Menjelajah Tanah Air Lewat Google Earth Indonesia

6 Dec 2012 12:30 5483 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pernahkah terfikirkan dalam benak hati anda untuk berkeliling antero Indonesia hanya dari tempat duduk anda, tanpa mengeluarkan biaya transportasi, biaya perbekalan, biaya hotel, dan sebagainya? Itulah tujuan utama dari sebuah fitur supercanggih Google Earth Indonesia (GEI) yang diciptakan oleh perusahaan raksasa internet, yaitu Google.

Pernahkah terfikirkan dalam benak hati anda untuk berkeliling antero Indonesia hanya dari tempat duduk anda, tanpa mengeluarkan biaya transportasi, biaya perbekalan, biaya hotel, dan sebagainya? Itulah tujuan utama dari sebuah fitur supercanggih Google Earth Indonesia (GEI) yang diciptakan oleh perusahaan raksasa internet, yaitu Google. Dengan GEI, memungkinkan anda untuk menjelajahi seluruh kawasan Indonesia melalui layar kaca komputer dirumah anda. GEI menyuguhkan para pengguna dengan informasi - informasi berupa gambar tiga dimensi yang merupakan objek - objek dari sebuah wilayah di Indonesia.

Sebelum Google Earth Indonesia diluncurkan, Google telah lama meluncurkan versi pertamanya yaitu Google Earth pada beberapa tahun yang lalu, dimana versi pertamanya ini merupakan full version atau induk dari GEI. Fitur ini diciptakan berdasarkan sebuah alat bernama globe (peta berbentuk bola), dimana keduanya sama - sama memiliki fungsional dan manfaat yang tidak jauh berbeda, yaitu untuk menggambarkan bentuk dan objek dari kawasan - kawasan yang ada dihamparan permukaan bumi. Hanya saja, kali ini Google merancang Google Earth dengan menggunakan teknologi yang jauh lebih canggih dan modern. Yakni menciptakan sebuah globe virtual yang jauh lebih praktis, namun dengan kemampuan memberikan informasi teritorial yang jauh lebih lengkap, tampak nyata, dan terkesan hidup.

Google Earth dirancang dengan pemetaan bumi yang dibangun dengan mengandalkan berbagai macam data, seperti fotografi melalui udara, data - data yang didapat melalui satelit, globe GIS 3D dan sebagainya. Setelah kita mengetahui fungsional dari Google Earth, lalu bagaimana perlakuan Google Earth terhadap sub fiturnya yaitu Google Earth Indonesia. Apa saja yang bisa kita lakukan dan apa saja yang akan kita nikmati dari anak fitur Google Earth tersebut? Mari kita simak bahasan dibawah ini!

Bicara soal manfaat keberadaan GEI di Indonesia, tentunya tidak ada yang tahu seberapa banyak manfaatnya, hal itu karena memang manfaat yang disuguhkan oleh fitur milik Google ini sangatlah besar, baik dari segi pendidikan, kepemerintahan, hingga keperluan bisnis dikalangan pengusaha. Bila menilik dari segi pendidikan, Google Earth Indonesia menyajikan berbagai fungsional kepada masyarakat Indonesia dengan manfaat–manfaat yang sangat berguna dan penting. Manfaat yang paling signifikan yaitu; GEI memberikan kemudahan kepada banyak lembaga pendidikan di Indonesia, baik negeri maupun swasta, mulai dari lembaga formal hingga non-formal dalam membangun ilmu pengetahuan khususnya dibidang geografi kepada anak - anak didik mereka. Para anak didik mereka akan jauh lebih memahami bagaimana dan seperti apa wujud dan pola dari fisik bumi yang kita huni ini, beserta dengan penjelasan terkait apa saja objek dan subjek yang terdapat di penjuru permukaan bumi ini.

Setelah menilik manfaat dari segi pendidikan, lalu bagaimana jika kita tengok dari kegiatan kepemerintahan Indonesia, apa yang dapat dilakukan oleh Google Earth Indonesia terhadap aktifitas pemerintah dalam mengelola negara ini. Apabila anda masuk ke ruangan GEI, anda akan melihat penampakan tiga dimensi dari bangunan rumah dan gedung, hutan, sungai, bukit dan pegunungan, danau, dan seterusnya yang merupakan pemetaan nyata dari kondisi yang sebenarnya. Sehingga, dengan adanya informasi - informasi tersebut, pemerintah akan jauh lebih mudah melakukan pengembangan terhadap fasilitas listrik di penjuru tanah air, yang mana mereka membutuhkan GEI untuk menentukan jalur, medan, dan titik - titik di mana saja yang harus menjadi bahan pertimbangan dalam menyalurkan kabel listrik dari pusat pembangkit listrik menuju lokasi - lokasi yang belum teraliri oleh listrik.

Tidak hanya dari sisi edukasi dan kepemerintahan saja, Google Earth Indonesia juga cukup berpengaruh terhadap kegiatan dan aktifitas para pengusaha dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis mereka. Sebagai contoh, bagi perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi khususnya operator seluler, mereka mengandalkan fasilitas GEI untuk menelusuri dan menentukan titik peletakan tower - tower operator demi perluasan jaringan sinyal di seluruh kawasan Indonesia. Hanya dengan melihat beberapa contoh manfaat yang dilimpahkan GEI kepada para penggunanya seperti yang Plimbi bahas diatas, telah mampu memberikan kita pemahaman akan penting dan bergunanya fasilitas yang diberikan oleh perusahaan raksasa Google Inc. melalui Google Earth Indonesia terhadap kemajuan dan kemudahan aktifitas masyarakat di tanah air. Tertarik menjelalah Indonesia? Silakan download Google Earth Indonesia di sini. [HRS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel