Tips dan Cara Merawat Laptop dengan Benar

28 Oct 2012 16:00 4857 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sangat penting bagi kita untuk menjaga laptop tetap dalam kondisi yang baik, karena pencegahan lebih baik daripada mengobati. Namun untuk menjaga laptop, kita juga harus mengetahui bagaimana cara merawat laptop dengan benar. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga laptop Anda dalam kondisi yang sangat baik.

Sangat penting bagi kita untuk menjaga laptop tetap dalam kondisi yang baik, karena pencegahan lebih baik daripada mengobati. Namun untuk menjaga laptop, kita juga harus mengetahui bagaimana cara merawat laptop dengan benar. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga laptop Anda dalam kondisi yang sangat baik. Maka dari itu, pada ulasan kali ini, Plimbi akan memberikan tips tentang bagaimana cara merawat laptop dengan mudah yang mana jika Anda menjaga laptop Anda dengan baik, maka Anda akan mendapatkan keceptan akan performa dari laptop Anda secara maksimal. Untuk mengetahui apa saja tips yang diberikan, ikuti ulasan Plimbi berikut ini.

Jauhkan Benda Cair dari Laptop Anda

Mengerjakan sesuatu di depan laptop Anda sembari minum minuman favorit Anda bisa jadi merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Namun kecelakaan bisa saja terjadi terlalu mudah. Akibat tetesan air dari minuman Anda, bisa mengakibatkan kerusakan internal dalam laptop Anda. Sirkuit pendek dapat merusak data Anda bahkan rusak secara permanen. Solusi untuk permasalahan ini sangatlah sederhana, Anda hanya perlu menjauhkan benda cair jauh dari laptop Anda. Sebisa mungkin Anda menjauhkan minuman favorit Anda, karena sehati-hati apapun, kejadian tidak disengaja dapat terjadi kapanpun.

Memiliki Software Antivirus

Meskipun Anda mengetahui dan percaya akan file yang Anda unduh, namun bisa saja konten yang Anda unduh membonceng banyak file yang berbahaya seperti virus contohnya yang dapat membuat sirkuit Anda error pada perangkat hardware atau memperlambat kinerja dari software.

Jauhkan Makanan dari Laptop Anda

Jangan menyantap makanan Anda di depan laptop. Karena remah-remah pada makanan Anda bisa saja jatuh di antara sela-sela laptop dan bisa membuat tampilan dari laptop itu sendiri menjadi buruk.

Gunakan Tangan yang Bersih Ketika Menggunakan Laptop

Membersihkan tangan Anda sebelum menggunakan laptop selain selalu memberikan tampilan yang bersih, Anda juga semakin dimudahkan untuk menggunakan touchpad. Selain itu, Anda juga dapat mengurangi keausan pada lapisan laptop yang disebabkan oleh kontak dengan keringat dan partikel kecil lainnya pada saat Anda menyentuh laptop Anda.

Lindungi Layar LCD Anda

Ketika Anda mematikan laptop Anda, pastikan tidak ada benda-benda kecil, seperti pensil atau benda kecil lainnya. Ini dapat merusak tampilan layar ketika Anda menutupnya, layar akan tergores jika benda tersebut ada pada laptop Anda ketika Anda menutupnya. Anda juga bisa menggunakan screen guard untuk melindungi layar dari laptop Anda dari segala macam ancaman goresan.

Angkat Laptop pada Basisnya, Bukan Pada Layar

Jika Anda sedang mengangkat laptop Anda, angkat pada bagian badannya, bukan pada bagian layarnya, karena ini akan merusak engsel atau secara tidak sengaja merusak tampilan dari layar itu sendiri.

Jangan Menarik Power Chord pada Kabelnya

Jika Anda sedang mengisi daya pada baterai laptop Anda, maka jangan sekali-kali menariknya tepat pada kabel dari power chordnya, karena jika dilakukan terus menerus akan merusak power chordnya itu sendiri.

Masukkan Device ke Dalam Port yang Sesuai

Selalu perhatikan simbol yang tertera pada laptop dengan cermat sebelum Anda mengkoneksikan sebuah perangakat ke dalam laptop Anda. Jika Anda salah memasukkan port, maka akan bisa merusak soket, dan tidak mungkin untuk digunakan kembali. Sangat penting untuk mempraktekan poin ini.

Tangani Removable Drive dengan Hati Hati

Perlakukan CD atau flash drive yangAnda koneksikan dengan laptop Anda secara hati hati. Jika Anda terlalu tergesa-gesa untuk menanganinya, maka tidak mungkin Anda bisa merusak barang removable tersebut. Tidak hanya barang tersebut yang mengalami kerusakan, bahkan pada port dalam laptop pun akan mengalami kerusakan.

Jangan Tinggalkan Laptop Anda di Dalam Mobil

Tidak hanya di dalam mobil, namun hindarkan penyimpanan laptop Anda pada suhu yang tinggi karena akan merusak laptop Anda.

Tidak Menaruh Barang di Atas Laptop yang Dengan Posisi Tertutup

Jangan sekali-kali Anda menggunakan laptop Anda yang tertutup sebagai alas atau meja, karena hal ini dapat merusak layar laptop Anda.

Jangan Gunakan Laptop Anda di Ranjang

Menggunakan laptop di atas ranjang Anda akan membuat kipas tersumbat dan menghisap debu dan puing-puing lainnya yang berada di atas kasur. Hal ini dapat membuat laptop Anda rusak karena fans pada laptop Anda tidak bisa berfungsi sebagai mana mestinya. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel