Beginilah Cara Memaksimalkan Penggunaan Navigasi BlackBerry

12 Dec 2012 11:30 9822 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kata siapa BlackBerry tidak dapat diandalkan sebagai alat navigasi saat melakukan perjalanan. Ya, selama ini banyak pengguna ponsel merasa lebih nyaman menggunakan ponsel berbasis Android atau iOS sebagai perangkat navigasi untuk berkendara. Padahal, dengan fungsi GPS yang terpasang di BlackBerry, Anda juga bisa menggunakannya sebagai pemandu.

Kata siapa BlackBerry tidak dapat diandalkan sebagai alat navigasi saat melakukan perjalanan. Ya, selama ini banyak pengguna ponsel merasa lebih nyaman menggunakan ponsel berbasis Android atau iOS sebagai perangkat navigasi untuk berkendara. Padahal, dengan fungsi GPS yang terpasang di BlackBerry, Anda juga bisa menggunakannya sebagai pemandu.

Apalagi jika Anda menggunakan BlackBerry layar lebar seperti Torch sehingga pas dijadikan perangkat navigasi. Jadi Anda tidak perlu berkecil hati jika Anda adalah seorang pengguna BlackBerry dan tidak memiliki ponsel dengan sistem operasi Android atau pun iOS, karena dengan aplikasi Navigasi BlackBerry pun Anda dapat melakukan navigasi layaknya pengguna Android dan iOS. Sebenarnya BlackBerry Maps saja pun dapat digunakan sebagai pemandu. Fungsinya mirip dengan fasilitas Directions di Google Maps. Anda tinggal menentukan titik lokasi dimana Anda berada.

Selanjutnya, dengan BlackBerry Maps, Anda tinggal mencari lokasi tujuan. Dari sini, Anda tinggal meminta aplikasi membuatkan rute dari lokasi Anda berada ke lokasi tujuan tersebut. Sama seperti Direction di Google Maps, Anda akan diberi panduan rute tahap per tahap menuju lokasi tersebut, lengkap dengan panduan belok putar arah, hingga jarak tempuh sekalipun. Namun, jika Anda ingin mendapatkan aplikasi yang bener-benar seperti peramgkat navigasi GPS yang ada di mobil, banyak aplikasi yang dapat diinstal. Rata-rata memang berbayar, namun aplikasi ini cukup terjangkau untuk kantong. Salah satu pilihannya adalah Waze, peranti navigasi berbasis media sosial.

Sayangnya, untuk BlackBerry, aplikasi ini tidak mendukung kawasan Indonesia. Untuk aplikasi lainnya, Anda dapat menggunakan Wisepilot (aplikasi berbanderol yang dijajal versi trialnya), UbiNav, Talmap Navigator, MapQuest 4 Mobile, Navigator, dan NavTrack. Ya, semuanya berbayar, tapi sekali lagi, tidak terlalu mahal. Agar Anda dapat menghindari macet di jalan-jalan utama. Pantau jalanan dengan aplikasi Macet Terus dan LewatMana Dengan keduanya, Anda bisa mencari alternatif jalan pintas. Tentunya ini menjadi aplikasi Andalan ketika Anda ingin melakukan perjalanan dan tidak ingin terjebak macet selama di perjalanan. Selain itu masih ada aplikasi lain, yaitu Wisepilot.

Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar, namun Anda dapat mencoba aplikasi ini secara gratis dengan mengunduh aplikasi versi trial. Aplikasi ini memiliki pemandu bersuara bak robot. Peta kawasan Jakarta dan sekitarnya cukup bagus dan detail. Cukup unduh dari BlackBerry App World atau di sini. 

Lokasi menarik dan pencarian alamat sebagai tujuan pun tersedia. Setelah posisi awal dan tujuan ditentukan. Kita bisa menentukan tujuan lainnya. Diposisikan di antara posisi awal dan tujuan akhir atau setelah tujuan akhir. Misalnya Anda berangkat dari rumah ke mal, dan di tengah jalan mau mampir ke pom bensin. Maka di antara awal dan tujuan itu dapat disisipkan pom bensin. Nanti, Wisepilot akan mengingatkan Anda untuk mampir ke pom bensin yang telah ditantukan tersebut. Untuk menggunakan aplikasi ini ada baiknya Anda mendeteksi lokasi awal atau lokasi rumah. Caranya mudah saja, dengan meng-klik [Showmap] terlebih dulu di jendela aplikasi. Setelah tampilan peta muncul, klik tombol biru hingga muncul tombol [Detalis].

Klik tombol tersebut. Pilih [Set as my position] atau klik [Save]. Pada jendela berikutnya yang muncul, Anda tinggal memasukkan nama lokasi di kontak "Name”, misalnya dengan nama "Rumah”. Selanjutnya klik [Seve]. 1. Jalankan aplikasi Wisepilot. Klik [Find]. Masukkan alamat yang dituju. Jika hendak mencari lokasi umum di dekat Anda, klik [Near me] lalu masukkan kata kunci lokasi di "Find near me”. Misalnya: mal. Aplikasi akan memberi daftar lokasi mal terdekat, dengan info nama mal, alamat, juga jrak dari lokasi Anda berada. 2. Pilih salah satu mal yang diinginkan. Pilih [Drive] jika Anda menggunakan kendaraan untuk menuju ke sana. Estimasi waktu tempuh pun ditampilkan. Aplikasi akan langsung menampilkan navigasi ke lokasi tujuan. Tinggal ikuti saja tAnda panah biru yang muncul pada layar. 3. Setiap ada tikungan, belokan, dan juga putar balik, pemandu bersuara akan menginformasikannya.

Kecepatan gerak kendaraan dan sisa jarak tempuh akan ditampilkan di layar. Nama jalan-jalan yang akan dilewati juga dimunculkan sehingga Anda bisa mengecek apakah jalan yang dilalui benar atau tidak. Harap diingat, aplikasi trial ini hanya berlaku selama 15 hari. [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel