Apa Perbedaan Laptop Notebook, Netbook, Ultrabook dan Palmtop

28 Oct 2012 14:00 18170 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pada masa yang lalu, satu-satunya pilihan untuk memilih perangkat komputasi untuk penggunaan pribadi adalah komputer *desktop* yang memiliki ukuran besar dan memakan tempat serta laptop yang memiliki ukuran yang sangat minimalis dan bisa Anda bawa kemanapun Anda pergi.

Pada masa yang lalu, satu-satunya pilihan untuk memilih perangkat komputasi untuk penggunaan pribadi adalah komputer desktop yang memiliki ukuran besar dan memakan tempat serta laptop yang memiliki ukuran yang sangat minimalis dan bisa Anda bawa kemanapun Anda pergi. Namun pada era seperti saat ini, telah banyak perangkat komputasi yang tidak hanya terbatas pada laptop dan komputer desktop saja.

Namun apa perbedaan laptop notebook, netbook, ultrabook dan palmtop? Tentu saja mereka berbeda jauh untuk penggunaan komputing dan sangat penting untuk mengetahui perbedaan di antara mereka. Untuk mengetahui perbedaan laptop notebook, netbook, ultrabook dan palmtop, anda bisa mengikuti ulasan Plimbi berikut ini.

Palmtops

Palmtops merupakan perangkat kecil yang mampu memberikan Anda pengalaman komputing. Palmtops kebanyakan menggunakan versi Windows yang rendah yakni yang disebut dengan Windows CE, namun beberapa waktu kemudian muncul model Palmtops yang menggunakan Windows XP. Dengan munculnya smartphone, komputer palmtops dibuat terbatas dan Anda tidak akan bisa mendapatkannya pada saat sekarang ini. Perangkat ini memiliki ukuran layar sebesar 6 - 7 inchi. Layar yang cukup besar pada masa itu.

Netbooks

Dengan ukuran layar sebesar 9 - 10 inchi, Netbook cukup populer sebelum iPad muncul. Netbook merepresentasikan sebuah device portabel yang mewakili platform komputasi yang penuh yang mana juga dilengkapi dengan tactile keyboard * yang mana Anda benar - benar menyentuh *keyboard dibandingkan dengan layar sentuh.

Meskiipun tidak praktis untuk penggunaan sehari-hari, Netbook memiliki sistem operasi Windows jadi Anda bisa menggunakan semua aplikasi yang Anda butuhkan. Netbook sendiri bisa dijadikan sebagai lawan dari tablet atau ponsel yang tidak dapat menjalankan aplikasi Windows biasa.

Kepopularitasan mereka telah menurun beberapa tahun terakhir akibat tergeser dengan tablet, tetapi Anda masih bisa mendapatkan Netbook dengan harga berkisar 2 hingga 3 jutaan. Netbook sangat cocok untuk tugas komputasi sehari-hari, namun game atau program berat lainnya seperti Photoshop tidak memungkinkan untuk Anda instal pada Netbook.

Ultrabooks

Ini adalah generasi baru "ultra-portable notebook” yang mana biasanya memiliki bobot kurang dari 1.5 kg dan sangat tipis. Penggunaan Ultrabook pertama kali digunakan untuk merepresentasikan Apple MacBook Air yang mana dikenal memiliki bodi yang sangat tipis dan dari situlah kata Ultrabook pertama kali didengungkan. Jadi bisa dikatakan bahwa MacBook Air merupakan Ultrabook pertama yang hadir di pasaran. Meskipun memiliki profil yang tipis yakni kurang dari 2 cm, namun ukuran layar yang dibawanya sering menyaingi ukuran notebook yang normal. Ultrabook sebaian besar dibekali dengan SSD Hard Drive - jenis ini lebih cepat, ringan dan silent dibandingkan dengan HDD. Memilki kecepatan yang lebih cepat, SSD lebih mahal untuk kategori harga dibandingkan dengan HDD meskipun berukuran 128 GB saja, jadi tidak akan biasa jika Ultrabook memiliki daya simpan hanya sebesar 128 GB. Ultrabook juga biasanya tidak dilengkapi dengan DVD Drive, jadi selalu ingat hal ini sebelum Anda berbelanja untuk membeli laptop.

Sangat cocok untuk tugas komputasi sehari-hari dan dapat Anda gunakan untuk memainkan game ringan. Jenis ini akan sangat berjuan untuk memainkan permaian yang memiliki grafis 3D atau game yang memiliki tingkat yang lebih tinggi lagi. Ultrabook memiliki harga yang sangat bervarisai, mulai dari 7 jutaan hingga 15 jutaan.

Notebook dan Laptop

Secara historis, laptop memiliki ukuran yang sedikit lebih besar, dirancang untuk menggantikan komputer desktop dan bisa dibawa di atas pangkuan Anda. Sedangkan Notebook hanya memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil dari laptop - sesuatu yang bisa Anda bawa kemanapun Anda pergi dan identik atau menggantikan peran Notebook tradisional. Namun hari ini tidak ada perbedaan diantara keduanya. Produsen akan menggunakan kata Notebook dan Laptop secara bergantian, dan itu sangat langka untuk melihat istilah Laptop pada sekarang ini.

Dibandingka dengan Laptop, Notebook sedikit lebih eye catching, Notebook sendiri dijual dengan rrentang harga paling rendah sebesar 4 jutaan. Ukuran layarnya pun bervariasi antara 12 hingga 18 inchi, meskipun rata-rata kita menemukan di pasaran sebesar 15 inchi. Anda bisa mendapatkan Notebook dengan kartu grafis yang kuat untuk memainkan game 3D. Meskipun hal ini tidak berlaku di semua Notebook. Notebook biasanya memiliki DVD Drive dan Hard Disk yang besar dan bisa saja Notebook menjelma sebagai Ultrabook. Salah satu Notebool yang bertenaga besar adalah Alienware. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel