Pembatasan karakter pada Twitter berarti bahwa banyak orang menggunakan penyingkat URL seperti bit.ly untuk berbagi URL. Alih-alih melihat link seperti http://badwebsite.biz/scam, Anda malah akan melihat sesuatu seperti http://bit.ly/ABcd. Anda tidak akan mencari tahu kemana link tersebut akan pergi sebelum Anda mengkliknya.

Anda dapat menggunakan URL expander untuk "memanjangkan” URL pendek seperti itu. Ini berfungsi untuk mengungkapkan alamat lengkap dari URL tersebut tanpa mengklik linknya terlebih dahulu. Ada dua jenis URL expander yang dapat Anda gunakan –pertama, berbasis web yang memungkinkan Anda untuk copy-paste link ke sebuah halaman web, atau ekstensi browser yang secara otomatis akan memanjangkan link di Twitter setelah Anda menginstalnya. Salah satunya adalah LongURL yang merupakan URL expander berbasis web.

Waspadailah Phishing

Anda harus mengakses Twitter dengan mengetikkan Twitter.com ke address bar Anda, atau menggunakan bookmark selain mengklik link pada halaman web lainnya. Pastikan bahwa address bar menyebutkan Twitter.com, bukan yang lain, misalnya Twitter.com.ru.

Jika tiba-tiba Anda melihat halaman login Twitter setelah mengklik sebuah link pada Twitter - atau dimanapun di web jangan ketikkan password Anda. Pastikan bahwa Anda benar-benar di Twitter.com.

Batasi Mereset Password

Twitter memungkinkan setiap orang untuk melakukan reset password hanya dengan memasukkan username saja. Anda akan menerima email reset password jika hal ini terjadi. Jika tanpa sengaja Anda mengklik link dalam email, password Anda akan diatur ulang. Untuk mengunci fitur ini, buka halaman pengaturan Twitter Anda.

Gulir ke bawah ke bagian bawah halaman dan beri tAnda centang pada kotak Require personal information to reset my password, yang terletak di sebelah kanan Password reset. Anda harus memasukkan alamat email atau nomor telepon untuk mulai mereset password.

Tingkatkan Keamanan Browser dan Komputer Anda

Dengan asumsi bahwa Anda mengakses Twitter dari web browser pada komputer Anda, meningkatkan keamanan browser akan memungkinkan Anda untuk mengklik link di-tweet tanpa khawatir. Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan:

• Hindari update otomatis di browser Anda. Saat ini browser baru diatur untuk memperbaharui diri secara otomatis.

• Pastikan plug-in browser Anda benar-benar up-to-date. Anda dapat memeriksa plugins yang terpasang di sini. Pertimbangkan untuk menguninstal plugin yang tidak pernah Anda gunakan, seperti Java Plug-in.

• Gunakan antivirus. Jika Anda tidak memiliki antivirus yang diinstal pada komputer, Anda dapat mengunduh beberapa antivirus yang bagus secara gratis (namun pastikan Anda hanya menginstal satu antivirus).

• Perbaharui sistem operasi Anda secara teratur. Atur Windows Update untuk menginstal pembaharuan secara otomatis atau setidaknya mengingatkan Anda untuk update terbaru jika Anda menggunakan Windows.

[RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel