Analisis Sendiri Masalah pada BlackBerry Anda

9 Nov 2012 19:30 5403 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
BlackBerry, sudah menjadi bagian penting di dalam kehidupan sehari hari. Bisnis atau bahkan sekedar berbincang bincang dengan keluarga, kerabat, atau teman dari jarak jauh dengan menggunakan BlackBerry sudah menjadi rutinitas yang tidak dapat diubah begitu saja. Dengan begitu, BlackBerry pun menjadi sebuah ketergantungan yang tidak dapat dilepas oleh khalayak pengguna BlackBerry. Namun, coba bayangkan ketika BlackBerry Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya?

BlackBerry, sudah menjadi bagian penting di dalam kehidupan sehari hari. Bisnis atau bahkan sekedar berbincang bincang dengan keluarga, kerabat, atau teman dari jarak jauh dengan menggunakan BlackBerry sudah menjadi rutinitas yang tidak dapat diubah begitu saja. Dengan begitu, BlackBerry pun menjadi sebuah ketergantungan yang tidak dapat dilepas oleh khalayak pengguna BlackBerry. Namun, coba bayangkan ketika BlackBerry Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya?

Bagi Anda yang tidak mengerti harus bagaimana, tentunya akan mencari ahli yang mampu menyelesaikan masalah tersebut. Masalahnya, kadang ada beberapa ahli yang berbuat curang dengan menaikkan biaya perbaikan, sehingga akhirnya Anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Sebuah hal yang akan menjadi mengjengkelkan, apalagi bila BlackBerry Anda terus terusan mengalami masalah. Namun, bagi Anda pengguna BlackBerry dengan OS 7.1, tidak perlu khawatir lagi. BlackBerry dengan OS 7.1 saat ini memiliki fitur tambahan yang akan sangat membantu Anda, terutama bagi Anda yang kurang mengerti mengenai hal teknis pada BlackBerry Anda. Fitur ini merupakan sebuah aplikasi pendukung yang bernama BlackBerry Device Analyzer. Aplikasi ini akan membantu menemukan dan menyelesaikan masalah teknis secara umum pada BlackBerry Anda.

BlackBerry Device Analyzer dapat Anda akses melalui opsi Options > Device > Advanced > System Settings > BlackBerry Device Analyzer atau Anda bisa menggunakan fitur Universal Search dengan mengetikan "BlackBerry Device Analyzer” untuk segera membuka aplikasi ini. Bila Anda baru pertama menggunakan aplikasi ini, maka pada layar BlackBerry Anda akan muncul persetujuan yang harus Anda setujui untuk bisa menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini akan memunculkan enam kategori utama untuk menyelesaikan masalah pada BlackBerry Anda.

1. Email

Email merupakan salah satu fitur utama yang sangat vital, terutama bagi Anda yang menggunakan BlackBerry sebagai alat bantu dalam kegiatan bisnis Anda. Sebagai contoh, semisalnya Anda tidak dapat mengirim email melalui BlackBerry Anda. Anda pilih opsi Internet Mail Account Issues > Internet Mail Account Configuration Test. Kemudian pilih akun email yang bermasalah, kemudian pilih Start. BlackBerry Anda akan melakukan pemeriksaan secara otomatis dalam beberapa waktu. Setelah proses pemeriksaan selesai, maka akan muncul laporan masalah yang melAnda BlackBerry Anda. Dari laporan ini Anda akan mengetahui masalah yang Anda hadapi pada BlackBerry Anda.

2. Baterai

Baterai juga merupakan salah satu masalah yang sering ditemukan oleh para pengguna BlackBerry. Pada aplikasi BlackBerry Device Analyzer Anda akan menemukan tiga jenis pengujian. Yang pertama adalah masalah BlackBerry Anda yang tidak bisa melakukan charging. Kemudian masalah kedua adalah ketika BlackBerry Anda melakukan proses charging yang terlalu lama, dan yang terakhir adalah masalah di mana baterai Anda terlalu cepat habis. Ketiganya merupakan fitur yang akan akan melakukan analisis secara pasti dari setiap masalah yang Anda hadapi pada BlackBerry Anda.

3. Kinerja

Kinerja merupakan bagian untuk memeriksa kecepatan dari BlackBerry Anda. Terkadang kinerja BlackBerry berjalan lambat atau lemot. Melalui aplikasi ini, kita dapat melakukan analisis secara otomatis, sebenarnya apa saja yang menyebabkan BlackBerry Anda berjalan lambat. Umumnya turunnya kinerja pada BlackBerry Anda disebabkan oleh RAM pada BlackBerry Anda yang sudah terlalu banyak digunakan oleh aplikasi yang berjalan pada BlackBerry Anda.

4. Konektifitas

Ini merupakan bagian yang sangat vital dalam BlackBerry, tanpa keberadaan koneksi, maka BlackBerry Anda tidak akan dapat digunakan untuk menghubungi siapapun melalui BlackBerry Anda. Aplikasi ini akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap semua fitur dan fungsi yang berkaitan dengan koneksi suara (telepon), data, dan BlackBerry Service. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan bila Anda merasa koneksi BlackBerry Anda tidak stabil. Aplikasi ini akan membantu Anda menemukan penyebab masalah koneksi yang sedang Anda hadapi.

5. WiFi

Aplikasi ini juga dapat memeriksa fungsionalitas dari Wi-Fi di BlackBerry Anda. Aplikasi ini akan memeriksa fitur Wi-Fi pada BlackBerry Anda, terutama ketika Anda tidak bisa atau sulit untuk dapat melakukan koneksi melalui Wi-Fi dari BlackBerry Anda.

6. Hardware

Fitur ini memiliki beberapa opsi yang disesuaikan dengan masalah umum yang ditemui oleh BlackBerry, dari GPS, sensor holster, speaker, bahkan SD Card Anda pun dapat dianalisis secara otomatis untuk menemukan masalah yang Anda hadapi pada BlackBerry Anda. [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel