Khilda Baiti Rohmah - Meraih Sukses Berkat Sampah

30 Jul 2012 16:00 4688 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Nama Khilda Baiti Rohmah mungkin masih asing bagi Anda, namun gadis muda ini saat ini disibukkan sebagai entrepreneur muda dan sebagai motivator di lingkungannya. Berawal dari keprihatinan dirinya dengan sampah, lantas Khilda kemudian menemukan satu ide untuk mengembangkan sampah tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

Nama Khilda Baiti Rohmah mungkin masih asing bagi Anda, namun gadis muda ini saat ini disibukkan sebagai entrepreneur muda dan sebagai motivator di lingkungannya.

Berawal dari keprihatinan dirinya dengan sampah, lantas Khilda kemudian menemukan satu ide untuk mengembangkan sampah tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat. Mulai dari mengolah sampah organik menjadi kompos dan sampah anorganik menjadi kerajinan hingga menjadi bahan bakar, luar biasa bukan? Bersama teman-temannya yang tergabung dalam komunitas SAMPAHKOE pun, gadis kelahiran 14 Juli 1988 ini kemudian menggarap tempat pengelolaan sampah terpadu untuk masyarakat sekitar. Khilda dan team-nya mencoba memberdayakan masyarakat untuk mengelola sampah di berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Cimahi, Bandung, Sukabumi, Tangerang, Cikarang, Padang, Jambi, Yogyakarta, Surabaya, dan Solo.

Tak hanya itu, Khilda yang juga lulusan pesantren Persatuan Islam 1 Bandung dan Teknik Lingkungan Universitas Pasundan 2007 ini pun kerap menjadi motivator bagi anak muda untuk berkreasi di berbagai daerah tersebut. Khilda memulai semua itu dari nol, bahkan dia pun membiayai sendiri secara independen semua kegiatannya tersebut. Khilda mengaku modal untuk kegiatan yang dia lakukan ini berasal dari gajinya di berbagai tempat dan menjual koran. Namun nyatanya setelah beberapa bulan karirnya tersebut dia rintis, akhirnya usahanya tersebut membuahkan hasil. Bahkan Khilda pun sempat menjadi narasumber untuk para walikota dan bupati dalam Konvensi Nasional Pengelolaan Sampah Pasar. Prestasinya pun tidak main-main, mulai dari dalam kampusnya sendiri, Khilda menyandang predikat sebagai salah satu Mahasiswa berprestasi Unpas 2011.

Khilda pun berhasil menyabet penghargaan seperti Young Change Maker Ashoka 2009, Pemenang Termuda Sampoerna Pejuang 9 Bintang 2010, Danamon Award 2011, kandidat penerima nobel Women Initiative Project London 2010 dan yang terakhir adalah menjadi salah satu 100 Wanita Inspiratif Tupperware She An 2012. Seperti apa sosok Khilda sebenarnya? Apakah Anda ingin lebih mengenal dengan Khilda? Ikuti Ngabuburit bersama Plimbi dan Khilda Baiti Rohmah, Rabu 1 Agustus 2012 jam 15.30 WIB di halaman Dashboard Plimbi Social Network. [HJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel