Penelitian Tentang Bahaya dan Pengaruh Handphone Terhadap Kesehatan (1)

30 Dec 2011 17:30 13375 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Penelitian menunjukkan bahwa handphone memberikan bahaya dan pengaruh terhadap kesehatan penggunanya, Seberapa besarkah pengaruh handphone terhadap kesehatan kita?

Memanfaatkan konektivitas perangkat mobile membuat hidup lebih mudah, tetapi apakah tubuh kita harus membayar mahal untuk kemudahan tersebut? Lalu seperti apa bahaya dan pengaruh handphone terhadap kesehatan serta bagaimana pencegahannya?

Isu bahaya handphone yang mungkin paling high alert adalah mengirim SMS sambil mengemudi. Karena bahaya SMS sambil mengemudi, telah muncul peraturan disertai dengan sanksi mengenail hal ini, namun isu ini tetap menduduki posisi implikasi handphone yang paling berbahaya.

Lepas dari isu paling berbahaya tersebut, sebuah data hasil penelitian mengenai implikasi dari layar kecil, speaker dan desain ergonomis handphone dirilis oleh Mezzmer, sebuah retailer kacamata. Hasil penelitian bahaya dan pengaruh handphone terhadap kesehatan ini menunjukkan beberapa isu implikasi antara postur tubuh, masalah penglihatan, pendengaran, dan kurang tidur.

Apakah handphone membuat kita buta?

Telah terdapat istilah teknis untuk mengindikasikan bahaya dan pengaruh handphone terhadap kesahatan yaitu yang disebut sebagai CVS dan merupakan kepanjangan dari Computer Vision Syndrome. CVS merupakan akibat yang disebabkan oleh terlalu lamanya mata menatap layar, baik layar komputer maupun layar handphone yang notabene lebih kecil.

Untuk mengetahui seperti apa CVS ini, ketahui melalui gejala-gejala berikut ini :

  • Mata kering. Bahaya handphone ini disebabkan karena manusia secara normal berkedip 16 hingga 20 kali per menit, tetapi pada saat manusia menggunakan handphone ia hanya berkedip 6 hingga 8 kali.
  • Kepala pusing. Kemungkinan kepala pusing meningkat dikarenakan posisi leher yang tidak nyaman dan otot mata yang terlalu tegang saat kita menggunakan handphone.
  • Penglihatan menjadi kabur. Karena otot-otot ocular mata yang terlalu tegang (6 otot yang mengontrol pergerakan mata manusia), bisa mengakibatkan seseorang menjadi tidak bisa fokus dan penglihatan menjadi kabur. Bahaya handphone ini awalnya hanya bersifat sementara saja, tetapi apabila terjadi terlalu sering bisa menjadi permanen.
  • Rabun jauh. Jarak pandang manusia normalnya bisa mencapai 20 kaki atau 6.069 meter. Tetapi akibat fokus terlalu lama pada layar handphone yang mengakibatkan otot mata terlalu tegang, jarak pandang normal ini bisa berkurang.

Untuk mencegah bahaya dan pengaruh handphone terhadap kesehatan CVS, sebaiknya Anda berkedip lebih sering, gunakan kacamata pelindung dan gunakan tetes mata ketika Anda betah menatap layar handphone. Untuk mengatasi CVS tentu saja Anda harus menggunakan kacamata atau lensa kontak, atau mungkin operasi laser mata. Oleh karena itu, istilah klasik mengatakan, lebih baik mencegah daripada mengobati. [RY]

Pembahasan selanjutnya bisa Anda klik di sini

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel