Lacak Laptop Yang Hilang Dengan Empat Software Tracking Berikut Ini

31 Oct 2012 19:00 11445 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tidak bisa dipungkiri bahwa semua perangkat portable mudah untuk dicuri. Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa software tracking yang dapat membantu Anda melacak keberadaan perangkat yang dicuri atau hilang.

Walau laptop lebih besar secara dimensi bila dibandingkan dengan smartphone atau tablet Anda, bukan berarti perangkat ini terhindar dari musibah hilang atau dicuri. Tidak bisa dipungkiri bahwa semua perangkat portable mudah untuk dicuri dan pencuri tertarik dengan paerangkat portable karena harganya yang mahal dan gampang dibawa lari tidak terkecuali laptop. Sudah cukup banyak kasus pencurian laptop, mungkin Anda termasuk salah satunya. Tentunya Anda tidak ingin musibah ini terulang atau dialami. Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa software tracking yang dapat membantu Anda melacak keberadaan perangkat yang dicuri atau hilang.

EXO5

Software tracking laptop ini sebenarnya ditujukan untuk bisnis menengah ke bawah. Meskipun demikian, baik juga digunakan untuk individu karena banyak sekali fitur yang sangat membantu Anda ketika mengalami kasus laptop hilang. Sangat sederhana memakainya. Anda tinggal mendownload softwarenya di situs resminya di sini dengan harga £309 untuk 3 tahun dan dapat digunakan untuk 25 perangkat. Software ini memberikan fitur Remote file Encryption, driver lock, curvew, geolocation, logs, data, export, RiskSense alert.

Software ini melacak laptop Anda dengan Google Maps. Jadi bila laptop Anda telah dicuri dan terkoneksi dengan internet maka akan ketahuan letaknya di mana. Walaupun laptop telah diinstal ulang, IP adress sebuah laptop tidak akan berubah, inilah yang akan dilacak oleh EXOS dan memberikan laporan kepada Anda. Selama laptop Anda dicuri dan terhubung ke internet, Anda dapat mengenkripsi data yang ada di harddisk. Kelebihan lain, Anda akan mengetahui perangkat-perangkat keras apa saja yang diganti pada laptop dan software apa saja yang diinstal. Software ini sering digunakan perusahaan untuk memonitor laptop yang diberikan kepada pegawainya. Apakah laptop yang diberikan telah digunakan seperti yang diharapkan perusahaan atau tidak.

FrontDoorSoftware

Software tracking laptop bisa didownload dengan gratis hanya saja dengan fitur jarak yang terbatas, yakni 60 meter dari laptop. Di luar jarak itu, laptop tidak akan terlacak. Anda harus membayar $30 per tahun untuk mendapatkan lisensi jarak tak terbatas per satu perangkat. Dengan teknologi Wi-Fi SkyHook FrontDoorSoftware yang mirip dengan GadgetTrack.

Proses penginstalan memang sedikit terasa rumit. Banyak form yang harus diisi termasuk identitas dan nomer telepon Anda. Ketika laptop hilang dan FrontDoor telah menemukan lokasinya Anda akan dihubungi costumer service yang memberikan informasi posisi laptop Anda. Rasanya ini cukup membantu bila laptop Anda hilang. Ketika selesai menginstal, komputer Anda akan restart dan muncul tampilan di layar bahwa laptop Anda terlindungi FrontDoorSoftware. Rasanya, bila sang pencuri tahu bahwa itu adalah aplikasi tracking pastinya dia akan cepat-cepat meng-unsinstall FrontDoorSoftware. Namun ini bisa diatasi dengan fitur remote lockdown dari website FrontDoorSoftware untuk mengunci perangkat Anda agar tidak bisa di apa-apakan. Untuk mendownload software ini Anda bisa mengklik link ini.

LoJack

LoJack ditujukan untuk perangkat rumahan. Proses instalasi cukup mudah seperti menginstal software-software biasa. Hanya saja, ketika Anda selesai menginstal akan banyak pop-up yang memunculkan iklan-iklan dan upgrade software seperti pada antivirus. Pop-up ini cukup menjengkelkan karena cukup sering muncul untuk memberikan iklan agar perangkat Anda lebih terproteksi lagi.

Setelah selesai menginstal, Anda harus membuat akun di web LoJack yang bisa diakses di sini. Setelah selesai membuat akun, Anda akan mendapat sebuah PIN untuk pelacakan laptop melalui geo location dengan fitur menemukan, mengunci dan menghapus, Jika software lain lebih memilih memakai Google Maps, maka LoJack didukung Esri. Kelemahan Esri dari Google Maps yaitu kurang maksimalnya ketika melacak daerah-daerah terpencil. Jadi software ini cocok untuk dipakai di daerah perkotaan. Pada Map juga hanya terlihat titik merah yang menunjukkan posisi laptop Anda, namun tidak ada posisi yang spesifik.

Setiap 24 jam software ini akan ter-update untuk memastikan dia dalam posisi aktif. Untuk mengunci laptop secara keseluruhan Anda perlu memasukkan PIN, masukkan pesan (kalau laptop Anda hilang), lalu klik device lock. Tunggu 20 menit dan mereka akan mengirim email kepada Anda yang berisi keterangan bahwa perangkat Anda sudah di-lock (tidak dapat digunakan). Untungnya menggunakan sistem PIN membuat software LoJack tidak bisa di uninstall sang pencuri. Untuk dapat memiliki software ini harus Anda membayar £40 per tahun. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel