Canon EOS 1D X - Kamera DSLR Canon yang Mendapatkan Gelar Best Ultra High-End System Camera

10 Dec 2012 14:30 4130 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kamera DSLR Canon EOS 1D X merupakan Andalan terbaru dari jalur profesional perusahaan yang berkonsentrasi pada kamera DSLR yang membawa kecepatan pengambilan gambar yang makin cepat, kemampuan fokus otomatis yang juga meningkat, dan full-frame sensor gambar CMOS.

Kamera DSLR Canon EOS 1D X merupakan Andalan terbaru dari jalur profesional perusahaan yang berkonsentrasi pada kamera DSLR yang membawa kecepatan pengambilan gambar yang makin cepat, kemampuan fokus otomatis yang juga meningkat, dan full-frame sensor gambar CMOS.

Seperti seri sebelumnya, 1D-series model, 1D X menggabungkan grip lanskap dan potret, desain tahan lama, dan semua kontrol manual yang profesional butuhkan. 1D X juga mengintegrasikan fitur video berkualitas profesional yang dibutuhkan dalam industri yang semakin berfokus kepada fitur multimedia, sekaligus meningkatkan ergonomi dari 1D-series sebelumnya yang berkonsentrasi untuk pengambilan gambar event olah raga, kehidupan satwa liar, dan fotografer berita. Kamera DSLR Canon 1D X diperkenalkan pada musim gugur yang lalu, dan dibanderol dengan harga $6.800 atau jika di rupiahkan akan mencatat harga 6.5 juta.

Desain

Ketika Anda melihat Canon 1D X dan Canon 1D Mark IV secara berdampingan, maka Anda sangat mudah terjebak pada kesamaan desain yang diusung keduanya. Sebenarnya jika dilihat detail, keduanya benar-benar berbeda atau tidak sama. Ketika Anda mencoba mengambil gambar menggunakan 1D X, Anda akan merasakan perbedaannya dengan 1D Mark IV yang mana 1D X memiliki tambahan kontrol yang membuat pengalaman Anda berbeda pada saat mengambil gambar dibandingkan dengan versi yang sebelumnya. Sementara menambahkan tombol bukanlah satu-satunya solusi untuk mendapatkan pengalaman dalam mendapatkan gambar yang maksimal, penambahan kontrol pada 1D X ini dibuat untuk skema kontrol 1D X.

Jika Anda ingin mengambil gambar dengan lanskap-grip standar, Anda akan melihat tombol ekstra yang berada di depan yang disesuaikan dengan lensa, serta layout baru dari tombol di kedua plat LCD dan LCD belakang sekunder. Perubahan terbesar, bagaimanapun, adalah diperuntukkan bagi mereka yang menembak menggunakan pegangan yang terintegrasi. Juga termasuk sekarang adalah kontrol live view dan "Q” menu kontrol cepat. Tombol "Q” hanya ditempatkan antara lanskap-grip joystick dan tombol kontrol belakang. Tombol ini benar-benar berfungsi pada saat Anda sedang mengambil video, karena sangat memungkinkan untuk Anda menyesuaikan semua pengaturan utama tanpa masuk ke menu lengkap. Tidak ada desain kamera yang dinilai dari berapa banyak tombol yang dia miliki, namun Canon 1D X mampu memanajemen beberapa tombol tambahan tanpa harus membuat desain merasa terlalu ramai. 1D X ini sendiri memiliki dimensi sebesar 163.60 mm x 158.00 mm x 82.70 mm.

Fitur, Kontrol dan Spesifikasi

Canon 1D X merupakan penyempurnaan dari seri sebelumnya 1D-Series, dengan meningkatkan kontrol sementara peningkatan pada hardware internal pun dilakukan. 1D X juga memasukkan beberapa tambahan, yang pasti akan menarik bagi para profesional yang ingin mempercepat alur kerja mereka. Termasuk fungsi kamera video yang juga disematkan di antara beberapa tambahan yang ditanamkan pada kamera ini, tetapi penambahan kabel LAN untuk remote Control dan transfer gambar secara otomatis juga akan menarik banyak fotografer profesional.

Canon 1D X memiliki kontrol manual yang terdiri dari manual focus, aperture priority mode, shutter priority mode, full manual exposure, custom white balance, ISO Control. Untuk urusan konektivitasnya, Canon 1D X mengAndalkan USB, A/V, miniHDMI, microphone, wired remote, hot accessory shoe, accessory port. Untuk menyimpan segala media dan gambar yang Anda hasilkan,Anda bisa menyimpannya di dual UDMA CF/CF card (type I and II) yang juga disediakan slotnya di dalam kamera ini.

Rasanya tak lengkap jika tidak membicarakan spesifikasi dari kamera ini. Canon 1D X memiliki Focal Length Minimum 24.00 mm dan Focal Lenght Maximum 70.00 mm. Untuk Still Pixel Countnya sendiri, 1D X memiliki kekuatan 19.30-megapixel yang mana hanya efektif sebesar 18.10-megapixel dengan didukung sensor size 35mm full-frame dengan tipe sensor CMOS. Canon 1D X memiliki ISO yang secara berturut-turut sebesar 50, 100, 200, 400, 800, 1600, 3200, 6400, 12800, 25600, 51200, 102400, 204800, Extended ISO. Untuk melihat hasil tangkapan dari gambar Anda atau sekedar menggulirkan menu yang terdapat di dalam kamera ini, Anda bisa mengintipnya dalam LCD sebesar 3.20 inci dengan resolusi 1.040.000 dots pixels. Untuk Anda yang gemar mengambil gambar dalam kondisi outdoor, tak perlu khawatir akan daya tahan dari kamera ini, karena kamera ini memiliki kemampuan yang anti air. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel