Beberapa Cara Mengubah Tampilan Android Anda Menjadi Lebih Unik

31 Oct 2012 19:30 14346 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tampilan Android yang sama seperti di pabrikannya pasti akan Anda rasakan begitu membosankan. Selain itu juga, terkadang performa yang dirasakan dari gadget Android Anda terasa kurang sesuai dengan harapan Anda. Oleh karena itu, Plimbi akan membahas mengenai cara mengubah tampilan Android Anda yang biasa - biasa saja menjadi yang tidak biasa.

Tampilan Androidyang sama seperti di pabrikannya pasti akan Anda rasakan begitu membosankan. Selain itu juga, terkadang performa yang dirasakan dari gadget Android Anda terasa kurang sesuai dengan harapan Anda. Oleh karena itu, Plimbi akan membahas mengenai cara mengubah tampilan Android Anda yang biasa-biasa saja menjadi yang tidak biasa.

Untuk memenuhi ekspetasi Anda, ada beberapa cara yang ditawarkan Plimbi agar gadget Android Anda tidak begitu membosankan dipandang mata dan digunakan untuk sehari-hari. Berikut cara mengubah tampilan Android yang bisa Anda terapkan:

Menginstall Launcher

Ya, cara yang paling mudah adalah dengan menginstall launcher yang sangat banyak sekali bertebaran di Play Store dan di Market lainnya (Black Market). Selain penggunaannya mudah, setiap launcher development masing-masing memiliki keunikan tersendiri dan tampilannya pun tidak sama satu dengan yang lainnya.

Coba Anda unduh dan bandingkan, misal antara Go Launcher EX dengan ADW Launcher. Keduanya merupakan launcher yang sering digunakan oleh para pengguna Android. Untuk para pengguna Android yang masih baru menggunakan gadget Android, pasti launcher yang pertama kali yang digunakan yaitu GO Launcher, mengapa? Karena penggunaannya mudah, banyak sekali tema yang bisa Anda pasang, dan juga reputasi dari para pengguna yang positif terhadap launcher ini. Bandingkan dengan pengguna ADW Launcher, mereka yang menggunakan launcher ini biasanya para pengguna yang sudah tergolong mahir / sudah lama berkecimpung di dunia Android. Selain itu juga, ADW Launcher ini sering digunakan untuk launcher bawaan para developer Custom ROM. Padahal penggunaan GO Launcher dan ADW Launcher sama mudahnya, hanya saja ADW Launcher tergolong lebih sedikit memakan RAM.

Di Play Store terdapat banyak sekali launcher yang bisa Anda gunakan, jika Anda bingung memilih launcher mana yang bagus, Plimbi pun sudah membahasnya di artikel sebelumnya.

Memasang Theme

Jangan Anda samakan memasang theme (tema) ini merupakan memasang tema dari launcher yang Anda unduh dan gunakan. Anda salah persepsi, karena yang Plimbi maksud memasang tema ini bukan dari launcher, tetapi menginstall lewat Recovery Mode. Sebenarnya developer tema gadget Android tergolong sedikit, tidak sebanyak developer Custom ROM. Tetapi Anda tidak perlu kecewa, karena masih banyak juga yang membuat project tema untuk Stock ROM gadget Anda. Untuk cara memasang tema di Android Anda, cukup dengan mengunduh file-nya dan pastikan gadget Anda masuk ke Recovery Mode (tiap merk memiliki cara berbeda untuk masuk ke Recovery Mode) dan Anda install. Menginstall tema tidak membutuhkan Root dan menginstall ClockWorldMod (CWM).

Menginstall Custom ROM

Nah, ini merupakan cara yang berbeda dari 2 pembahasan sebelumnya, yaitu memasang Custom ROM di gadget Android Anda. Memang tergolong beda dan spesial, karena menginstall Custom ROM membutuhkan beberapa tahapan dan proses. Selain itu juga, terdapat beberapa modifikasi dari Stock ROM agar gadget Android Anda bisa lebih stabil dan performa lebih kencang. Untuk mendapatkan Custom ROM, Anda bisa mengunjungi forum-forum seperti yang telah Plimbi beri tahu di pembahasan diatas. Tetapi untuk berkomunikasi langsung dengan developer Custom ROM, Anda bisa mengunjungi http://www.xda-developers.com agar Anda mengetahui secara kelebihan dan kekurangan dari Custom ROM buatannya. Untuk cara menginstall-nya setiap merk memiliki cara yang berbeda agar masuk ke Recovery Mode, tetapi rata-rata untuk menginstall Custom ROM, gadget Android Anda diwajibkan sudah Root dan telah diinstall CWM. Contoh Custom ROM yang ada di setiap gadget : Cyanogenmod dan MIUI.

Setelah Anda mengetahui beberapa cara yang Plimbi bagikan, kini saatnya gadget Android Anda untuk dirubah tampilannya menjadi lebih berbeda dari sebelumnya. Setiap cara yang Plimbi berikan memiliki tingkat kesulitan tersendiri, tergantung dari keahlian Anda. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena di foru-forum rekomendasi Plimbi selalu diberikan tutorial agar Anda bisa mengubah tampilan Android Anda. [PNJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel