Tips Meningkatkan Perfoma Windows 8

17 Dec 2012 16:00 2850 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa tips windows 8 untuk mempercepat kinerja ini juga berlaku juga untuk Windows versi sebelumnya, tetapi Windows 8 memiliki beberapa trik baru. Seperti biasa, ada *trade-off* saat menggunakan beberapa trik dan tips Windows 8 yang akan dibahas ini, tidak ada tombol sihir *Go Faster*.

Apapun yang Anda pikirkan tentang Windows 8, pasti yang paling utama adalah masalah kecepatannya. Boot pada Windows 8 lebih cepat dari versi Windows sebelumnya, yang memiliki penggunaan memori yang lebih rendah, dan memiliki desktop yang terasa baik dan tajam. Seperti halnya Windows versi lainnya, Windows 8 memiliki berbagai pengaturan yang dapat di-tweak untuk mempercepat dan membuatnya lebih cepat.

Beberapa tips windows 8 untuk mempercepat kinerja ini juga berlaku juga untuk Windows versi sebelumnya, tetapi Windows 8 memiliki beberapa trik baru. Seperti biasa, ada trade-off saat menggunakan beberapa trik dan tips Windows 8 yang akan dibahas ini, tidak ada tombol sihir Go Faster.

Nonaktifkan Animasi yang Membuang Waktu

Windows 8 (juga Windows 7) menampilkan animasi ketika tampilannya di-minimize, maximize, buka atau menutup jendela aplikasi. Animasi ini bisa membuat delay pada Windows 8. Anda dapat menonaktifkan animasi dan transisi jendela akan terjadi secara instan, menghilangkan delay. Hilangnya delay dapat mempercepat Windows 8 Anda.

Tips Windows 8 untuk menonaktifkan animasi, tekan tombol Windows, ketik System Performance Properties, lalu tekan Enter. Hilangkan tanda centang pada pilihan Animate windows when minimizing and maximizing. Anda mungkin juga ingin menonaktifkan beberapa animasi lainnya, seperti Fade or slide menus into view dan Fade or slide ToolTips into view.

Menunjukkan Aplikasi yang Menggunakan Banyak Sumber Daya

Task manager baru pada Windows 8 memungkinkan Anda untuk menentukan program yang memperlambat komputer dengan mudah. Untuk membuka Task Manager, klik kanan pada taskbar desktop dan pilih Task Manager. Klik pilihan More details jika Anda tidak melihat interface dengan penuh.

Aplikasi-aplikasi yang menggunakan banyak sumber daya akan disorot, sehingga memudahkan untuk melihat program mana yang menggunakan sumber daya komputer Anda. Daftar ini juga menunjukkan daftar sederhana dari aplikasi, yang lebih mudah dipahami dari pada daftar proses pada Task Manager yang lama (jika Anda lebih suka daftar gaya lama, masih tersedia pada tab Details).

Kelola Program Startup Anda

Task Manager Windows saat ini memungkinkan Anda untuk menonaktifkan program yang dimulai bersamaan dengan komputer dengan mudah. Klik tab Startup pada Task Manager untuk mengakses pilihan ini.

Windows juga menganalisis berapa lama waktu yang dibutuhkan setiap program untuk memulai dan menampilkan informasi dalam kolom Startup. Pilih sebuah program dan klik Disable untuk mencegahnya memulai bersama dengan Windows, ini akan mempercepat proses startup Anda.

Gunakan Program Keamanan yang Disertakan

Dari pada menginstal program keamanan pihak ketiga yang dapat memperlambat komputer, coba gunakan aplikasi keamanan yang disertakan. Windows sekarang menyertakan sebuah antivirus –yang sementara ini bernama Windows Defender, ini pada dasarnya sama dengan aplikasi Microsoft Security Essential.

Windows 8 juga menyertakan fitur SmartScreen yang menganalisis seberapa terpercaya program yang sedang Anda unduh. Seperti pada versi Windows sebelumnya, Windows juga mencakup firewall yang menghalangi koneksi masuk. Jika Anda ingin pengaturan dan pilihan yang lebih banyak, Anda mungkin ingin menginstal sebuah program keamanan ketiga, namun sebagian besar pengguna akan menemukan bahwa program keamanan yang disertakan di Windows 8 akhirnya cukup lengkap untuk diandalkan.

Modifikasi Pengaturan Daya

Windows 8 menggunakan perencanaan daya untuk menentukan apakah baterai atau kinerja yang harus diprioritaskan, seperti halnya yang dilakukan Windows versi sebelumnya. Untuk melihat pengaturan rencana daya Anda, tekan tombol Windows, ketik Power Plan, klik, Settings, dan tekan Enter.

Dalam mode default Balanced, Windows secara otomatis mengurangi kecepatan CPU Anda ketika kesepatan maksimal tidak dibutuhkan. Ini akan menghemat daya. Untuk memeras semua kinerja, Anda dapat keluar dari perangkat keras, Anda mungkin ingin mencoba High performance sebagai gantinya. Pada mode High performance, kecepatan CPU Anda tidak pernah berkurang. Ini berjalan pada kecepatan penuh sepanjang waktu.

Apapun yang Anda pilih, pastikan Anda tidak sedang menggunakan Power saver. Ini hanya berguna jika Anda ingin memeras sebanyak mungkin daya baterai dari laptop Anda.

Membuat Komputer Berada pada Mode Sleep

Salah satu aspek yang paling kontroversial pada Windows 8 adalah pilihan cara Shut Down dalam menu tersembunyi. Microsoft ingin mendorong Anda utnuk menggunakan mode Sleep, bukan mematikan komputer Anda. Bila Anda menggunakan Sleep, komputer Anda akan berada dalam keadaan yang dayanya sangat rendah. Daya tersebut hanya cukup untuk menjaga program dan membuka file aktif dalam RAM komputer Anda. Ketika Anda kembali ke komputer Anda, ia akan bangun dari tidurnya dengan segera. Menggunakan Sleep dalam mempercepatnya ketika Anda berada di depan komputer.

Anda akan menemukan pilihan Sleep di bawah tombol daya pada charm Settings. (Tekan tombol Windows + C, klik Settings, klik Power, dan pilih Sleep). Tombol daya komputer Anda juga dapat dikonfigurasi untuk menggunakan Sleep secara otomatis. Anda dapat mengubah pilihan ini dengan mengklik pilihan Choose what the power buttons do pada jendela Power Options yang telah disebutkan di atas.

Optimalkan Hard Drive Anda

Windows 8 menyertakan Disk Defragmenter standar, sekarang bernama Optimize Drive tool. Untuk mengaksesnya, tekan tombol Windows, ketik Defragment, klik Settings dan tekan Enter. Perhatikan bahwa Windows 8 secara otomatis mengoptimalkan (defragment) drive Anda sekali seminggu secara default. Namun, jika Anda memindahkan banyak file, Anda mungkin ingin mengoptimalkan drive dan mempercepat Windows 8 Anda. Seperti halnya pada Windows versi sebelumnya, klik tombol Analyze untuk melihat bagaimana persisnya sistem file Anda terfragmentasi.

Mengontrol Pengindeksan Windows

Layanan pengindeksan Windows secara otomatis memindai file di komputer Anda dan memonitor perubahannya, memungkinkan Anda mencari file dengan cepat tanpa menunggu. Pengindeksan menggunakan beberapa waktu CPU (menggunakan lebih banyak waktu CPU jika Anda sering mengubah banyak file) sehingga menonaktifkan ini dapat membantu Anda mengurangi penggunaan CPU.

Ingatlah bahwa pengindeksan mempercepat pencarian. Jika Anda secara teratur menggunakan fitur File search pada layar Start atau fitur pencarian dalam Windows Explorer, Anda tidak akan ingin menonaktifkan pengindeksan. Anda hanya harus menonaktifkan pengindeksan jika Anda tidak menggunakan fitur pencarian.

Untuk menonaktifkan Windows Search, tekan Start, ketik service.msc, dan tekan Enter. Gulir ke bawah dalam daftar, cari layanan Windows Search, klik kanan, dan pilih Properties. Atur kotak Startup type pada pilihan Disabled, klik tombol Stop untuk menghentikan layanan, dan klik OK.

Di samping menonaktifkan layanan pengindeksan seluruhnya, Anda mungkin juga ingin mengontrol folder Windows Search mana yang diindeks. Secara default, ini mengindeks folder Users Anda. Jika Anda memiliki beberapa folder yang penuh dengan file Anda tidak ingin mencari, terutama yang sering berubah, Anda mungkin ingin mengecualikan folder yang diindeks. Untuk mengontrol pengaturan ini, tekan tombol Windows, ketik Indexing, klik Settings dan tekan Enter. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel