Cara Install Windows 8 dari USB Key

9 Nov 2012 12:00 4839 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Salah satu cara umum untuk install Windows 8 adalah menggunakan CD yang dibeli dari *retail software*. Namun cara itu sedikit demi sedikit telah ditinggalkan karena saat ini ada cara Installasi yang lebih praktis dan tidak memerlukan CD, yakni dengan cara melalui USB Key. Dengan USB Key ini Anda memungkinkan untuk melakukan install Windows 8 melalui flashdisk.

Salah satu cara umum untuk install Windows 8 adalah menggunakan CD yang dibeli dari retail software. Namun cara itu sedikit demi sedikit telah ditinggalkan karena saat ini ada cara Installasi yang lebih praktis dan tidak memerlukan CD, yakni dengan cara melalui USB Key. Dengan USB Key ini Anda memungkinkan untuk melakukan install Windows 8 melalui flashdisk.

Dan tidak seperti versinya yang terdahulu, Windows 8 bahkan tidak memerlukan perlakuan khusus pada saat melakukan installasi, sekali Anda memasukkan installer ke dalam komputer, maka Anda selanjutnya bisa bersantai dan tidak perlu khawatir untuk meninggalkan komputer yang sedang dalam proses installasi. Windows 8 akan membutuhkan Anda pada saat langkah akhir installasi yang mana Anda akan diminta untuk mengatur posisi dan letak live tile, proses ini tidak akan memakan waktu yang lama. Dan pada ulasan kali ini, Plimbi akan memberikan ulasan kepada Anda tentang bagaimana cara melakukan Installasi Windows 8 dari USB Key tanpa harus membutuhkan CD. Berikut langkah-langkahnya.

MengInstall Windows 8 dari USB Key

Jika Anda menghindari DVD, maka Anda bisa menggunakan cara yang satu ini untuk melakukan Installasi menggunakan USB. Dan untuk menggunakan metode ini, Anda harus memiliki sebuah Installer Windows 8 yang berbentuk .iso yang bisa dibeli dari Microsoft, dan Anda juga harus menyiapkan sebuah flashdisk berkapasitas besar yang dapat menampung file .iso dari Windows 8. Dan setelah Anda menyediakan keduanya, maka langkah selanjutnya adalah mengunduh Windows 7 USB/DVD Download Tool yang akan membantu Anda, software ini bisa diunduh di sini.

Install aplikasi tersebut dan jalankan, nantinya aplikasi ini akan meminta Anda untuk memilih file .iso untuk dilakukan burn di dalam USB key. Masukan file .iso Windows 8 Anda, meskipun aplikasi ini bernama Windows 7 USB, janganlah merasa bingung atau terhalangi karena nama dari aplikasi ini. Pada layar berikutnya, Anda akan ditanya apakah Anda ingin membuat salinan/backup untuk Windows 7’ maka abaikan –pada perangkat USB atau DVD, pilih jawaban yang jelas, pilih USB Key Anda dari drop-down menu.

Ketika Anda siap untuk memulai, maka klik Begin copying! jika tool perlu untuk melakukan format USB Key Anda dan Anda nantinya akan mendapatkan jendela yang mana Anda harus melakukan format dan menghapus semua konten yang berada di dalam flashdisk Anda. Dan setelah itu Anda tinggal mengikuti apa yang diinstruksikan oleh aplikasi tersebut dan nantinya Anda akan melalui proses intstalasi seperti biasanya.

MengInstall Windows 8 dari USB Key Secara Manual

Selain cara di atas, Anda juga bisa menggunakan cara lainnya, yaitu menginstall Windows 8 dari USB Key secara manual. Untuk memulainya Anda harus membutuhkan aplikasi gratis yang bernama Virtual CloneDriver, aplikasi ini dibutuhkan untuk melakukan mount file .iso dari Windows 8 Anda ke Drive virtual Anda di sistem operasi Windows yang sedang Anda jalankan saat ini. Anda bisa mendapatkan aplikasi gratis tersebut langsung di sini.

Untuk memulainya, masukan USB Key Anda. Jalankan Command Prompt sebagai Administrator. Pada Command Prompt, load Windows built-in Disk Partition utility dengan mengetikkan diskpart lalu tekan Enter. Di dalam Disk Partition utility, jika Anda ingin memulai, maka Anda bisa mengetikan "list disk dan tekan Enter. Dari sana, perhatikan nomor Drive yang sesuai dengan flash Drive Anda. Untuk mudahnya, perhatikan di dalam daftar yang sesuai dengan kapasitas Drive Anda.

Selanjutnya ketik select disk #, tanda pagar tersebut harus diganti dengan nomor dari USB Drive Anda. Tekan Enter, DiskPart akan memilih Drive tersebut. Sekarang tuliskan clean dan tekan Enter untuk menghapus partisi yang ada yang mungkin sudah ada pada flash Drive Anda sebelumnya. Setelah proses pembersihan selesai, ketik create partition primary dan tekan Enter untuk mengeksekusi perintah yang Anda tuliskan. Tuliskan select partition 1 dan tekan Enter untuk memilih partisi baru Anda, ketikkan active dan tekan Enter dan kemudian ketikkan format FS=NTFS quick untuk reformat partisi Anda secara cepat dengan NTFS filesystem. Ketikkan assign dan tekan Enter, dan Anda telah berhasil membuat USB Key Anda bootable.

Sekarang saatnya Anda menyalin Installasi Windows 8 Anda dari Drivenya –virtual maupun tradisional –ke USB Key Anda. Tutup diskpart dengan mengetikkan edit dan tekan Enter. Dari Command Prompt, ketikkan perintah berikut xcopy x:\ *. * y:\ /e/ f /h yang mana pada contoh Plimbi x:\ merupakan representasi Drive yang mount Installasi Windows 8.iso atau kepingan DVD. Dan y:\ yang merupakan representasi dari USB Key Anda. Ketika Anda telah menyeseuaikan disk Anda, maka tekan Enter dan file Windows 8 akan mulai melakukan transfer ke dalam USB Key Anda. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel