Apakah Jarak Port USB Anda Terlalu Dekat? Berikut Solusinya

8 Dec 2012 15:00 4200 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kegunaan USB memang serbaguna dan mudah dalam menghubungkannya dengan media lain. Namun di samping itu, ada satu gangguan yang disebabkan olehnya, yaitu posisi port USB pada banyak komputer dan laptop yang saling berdekatan, dan akan membuat kita sedikit kesulitan ketika menggunakan dua perangkat secara bersama pada port yang berdekatan tersebut.

Tentunya Anda sering menggunakan fungsi port USB pada komputer untuk berbagai hal, misalnya menghubungkan keyboard, printer, handphone, flashdisk, konsol game, hard disk eksternal, dan masih banyak fungsi lainnya. Kita tidak bisa membayangkan, jika tidak ada USB. Dengan menggunakan USB, maka akan memudahkan kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari yang sering berhubungan dengan komputer ataupun laptop. Kegunaan USB memang serbaguna dan mudah dalam menghubungkannya dengan media lain.

Namun di samping itu, ada satu gangguan yang disebabkan olehnya, yaitu posisi port USB pada banyak komputer dan laptop yang saling berdekatan, dan akan membuat kita sedikit kesulitan ketika menggunakan dua perangkat secara bersama pada port yang berdekatan tersebut. USB dapat terlihat di berbagai tempat pada komputer, laptop, handphone, tablet, konsol game, dan pada modem. Dengan terus majunya teknologi USB yang saat ini dimulai dengan USB 3.0, tak ada perbaikan problem pada jarak port, dan ukuran USB itu sendiri, sehingga kita masih kesulitan saat ini. Situasi yang diinginkan adalah, jika dua perangkat dengan kabel USB dapat dihubungkan ke USB secara bersamaan, hal ini tidak terjadi pada perangkat yang langsung menempatkan USB sebagai penghubung, tanpa menggunakan kabel. Kesulitan akan terjadi menempatkan dua perangkat seperti itu secara bersamaan, apalagi jika perangkat-perangkat tersebut berukuran besar, maka perangkat tersebut akan sulit bahkan tidak bisa dipasang pada port USB. Umumnya, pada berbagai laptop dan komputer, akan ditemukan jarak port yang berdekatan dan ini telah berlangsung dalam waktu yang lama.

Hingga saat ini belum ada perubahan, tentu Anda masih akan merasa kesulitan. Ada beberapa solusi sederhana untuk memperbaiki hal semacam ini, agar Anda dapat memanfaatkan fungsi port USB dengan mudah dan sederhana, sehingga Anda dapat menggunakan fungsi tersebut secara maksimal.

Solusi 1: Memakai Satu Port dalam Sekali Waktu Ini merupakan solusi yang sangat mudah, simpel, dan praktis. Jika Anda tidak bisa berkompromi dengan dua jarak port yang berdekatan, maka hal ini bisa Anda lakukan. Hal yang nyata dan jelas, serta fleksibel yang bisa Anda praktekkan adalah opsi untuk memakai satu port dalam sekali waktu untuk menghubungkannya dengan perangkat USB Anda. Hal ini bisa Anda gunakan pada perangkat USB yang memiliki fungsi dapat berdiri sendiri, dan Anda tidak mengalami masalah dengan hal tersebut. Namun, jika Anda akan menggunakan perangkat USB yang butuh untuk digunakan secara bersamaan, seperti misalnya webcam dan microphone, cara itu bisa sulit untuk dilakukan. Bagaimanapun, bagi perangkat USB yang akan Anda pakai, ini merupakan pilihan yang terbaik.

Solusi 2: Memaksimalkan Penggunaan USB Hub USB hub merupakan suatu perangkat yang memiliki satu atau lebih port di dalamnya. USB hub bisa didapatkan dengan harga yang murah saat ini, jika Anda tidak terlalu mempedulikan kualitas tinggi. USB hub ini akan mudah untuk dihubungkan dengan komputer. Hasil dari penggunaan perangkat ini adalah Anda memiliki pilihan port lain, yang berpotensi akan bisa menggantikan fungsi port USB pada komputer dan laptop dan akan memudahkan Anda dalam menggunakan berbagai perangkat USB. Sebagai tambahan, USB hub juga bisa ditemukan pada perangkat yang Anda miliki. Beberapa monitor komputer memiliki kabel USB sehingga Anda dapat menghubungkan flashdisk atau perangkat USB lain pada komputer melalui monitor. Yang sering ditemukan adalah pada keyboard yang telah dilengkapi dengan USB hub. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan USB hub pada port eksternal yang biasanya memiliki lebih dari satu port.

Solusi 3: Memakai Kabel USB Tambahan Kabel USB tambahan biasanya disertakan dengan perangkat USB. Untuk menanggulangi masalah pada dua port yang berdekatan, solusi dengan menggunakan kabel USB tambahan ini akan bisa Anda pakai dengan perangkat USB yang Anda miliki, dan biasanya disertakan langsung. Kabel USB tambahan tersebut bisa Anda gunakan untuk menghubungkan printer, scanner, stand smartphone dan tablet. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel