Cara Mempercepat Kinerja PC Anda

6 Nov 2012 16:00 4558 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ada kalanya kinerja komputer menjadi lemot dan terasa lambat. Hal itu wajar jika Anda tidak pernah merawatnya, hanya asal tau pakai saja. Sebenarnya hal tersebut salah, tidak ada bedanya antara PC dan sepeda motor Anda, yaitu membutuhkan perawatan. Oleh karena itu, kali ini Plimbi akan membahas perawatan PC, yaitu tentang bagaimana cara mempercepat kinerja PC Anda.

Ada kalanya kinerja komputer menjadi lemot dan terasa lambat. Hal itu wajar jika Anda tidak pernah merawatnya, hanya asal tau pakai saja. Sebenarnya hal tersebut salah, tidak ada bedanya antara PC dan sepeda motor Anda, yaitu membutuhkan perawatan. Oleh karena itu, kali ini Plimbi akan membahas perawatan PC, yaitu tentang bagaimana cara mempercepat kinerja PC Anda. Plimbi akan membagi dalam beberapa hal untuk perawatan agar PC Anda bisa lancar kembali seperti sediakala.

Membersihkan Desktop

Ini merupakan tahap pertama untuk peningkatan performa PC Anda. Pasti setiap menginstall aplikasi atau game, selalu terdapat shortcut aplikasi atau game. Nah, agar tidak memberatkan sistem saat reading ada baiknya Anda untuk menghapus semua atau beberapa shortcut yang menurut Anda patut dihapus atau disimpan di desktop Anda. Tetapi jika Anda tidak berniat untuk menghapusnya, Anda bisa membuat folder sesuai dengan jenis shortcut-nya, misal folder game yang isinya shortcut khusus untuk game. Selain itu, penggunaan widget yang berlebihan dapat menambah beban terhadap RAM Anda, dan bukan tidak mungkin jika nantinya PC Anda tiba-tiba freeze.

Visual Style

Visual style ini pun berpengaruh cukup besar terhadap kinerja PC Anda. Jika Anda pengguna Windows 7, pasti menggunakan Aero agar tampilannya lebih menarik. Justru semakin menarik, semakin memperlambat juga kinerja PC tersebut. Jika Anda ingin memeprcepat kinerja PC-nya, Anda bisa mengubah tampilannya seperti Windows Classic.

Mempercepat Startup

Mungkin Anda menyukai pembahasan ini, karena terkadang pada saat startup PC Anda sangat lama sekali untuk bisa benar-benar berhenti di desktop. Saking banyaknya software yang diinstall, maka semakin lama waktu startup hingga ready stand by di desktop. Selain itu, faktor antivirus pun mempengaruhi, jika Anda menggunakan antivirus seperti Avira, Kaspersky, Bit Defender maka Anda akan mengalami proses startup yang lama, baik menggunakan PC, laptop, maupun Netbook. Nah, untuk cara mempercepat kinerja PC dengan proses startup ikuti langkah ini, tekan Win+R atau klik start lalu Run> ketik msconfig> lalu pilih tab startup dan un-cecklist aplikasi yang menurut Anda tidak perlu running on startup> Apply> OK.

Defragment dan Disk Cleanup

Kapsitas penyimpanan yang semakin sempit dan berantakan bisa mempengaruhi kinerja PC Anda yang menjadi melambat. Untuk menormalkannya kembali menjadi lebih kencang seperti biasanya, Anda bisa menggunakan dua fitur bawaan dari Windows, yaitu Defragment dan Disk Cleanup. Fungsi dari Defragment itu sendiri yaitu untuk mengatur dan merapihkan software maupun game yang Anda install. Keuntungannya selain menambah kinerja PC, juga bisa menambah kapasitas penyimpanan yang kosong. Minimal untuk bisa Defragment yaitu 15% kapasitas penyimpanan yang kosong. Untuk mengaktifkan Defragment, pilih Local Disk yang akan di Defragment, contoh Anda akan men-defragment Local Disk (C:). Pilih C:\, lalu klik kanan dan pilih Properties> tab Tools> Defragment Now. Pilih Local Disk C:\ lalu langsung klik Defragment Disk, karena sudah termasuk Analyze Disk juga. Sedangkan untuk membersihkan harddisk dari berbagai cache internet, thumbnail dan lain sebagainya Anda bisa memilih Disk Cleanup pada tab General. Anda bisa centang apa saja yang bisa Anda bersihkan.

Antivirus Ringan dan Handal

Untuk pilihan Antivirus yang ringan dan handal Anda bisa memilih yang menurut Anda terbaik. Tetapi Plimbi memberikan rekomendasi untuk Antivirus ringan dan handal, yaitu Avast!, Panda Antivirus, dan sebagainya.

Error Checking

Jika terkadang harddisk Anda sedikit ada error ataupun kurang nyaman saat penggunaan, cobalah pilih Local Disk yang akan dicek, pilih Properties> tab Tools> Check Now. Prosesnya akan berjalan cukup lama, namun hasilnya cukup efektif.

Install Tools 3rd Party

Langkah terakhir cara mempercepat kinerja PC Anda adalah dengan menginstal aplikasi pihak ketiga. Beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk maintenance yaitu CCleaner, Advance System Care, Speed Up Utilities, Tune Up Utilities, Smart Defrag, dll. [PNJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel