Douglas Engelbart – Tokoh Penemu Mouse Komputer Yang Sangat Bijaksana

16 Sep 2013 06:00 4969 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mouse merupakan salah satu perangkat wajib yang ada di setiap perangkat komputer. Namun tahukah Anda siapa penemu perangkat yang mirip dengan seekor tikus itu? Ya, Douglas Engelbart adalah penemu dari mouse komputer tersebut.

Mouse merupakan salah satu perangkat wajib yang ada di setiap perangkat komputer, namun tahukah Anda siapa penemu perangkat yang mirip dengan seekor tikus itu? Ya, Douglas Engelbart adalah penemu dari mouse komputer tersebut, sangat jarang orang yang mengetahuinya meskipun jasanya sangatlah besar di dunia komputer. Selain mouse, ia juga tercatat sebagai pionir dalam teknologi internet dan komputer berjaringan.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini Plimbi akan mengulas secara lengkap biografi sang bapak penemu mouse komputer ini. Perjalanan karirnya yang sangat berliku dan inspiratif tentu akan sangat menginspirasi bagi kawula muda sekarang.

Pendidikan dan Kehidupan Masa Kecil

Ia lahir di Portland, Oregon pada tanggal 30 Januari 1925. Ia merupakan seorang anak dari pasangan Carl Louis Engelbart dan Gladys Charlotte Amelia Munson Engelbart. Dari garis ayah dan ibunya, maka Douglas Engelbart memiliki darah keturunan Jerman, Swedia, dan Norwegia.

Ia sendiri merupakan seorang anak kedua dari tiga bersaudara, mereka semua tinggal di Portland sejak kecil hingga akhirnya berpindah ke daerah Johnson Creek ketika menginjak usia 9 tahun, atau tepat setelah kematian ayahnya. Ia berhasil menuntaskan pendidikannya di SMA pada tahun 1942.

Setelah lulus dari SMA, ia melanjutkan pendidikannya ke jenjang perkuliahan di Oregon State College di wilayah Corvails. Beberapa tahun kemudian di saat perang dunia ke 2 segera berakhir, ia direkrut untuk bekerja di United States Army untuk bekerja sebagai teknisi radar yang ditempatkan di Filipina.

 

Baca juga :

                    Tips untuk Android: Merubah Ponsel Android Menjadi Mouse Komputer

                    Inilah MicroSD Terbaru dari SAMSUNG yang Berkapasitas 256GB

 

Prinsip Hidup

Salah satu hal yang paling disukai darinya adalah sifat bijaksananya dalam bekerja. Hal itu tampak jelas dari lima petuahnya yang sangat terkenal yang ia ungkapkan pada tahun 1951. Berikut adalah lima petuah yang diutarakan olehnya

- He would focus his career on making the world a better place. Ia akan fokus dalam karirnya untuk membuat bumi menjadi tempat yang lebih baik lagi.

- Any serious effort to make the world better requires some kind of organized effort. Berbagai usaha untuk membuat bumi menjadi lebih baik membutuhkan usaha yang terorganisir.

- Harnessing the collective human intellect of all the people contributing to effective solutions was the key. Memanfaatkan intelektualitas dari setiap orang merupakan sebuah kunci untuk membuat bumi menjadi lebih baik lagi.

- If you could dramatically improve how we do that, you'd be boosting every effort on the planet to solve important problems — the sooner the Bette. Jika Anda bisa memanfaatkan hal tersebut dengan baik, maka Anda dapat mengatasi segala masalah dengan cepat, lebih cepat lebih baik.

- Computers could be the vehicle for dramatically improving this capability. Komputer bisa menjadi alat pembantu manusia untuk menjadi bumi menjadi lebih baik.

Menciptakan Mouse

Pada tahun 1967, ia mengajukan sebuah paten untuk alat dari kayu yang memiliki dua roda besi di bawahnya. Alat yang kemudian dikenal dengan nama mouse tersebut dikembangkan bersama rekannya yang bernama Bill English. Paten itu sendiri kemudian disahkan oleh pemerintah amerika serikat pada tahun 1970 dengan kode paten komputer “mouse – U.S. Patent 3,541,541”.

Pada saat mengajukan paten, ia mendeskripsikan perangkatnya tersebut sebagai "X-Y position indicator for a display system" alias indikator posisi X-Y untuk sistem display. Ia kemudian menyebutnya sebagai mouse karena perangkat tersebut memiliki kabel di ujungnya yang menyerupai ekor tikus. Kursor yang terdapat di layar komputer juga kemudian disebut sebagai bug, namun hal tersebut tidak banyak dipakai oleh orang-orang.

Sayangnya, ia tidak pernah menerima sepeserpun royaliti dari hasil penemuannya tersebut. Dalam sebuah wawancara ia mengatakan bahwa perusahaanya lah yang memegang hak paten mouse tersebut, namun sayangnya mereka tidak mengetahui seberapa berharganya perangkat tersebut. Hingga akhirnya beberapa tahun kemudian paten dari mouse tersebut dijual ke perusahaan Apple Computer dengan harga US$40,000.

Akhir Hayat

Pada tahun 2007, Douglas Engelbart didiagnosa menderita penyakit Alzheimer. Dan pada tanggal 2 Juli 2013 ia menghembuskan nafas terakhirnya di rumahnya yang berada di kawasan Atherton, California setelah menderita penyakit gagal ginjal. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel