Tutorial Cara Sharing File Windows 7 dan Linux Ubuntu 12.10

4 Dec 2012 11:00 9038 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bagi Anda yang menggunakan OS Windows 7 dan Linux Ubuntu 12.10 namun bingung bagaimana caranya supaya bisa melakukan sharing file, simak tips & trik cara sharing file antar kedua sistem operasi tersebut berikut ini.

Sharing adalah fasilitas yang biasa digunakan untuk bisa saling berbagi baik itu pada sebuah aplikasi maupun pada sebuah sistem operasi. Sharing dapat dilakukan terhadap beberapa hal seperti berikut ini:

  • File dokumen/aplikasi dalam drive atau folder, atau dalam CD-Rom

  • sharing perangkat: Printer dan CD-Room

  • sharing jaringan koneksi internet

Dalam melakukan cara sharing file ada beberapa hal yang harus diperhatikan di antaranya:

  • Jaringan sudah tekoneksi dengan baik.

  • Protokol sharing file dan printer sudah terinstall

  • Setting Sharing dengan dengan benar.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara sharing file dan juga sharing folder, sebelum memulai pastikan terlebih dahulu fitur file sharing pada Windows 7 dan Ubuntu 12.10 Anda dalam posisi enable.

Untuk memulai sharing, carilah workgroup (domain) anatara sistem operasi dan Windows 7 dan sistem operasi Ubuntu 12.10, workgroup haruslah sama agar proses sharing dapat berjalan dengan baik. Untuk dapat menemukan workgroup mana yang terdapat dalam sistem, Anda bisa menggunakan perintah paa command prompt, buka comand promt dari Windows 7 dengan cara klik Start > All Programs > Accessories > Command Prompt lalu ketikkan perintah di bawah ini:

Perintah berikut ini akan memudahkan Anda melakukan workgroup mana saja yang tersedia pada sistem, Anda bisa mengetikkan net config workstation.

Setelah perintah tersebut diketik kemudian klik tombol Enter pada keyboard komputer, maka command prompt pada Windows 7 Anda akan menampilkan nama workgroup yang ada seperti pada contoh gambar di bawah ini.

Tutorial Cara Sharing File Windows 7 dan Linux Ubuntu 12.10

Langkah yang selanjutnya adalah mengetikan perintah pada PPA Ubuntu dengan cara menekan tombol Ctrl - Alt - T untuk dapat membuka terminal. Ketikkan perintah sudo apt-get install python-glade2 system-config-samba untuk dapat menginstal packages yang dibutuhkan pada Ubuntu.

Langkah berikutnya adalah buka dash pada Ubuntu, lalu jalankan aplikasi Samba tersebut. Pilihla Preferences –> Server Settings’.

Selanjutnya, masukkan nama workgroup yang sama pada sistem Windows, pastikkan bahwa naman workgroup pada sistem Windows 7 dan sistem Ubuntu 12.10 sama namanya. Selanjutnya klik Next, kemudian pilihlah Preferences –> Samba Users.

Untuk melakukan cara sharing file dan data buat akun Ubuntu milik Anda (Ubuntu Account) kemudian diikuti dengan Windows username Anda, dan juga diikuti dengan Samba password (password pada Ubuntu Anda). Kik tombol Add berwarna hijau untuk proses sharing, silahkan Anda cari (browse) folder mana saja yang ingin Anda sharing dengan pengaturan tambahan seperti visible dan juga writeable.

Cara sharing file yang selanjutnya pilih tab Access kemudian pilih user atau pengguna yang ingin dilakukan proses sharing dan juga memberikan hak akses. Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan proses Restart antara kedua buah sistem operasi yaitu Windows 7 dan juga Ubuntu Anda tersebut.

Tunggulah beberapa menit, setelah proses selesai, maka proses sharing antara Windows 7 dan juga Ubuntu 12.10 telah berhasil dilakukan, berikut ini adalah contoh tampilannya pada Ubuntu.

Tutorial Cara Sharing File Windows 7 dan Linux Ubuntu 12.10

Jika Anda tidak dapat melihat Windows share dari Ubuntu, aktifkan (Enable) menu file sharing pada Windows, untuk melakukannya silahkan buka direktori Control Panel\Network and Internet\Network and Sharing Center\Advanced sharing settings lalu aktifkan fitur file and printer sharing. Demikianlah sedikit pengetahuan mengenai cara sharing file antara Windows 7 dan juga pada Ubuntu 12.10, semoga Anda dapat mengimplementasikannya dan juga dapat bermanfaat. [AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel