Apa Itu Mobile Bravia Engine? Simak di Sini

28 Nov 2012 20:00 13922 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tidak hanya perangkat keras yang berkembang di jaman sekarang. Berbagai perangkat lunak juga ikut berkembang dan bermunculan. Di antaranya merupakan perangkat lunak yang terbilang baru dengan fitur yang mengagumkan.

Tidak hanya perangkat keras yang berkembang di jaman sekarang. Berbagai perangkat lunak juga ikut berkembang dan bermunculan. Di antaranya merupakan perangkat lunak yang terbilang baru dengan fitur yang mengagumkan.

Perangkat keras yang semakin canggih dan didukung dengan perangkat lunak yang juga modern, membuat kehidupan Anda semakin mudah dan Anda semakin dengan teknologi. Salah satu perangkat lunak yang menjadi perhatian saat ini adalah Bravia Engine. Mungkin sebagian dari Anda pernah mendengar istilah Bravia Engine dalam kehidupan sehari hari.

Namun, mungkin Anda masih belum mengetahui sebenarnya apa yang dimaksud dengan Bravia Engine. Bravia Engine merupakan salah satu aplikasi yang terintegrasi dengan perangkat keras di ponsel pintar Anda. Kegunaan dari aplikasi ini adalah menghubungkan antara perangkat keras dengan produk layar dari vendor Sony. Bravia Engine sendiri dapat disebut sebagai mesin untuk melakukan kontrol atas tampilan dari layar Anda. Anda dapat melakukan pengaturan tingkat kontras dan kecerahan warna pada layar Anda, terutama perangkat HD pada TV LCD.

Sony sudah mengeluarkan produk LCD TV Bravia di tahun 2005 untuk menggantikan produk LCD WEGA. Kemudian Sony memperkenalkan teknologi layar Bravia pada ponsel pintar melalui Xperia Arc pertama kalinya. Teknologi ini diklaim dapat membuat gambar dan video yang ditampilkan terlihat lebih baik dengan tingkat pengaturan kontras dan ketajaman yang diatur secara otomatis. Teknologi Bravia berkerja dengan mengurangi jumlah noise serta mengatur tingkat saturasi pada layar Anda. Tujuannya adalah untuk mempercantik tampilan yang dihasilkan oleh layar Anda.

Saat ini terdapat tiga versi Bravia Engine, yaitu Bravia Engine 2, Bravia Engine 2 EX, dan Bravia Engine 2 PRO. Ketiganya memiliki fungsi yang sama untuk melakukan penyesuaian tampilan sehingga menghasilkan tampilan yang baik. Perbedaannya terdapat pada teknologi khusus yang diberikan nama Digital Reality Creation Multifunction atau DRC-MF. Fitur ini berfungsi untuk mempertajam sinyal video, yang nantinya akan menghasilkan sinyal video semakin tajam. Prosesnya pun tidak mudah, dengan melewati berbagai langkah dan proses, barulah proses ini dapat menghasilkan kualitas gambar yang diinginkan. Kelebihan dari Bravia Engine sendiri adalah untuk mempermudah koneksi antara TV atau proyektor yang terkadang sulit untuk melakukan penyesuaian pada hasil tampilan yang dihasilkan. Tampilan akan menjadi lebih jernih, jelas, dan bening. Selain itu tampilan piksel pun akan lebih rapat dan kontras lebih tajam. Namun, Mobile Bravia Engine sendiri memiliki kekurangan berupa harga yang masih cukup mahal dan ditambah lagi memiliki keterbatasan dengan file yang didukung.

Awalnya Bravia Engine hanya beredar di kalangan produk milik Sony saja, namun seiring dengan perkembangan teknologi, ditambah lagi semakin banyak peminat untuk aplikasi ini. Aplikasi ini mulai dibuka secara bebas di pasaran. Bahkan di antaranya disematkan di beberapa Smartphone yang berbeda vendor atau vendor selain Sony. Selain itu, beberapa pengembang bebas juga melakukan pengembangan terhadap Bravia Engine yang dapat Anda install di ponsel pintar Anda. Walaupun masih beberapa ponsel pintar yang dapat menginstall aplikasi tersebut, tapi ini merupakan bukti bahwa Bravia Engine merupakan aplikasi yang cukup diminati oleh kalangan luas saat ini.

Untuk saat ini, Bravia Engine memang hanya dapat terkoneksikan dengan produk Sony terlepas dari perangkat keras yang menjalankan oleh Bravia Engine. Namun ini bisa menjadi sebuah tAnda era dari perangkat lunak yang terintegrasikan ke ponsel pintar untuk mengatur perangkat lainnya. Seperti yang diketahui bahwa sudah banyak aplikasi yang dapat digunakan oleh ponsel pintar untuk dapat mengontrol perangkat keras lain. Misalnya aplikasi Android untuk melakukan remote terhadap komputer atau laptop Anda, sehingga Anda dapat menjalankan komputer atau laptop Anda dari ponsel pintar Anda. Atau ada juga aplikasi ponsel untuk dapat melakukan remote terhadap CCTV, sehingga Anda dapat melihat atau melakukan pemantauan dari CCTV langsung dari ponsel pintar Anda. Kemajuan teknologi ini tentunya diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik baiknya sehingga dapat menunjang sekaligus meningkatkan kualitas hidup manusia di era modern ini. [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel