DEDI Humas BNN - Website Pemerintah Yang Edukatif Dan Inovatif

29 Aug 2012 14:00 3150 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Biasanya bila kita mengakses internet dan masuk ke salah satu website pemerintah, kita akan disuguhi tampilan website yang serius dan kaku. Tetapi ternyata terdapat satu situs pemerintah yang menjadi pengecualian.

Biasanya bila kita mengakses internet dan masuk ke salah satu website pemerintah, kita akan disuguhi tampilan website yang serius dan kaku. Malah kenyataannya jarang sekali terdapat situs resmi milik badan pemerintahan yang menampilkan layout yang catchy di mata pengakses situs tersebut. Tetapi ternyata terdapat satu situs pemerintah yang menjadi pengecualian. Karena telah hadir sebuah situs bernama DEDI Humas BNN, yaitu sub website Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas mengenai Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Sub website ini berbasis komunitas sehingga para pembaca dan Humas BNN dapat berkolaborasi untuk memberikan informasi terbaru dan berkualitas seputar bahaya narkoba.

Mungkin Anda penasaran dengan nama website pemerintah ini, kenapa bernama DEDI Humas BNN? DEDI sendiri bukanlah nama dari individu melainkan akronim dari "Drug Education and Drug Information”. Website ini dibuat dengan tujuan agar para orang tua, pengajar, professional juga pelajar dapat mendapatkan dan mengetahui informasi teraktual dari bahaya narkoba yang sampai saat ini masih menjadi ‘PR’ bagi kita semua dengan cara edukasi.

Yang menarik perhatian adalah cara pendekatan website ini dalam menyampaikan informasi-informasi tersebut. Website DEDI Humas BNN dikemas dengan tampilan dan desain website yang menarik layaknya website jejaring sosial yang saat ini paling banyak diakses oleh kalangan anak muda. Dan juga yang berbeda dari website pemerintah pada umumnya, DEDI Humas BNN menyampaikan informasi dan edukasi tersebut tidak hanya dalam bentuk tulisan melainkan juga dalam sebuah portal game online. Sehingga para orang tua dapat mengenalkan dan mengajarkan anak-anaknya tentang bahaya dan efek buruk dari penyalahgunaan narkoba dengan cara atau metode yang lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Kita tahu bahwa dengan teknologi saat ini internet adalah media yang paling mudah untuk menjangkau perhatian masyarakat khususnya anak-anak muda. Itu sepertinya yang menjadi pertimbangan Humas BNN dalam membuat fitur game edukasi yang terdiri dari 20 game yang bisa dimainkan kapan saja oleh setiap keluarga. Ke 20 game tersebut di antaranya :

  1. Terbang tanpa Narkoba

  2. Awas Narkoba

  3. Balap Kerupuk

  4. Balap Karung

  5. Adu Wawasan

  6. Susun Gambar

  7. Susunan Peti

  8. Hancurkan Narkoba

  9. Lapor BNN

  10. Pilih-pilih Makanan

  11. Bantu Mas Dedi

  12. Tarik Peti

  13. Tangkap Si Peng

  14. Ayo Pulang

  15. Jaga Si Peng

  16. Tarik Tambang

  17. Terperangkap

  18. Pengantar Tahanan

  19. Siaga Satu

  20. Panjat Cita-cita

Setiap game sesuai dengan judulnya memiliki cara bermain yang berbeda-beda sehingga anak-anak yang memainkannya akan mendapat informasi sejak dini tetapi tidak merasa seperti sedang digurui. Metode dan pendekatan yang tepat untuk diterapkan pada saat ini.

Cukup dengan mendaftar dengan mudah di website DEDI Humas BNN maka Anda akan langsung terdaftar sebagai anggota di website pemerintah yang trendy ini. bila Anda belum mendaftar maka Anda belum bisa memberikan komentar pada artikel yang sedang Anda baca. Anda juga belum bisa saling bertukar pikiran dengan anggota DEDI Humas BNN yang lain bila belum mendaftarkan diri. Tetapi bila Anda sudah memiliki akun di jejaring sosial, Anda bisa menggunakan akun tersebut untuk dapat mengakses fitur website ini seluruhnya. Anda juga bisa memasukkan artikel Anda terkait isu-isu pemberantasan narkoba di website ini. sehingga pandangan yang Anda miliki tentang bahaya narkoba dapat juga bermanfaat untuk anggota yang lainnya.

Selain memiliki fitur game tadi, website DEDI Humas BNN juga kerap mengadakan kompetisi untuk para anggotanya tentunya dengan menawarkan hadiah-hadiah yang menarik. Di website ini juga Anda bisa meng-update terus info-info tentang kegiatan dari BNN yang berkaitan dengan upaya-upaya pemberantasan narkoba. Anda juga bisa mendapatkan berita-berita terkini dan artikel menarik yang terjadi di Indonesia dan juga dunia Internasional seputar bahaya narkoba. Bila Anda tertarik untuk mengakses website DEDI Humas BNN, Anda bisa mengakesnya di sini. [RR]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel