Cara Merawat Handphone Touchscreen dan Tablet Touchscreen

4 Dec 2012 09:30 3717 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Membersihkan layar touchscreen bisa dilakukan secara sederhana. Anda tidak membutuhkan alat-alat khusus ataupun tindakan-tindakan berlebihan agar aman dalam membersihkan layar touchscreen pada smartphone dan tablet. Anda cukup melakukannya dengan alat-alat yang ada di sekitar Anda.

Membersihkan layar touchscreen bisa dilakukan secara sederhana. Anda tidak membutuhkan alat-alat khusus ataupun tindakan-tindakan berlebihan agar aman dalam membersihkan layar touchscreen pada smartphone dan tablet. Anda cukup melakukannya dengan alat-alat yang ada di sekitar Anda. Namun bagaimanapun, Anda juga harus mengetahui benda-benda apa yang bisa merusak saat Anda membersihkan layar.

Selain itu, Anda juga harus tahu apa yang bisa dilakukan, dan apa yang tidak bisa dilakukan ketika membersihkannya. Setelah Anda mengetahuinya, maka pembersihan layar akan berjalan dengan cepat dan aman, serta akan membuang kotoran yang melekat pada layar touchscreen perangkat mobile yang Anda miliki. Berikut ini adalah cara merawat handphone touchscreen berikut perangkat Tablet-nya:

1. Tindakan yang Harus Dihindari

Sebelum menuju metode pembersihan yang aman, kita harus mengetahui apa yang tidak boleh Anda lakukan pada layar touchscreen.

  • Jangan pernah gunakan bahan kimia, seperti misalnya Windex ataupun pembersih yang mengandung alkohol. Jika Anda membutuhkan cairan untuk pembersihan, cukup gunakan sedikit air pada kain.

  • Jangan menggunakan kain yang kasar, handuk, atau kertas tisu, yang dapat menimbulkan scratch pada layar. Scratch yang ada akan berukuran kecil, tidak terlihat, namun jika dilakukan berkali-kali dapat merusak tampilan layar. Untuk membersihkan, gunakan kain microfiber yang didesain khusus untuk membersihkan permukaan yang sensitif.

  • Jangan pernah gunakan air dalam jumlah banyak. Jika air dirasa penting untuk membersihkan layar, Anda bisa menggunakan kain microfiber dengan ditambah beberapa tetes air. Dan jika Anda akan melakukannya, alangkah bagusnya apabila Anda mematikan perangkat yang dimiliki.

  • Jangan pernah menekan terlalu keras saat melakukan pembersihan pada layar, yang bisa menyebabkan kerusakan layar.

Proses seperti itulah yang harus Anda perhatikan dalam membersihkan layar. Hindari hal-hal yang dapat merusaknya.

2. Gunakan Kain Microfiber

Untuk membersihkan sebuah layar touchscreen, yang terpenting adalah penggunaan kain microfiber. Untuk layar yang kotor, dalam kasus ini mungkin Anda membutuhkan bantuan sedikit air. Kain microfiber bisa Anda temukan dengan mudah dan murah. Jika Anda memiliki kacamata, biasanya dilengkapi dengan kain microfiber yang digunakan untuk membersihkan permukaan kacanya. Kain ini akan membersihkan dengan aman permukaan kaca sensitif tanpa meninggalkan bekas berupa scratch, baik itu pada kacamata maupun layar touchscreen di perangkat Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan kain microfiber di sekitar Anda, seperti misalnya kain katun atau pakaian berbahan katun.

Mengapa memakai kain microfiber? Kain microfiber mengandung serat dalam jumlah kecil dimana tidak akan menimbulkan scratch pada layar touchcreen perangkat Anda. Kain ini juga dapat menyerap debu dan kotoran dengan baik, membersihkannya dari perangkat yang Anda miliki. Menggunakan kain microfiber adalah hal yang penting dalam pembersihan layar touchcreen.

3. Membersihkan Layar Touchscreen

Sekarang, saatnya untuk membersihkan layar touchscreen, prosesnya akan dilakukan secara sederhana.

  • Matikan perangkat mobile yang Anda miliki. Langkah ini sebenarnya tidak wajib, tetapi jika Anda akan menggunakan air, melakukan langkah ini adalah ide yang bagus. Selain itu, apabila Anda mematikan perangkat, maka Anda akan dengan mudah melihat kotoran yang menempel.

  • Usap dan bersihkan secara vertikal dan horizontal pada layar touchscreen serta ulangi hal tersebut beberapa kali.

  • Jika penting, gunakan air dalam jumlah sedikit, dan jangan masukkan apapun pada air seperti misalnya sabun.

  • Bersihkan layar dengan bagian yang basah dari kain, dan dengan cara yang sama saat Anda membersihkan tanpa menggunakan air. Diamkan layar agar mengering, dan jangan terlalu keras jika Anda akan mengeringkan menggunakan kain.

Itu adalah proses yang bisa Anda lakukan dalam membersihkan layar. Dalam kebanyakan kasus, mematikan perangkat dan kemudian membersihkannya secara bersilangan dengan menggunakan kain microfiber, cukup untuk meghilangkan kotoran dan debu dalam beberapa detik.

Untuk membersihkan kain microfibernya sendiri dari kotoran yang menempel karena pembersihan layar, rendam kain dalam air panas yang diberikan sedikit sabun, kemudian bilas hingga bersih dan keringkan. Satu hal penting adalah tetap jaga agar layar touchscreen pada perangkat yang Anda miliki selalu bersih dan bebas dari kotoran. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel