Langkah Mudah Cara Sharing Mac OS Desktop Menggunakan Aplikasi Bawaan Mac

6 Aug 2012 13:00 4784 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Anda pengguna Mac OS X bisa melalakukan sharing komputer dengan Mac OS Desktop teman secara mudah dengan langkah-langkah yang dijelaskan berikut ini.

Bekerja bersama dalam sebuah proyek untuk bekerja ataupun tugas sekolah di mana Anda sering melihat layar komputer teman dengan mengintip melalui bahunya akan sangat melelahkan. Hal yang sama pun terjadi ketika seseorang ingin membantunya dengan komputer mereka. Hal ini tidak akan pernah terjadi jika Anda melakukan sharing monitor Anda dengan teman Anda atau pengguna lain khususnya bagi Anda pengguna Mac OS X yang mana Anda dapat melakukan share terhadap Mac OS Desktop Anda dengan teman ataupun orang lain.

Dengan menggunakan software screen sharing, Anda dapat dengan mudah melakukan share terhadap Mac OS Desktop yang mana hal ini dapat berbagi gambar dari satu desktop pada dua layar komputer. Bahkan, Anda dapat melewati kontrol komputer hanya dengan klik *mouse* saja. Biasanya, untuk melakukan hal ini Anda membutuhkan bantuan dari aplikasi pihak ke tiga di kedua komputer. Banyak orang tidak menyadari bahwa software seperti ini telah tersedia pada Mac OS X Anda.

Jadi Anda para pengguna Mac tidak harus repot kembali untuk mengunduh aplikasi dari pihak ke tiga untuk melakukan sharing ini.

Share Layar Komputer Jika Anda ingin berbagi layar monitor Anda dengan orang lain, Anda harus mengaktifkan dukungan untuk melakukan sharing. Caranya buka System Preferences via ikon Apple yang berada di sudut kiri atas layar Anda, atau bisa dengan pergi ke Application> System Preferences. Lalu buka tab Sharing di bagian bawah Internet & Wireless. Pada sisi kiri layar, beralih pada layanan Screen Sharing.

Ini akan memungkinkan orang lain pada jaringan Anda untuk mengakses layar komputer Anda. Akses ini terbatas untuk akun pengguna tertentu pada komputer Anda. Satu-satunya cara untuk melihat layar komputer adalah dengan login menggunakan username dan password dari salah satu white list user pada remote computer.

Namun jika Anda tidak bisa masuk ke login pada remote computer secara langsung, Anda dapat membuat akun user baru di komputer Anda dengan password yang berbeda dan menambahkannya ke dalam daftar. Secara default, pengguna yang berbagi layar dengan Anda juga memungkinkan untuk mengontrol mouse dan keyboard.

Pergi ke Computer Settings akan menunjukkan dua pililhan lain. Di sini Anda dapat memungkinkan orang untuk meminta izin mengontrol layar yang mana bisa Anda berikan persetujuan, atau membuat password tambahan yang akan memungkinkan pengguna untuk mengontrol layar tanpa secara ekspresif Anda yang mengendalikannya sendiri.

3 Langkah untuk Terhubung ke Shared Monitor Jika pada ulasan di atas telah di jelaskan bagaimana cara membagi layar monitor kepada pengguna lain, maka pada ulasan berikut ini, akan diulas bagaimana cara terkoneksi dengan layar yang telah di-share atau dibagi untuk para pengguna lain. Anda hanya perlu mencari host computer pada finder sidebar. Dengan memilih tombol Share Screen yang ditunjukkan oleh komputer Anda, akan memungkinkan Anda untuk login. Namun perlu diingat bahwa Anda hanya bisa terkonkesi jika Anda telah termasuk dalam daftar whitelist dari pengguna yang memberikan Anda koneksi.

Jika komputer lain tidak muncul pada sidebar Finder Anda, Anda masih bisa terhubung dengan monitor komputer yang telah dilakukan share. Caranya pada Finder, pilih Go> Connect to Server. Pada jendela yang muncul, Anda dapat secara manual memasukkan alamat IP komputer lain. Alamat IP akan terlihat pada panel preferensi Sharing pada komputer lain. Dengan menggunakan vnc:// Mac OS X akan memberitahukan apa yang Anda coba lakukan, dan akan menjalankan aplikasi screen sharing seperti biasa. Sebagai usaha terakhir, Anda dapat membuka aplikasi Screen Sharing secara langsung, meskipun itu sedikit tersembunyi pada komputer Anda.

Pada Finder, pilih Go> Go To Folder, dan masukkan /System/Library/CoreServices. Anda dapat menemukan aplikasi Screen Sharing dalam folder ini. Untuk memudahkan akses, mungkin Anda ingin membuat alias dari aplikasi ke folder aplikasi Anda.

Namun jangan memindahkan aplikasi itu sendiri. Ini adalah merupakan sistem folder dari Mac OS X. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel