Cara Belajar Piano dengan Mudah via Aplikasi Magic Piano untuk Android dan iOS

26 Jun 2012 18:00 9911 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kemampuan untuk memainkan instrumen musik adalah sesuatu yang ajaib. Tetapi kenyataannya dengan membayar sejumlah uang dan menemukan ruang untuk sesuatu seperti piano seringkali dapat membuat keajaiban yang ada di luar jangkauan manusia. Kini siapapun dapat belajar piano dimanapun secara gratis, dengan diluncurkannya aplikasi yang bernama Magic Piano dari Smule.

Kemampuan untuk memainkan instrumen musik adalah sesuatu yang ajaib. Tetapi kenyataannya dengan membayar sejumlah uang dan menemukan ruang untuk sesuatu seperti piano seringkali dapat membuat keajaiban yang ada di luar jangkauan manusia. Kini siapapun dapat belajar piano dimanapun secara gratis, dengan diluncurkannya aplikasi yang bernama Magic Piano dari Smule.

Sonic Mule atau yang lebih dikenal dengan Smule telah merilis berbagai aplikasi musikal, termasuk Ocarina, Lear Trombone, dan I Am T-Pain. Smartphone dan tablet menyediakan ruang yang lebih besar bagi Smule untuk bekerja dan mengambil keuntungan dari aplikasi baru mereka yaitu Magic Piano. Aplikasi dengan genre musik ini sangat menyenangkan untuk dimainkan, bahkan oleh orang yang tidak ahli dalam memainkan musik khususnya piano sekalipun. Anda tidak perlu khwatir karena Magic Piano besutan Smule ini memungkinkan Anda untuk bermain piano dengan mudah tanpa harus belajar piano dalam waktu yang lama.

Seperti halnya Guitar Hero yang Anda miliki di smartphone, pada aplikasi piano ini sendiri Anda hanya tinggal menyentuh dot-dot yang ada di layar sambil menyesuaikan irama. Dot hijau berarti single touch sedangkan dot-dot berwarna kuning mengindasikan multitouch, artinya Anda harus menyentuhnya bersamaan untuk mendapatkan nada yang harmonis. Pilih sebuah nada dan ikuti dot yang mengalir ke bawah untuk menangkap waktu dan posisi jari yang tepat. Nada yang bisa Anda ambil mulai dari lagu tradisional Twinkle Twinkle Little Star, Amazing Grace, Fur Elice dan yang lainnya. Sementara itu untuk nada yang lebih update seperti Lady Gaga, Timbaland dan Travie McCoy.

Permainan ini akan memberikan Anda cukup ruang untuk bersenang-senang dengan lagu, gunakan kreatifitas Anda dan mainkan kembali dengan gaya Anda sendiri setiap waktu. Kurang lebih ada 500 lagu yang dapat Anda mainkan dan setiap minggunya ditambahkan satu. Beberapa lagu tersebut dapat Anda peroleh secara gratis dan beberapa yang lain berbayar. Songbook yang akan membantu Anda belajar piano ini memiliki berbagai genre (pop, rock, musik klasik) seperti Love You Like a Love Song, Hey There Delilah, Ave Maria, Phantom of the Opera dan masih banyak lagi. Suara aplikasi yang dihasilkan juga tampak seperti piano yang sebenarnya. Semuanya dengan kualitas tinggi dan enak untuk didengar.

Magic Piano untuk Android sementara ini masih menyediakan 2 mode permainan yaitu Play dan Solo. Pada mode Play ini Anda dapat memainkan berbagai macam lagu. Untuk membuka lagu-lagu baru, Anda diharuskan untuk membayar dengan sejumlah Smoola. Untuk daftar lagu bawaan dan kategori Free to Play dapat pula Anda mainkan secara gratis. Selanjutnya untuk mode Solo atau bermain sendiri, Anda bebas memainkan piano sesuka hati sesuai suasana hati Anda saat itu.

Tuts piano yang Anda mainkan di Magic Piano ini juga bisa berubah-ubah, ada beberapa macam mode yang dapat Anda gunakan yaitu Invisible atau tidak terlihat. Dalam mode ini akan sangat membantu Anda untuk belajar piano lebih baik lagi dengan menebak sendiri tuts apakah yang Anda mainkan. Kemudian ada mode tampilan berputar dan spiral, serta mode normal yang menampilkan tuts piano pada umumnya. Di bagian bawah layar, Anda dapat mengatur sendiri besar kecilnya tuts dan oktaf mana yang ingin Anda mainkan.

Meski tidak disebutkan secara spesifik, namun Magic Piano ini memiliki 2 gameplay yang berbeda antara di smartphone dengan layar kecil dan tablet dengan layar yang lebih besar. Di smartphone, jumlah dot kuning yang tampil maksimal antara 2 hingga 3, sementara saat memainkannya pada tablet Anda dapat menemukan hingga 4 dot untuk disentuh secara bersama-sama. Jadi, bisa dikatakan gameplay untuk tablet dibuat sedikit lebih sulit daripada di smartphone.

Agar lebih menyenangkan, di akhir permainan Anda dapat berbagi penampilan Anda dengan yang lain, mendengarkan, dan menilai lagu pemain lainnya, dan mengundang teman. Bagi Anda yang tertarik untuk bermain piano melalui smartphone atau tablet bisa mengunduh Magic Piano ini di Google Play Store secara gratis. Game ini juga terlebih dulu hadir untuk perangkat iOS, maka Anda pemilik iPhone 3GS/4/4S, iPod touch (3rd/4th generation), serta iPad dengan versi iOS minimal 4.3 juga dapat mengunduhnya di App Store secara gratis pula. Tetapi yang perlu diingat, untuk memainkan lebih banyak lagu, Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli poin Smoola.

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki aplikasi ini, Anda bisa mengunduhnya melalui link download do bawah ini sesuai dengan jenis perangkat yang Anda gunakan:

Magic Piano on Android

[RK]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel